Harga 1 Kg Bawang Putih di Pasaran dan Manfaatnya

Bawang putih, dengan nama ilmiah Allium Sativum, merupakan salah satu jenis umbi-umbian dan salah satu jenis yang berkembang biak secara vegetatif. Bawang putih sendiri sudah dikonsumsi oleh Indonesia sejak lama dan menjadi salah satu bumbu dalam hampir semua masakan tradisional Indonesia. Semakin banyak konsumen bawang putih membuat harga di pasaran juga sering melonjak. Dilansir dari CNN Indonesia, harga bawang putih saat ini sudah mencapai Rp40 ribuan per 1 kg.

Bawang putih (sumber: medicalnewstoday.com)

Bawang putih (sumber: medicalnewstoday.com)

Sebelum kita membahas lebih dalam mengenai harga bawang putih 1 kg, Anda juga perlu mengetahui nutrisi dan manfaat dari bawang putih. Salah satu alasan tingginya permintaan bawang putih di pasaran, yaitu karena manfaat dan nutrisinya. Berikut kami sampaikan beberapa manfaat serta nutrisi dari bawang putih.

Kandungan Nutrisi Bawang Putih

NutrisiKadar Nutrisi
Karbohidrat 10 gr
Protein2 gr
Serat1 gr
Mangan1 mg
C9 mg
Kalsium54 mg
Selenium4 mkg

Itulah beberapa kandungan nutrisi pada bawang putih. Selain itu, ada juga kandungan antioksidan tinggi, seperti flavonoid, oligosakarida, dan asam amino. Kandungan nutrisi pada bawang putih memiliki segudang manfaat, tidak hanya dalam dunia kesehatan, tetapi juga kecantikan dan kuliner. Berikut kami sajikan manfaat mengenai bawang putih beserta sedikit ulasannya.

Manfaat Bawang Putih

Bawang putih

Bawang putih

Mengatasi Hipertensi

Salah satu manfaat bawang putih yang bisa Anda rasakan, yaitu menurunkan tekanan darah. Ini bermanfaat bagi Anda yang memiliki diagnosis penyakit hipertensi. Apabila penyakit ini terus dibiarkan, akan memicu penyakit kronis lain, seperti jantung dan stroke. Untuk mengatasinya, ada berbagai macam cara. Mulai dari mengonsumsi obat dokter, hingga mencoba mengonsumsi herbal. 

Salah satu cara yang bisa Anda coba untuk mengatasi hipertensi, selain mengonsumsi obat dan tumbuhan herbal, yaitu mengonsumsi bawang mentah. Cara ini dinilai aman dan sudah ada beberapa penelitian yang mengatakan bahwa cara ini juga ampuh untuk sebagian besar orang. Anda hanya perlu mengonsumsi 2 hingga 3 siung bawang putih mentah dengan air putih. Dengan begini, dalam waktu 5 menit hingga 10 menit, tekanan darah Anda akan normal kembali.

Menjaga Kesehatan Jantung

Kandungan nutrisi serta zat aktif yang terdapat pada bawang putih juga mampu menjaga kesehatan jantung Anda. Untuk menjadikan bawang putih sebagai salah satu tindakan menjaga kesehatan jantung, yaitu dengan mengonsumsi 1 hingga 3 siung bawang putih secara utuh setiap pagi. Cara ini juga ampuh untuk mengeluarkan racun dalam tubuh Anda.

Jika Anda tidak suka dengan bawang putih dan baunya yang menyengat, saat ini juga sudah banyak orang menjual bawang putih kering berbentuk serbuk dan kapsul. Suplemen kesehatan dengan bahan dasar bawang putih seperti ini sudah bisa Anda dapatkan dengan mudah. Anda bisa mengunjungi toko herbal terdekat dan apotek.

Menurunkan Risiko Kanker

Kandungan antioksidan pada bawang putih sangat bermanfaat bagi kesehatan tubuh, salah satunya yaitu menurunkan risiko kanker. Beberapa jenis kanker, seperti kanker payudara, paru-paru, prostat, hati, dan otak bisa diturunkan risikonya dan dicegah dengan mengonsumsi bawang putih secara teratur.

Hal ini karena kandungan antioksidan tinggi pada bawang putih mampu melindungi tubuh dari zat radioaktif yang dapat merusak sel-sel tubuh dan mengaktifkan sel kanker. Dilansir dari Hello , kandungan nutrisi bawang putih lainnya, seperti sulfur, juga mampu mencegah penyebaran sel kanker dalam tubuh.

Bawang putih

Bawang putih

Mengatasi Jerawat

Dalam dunia medis maupun dunia kecantikan, jerawat tidak hanya disebabkan oleh faktor makanan saja, tetapi juga bakteri dan hormon. Ada banyak cara untuk mengatasinya, mulai dari mengonsumsi obat-obatan hingga menggunakan beragam produk kecantikan. Itu semua tentunya tidak murah, apalagi untuk pelajar. Bagi Anda yang ingin mengatasi jerawat dengan praktis dan hemat, bisa menggunakan bawang.

Bawang memiliki kandungan antibakteri, anti inflamasi, antiseptic, dan vitamin C. Kandungan tersebut dapat membunuh bakteri-bakteri penyebab jerawat, membersihkan pori-pori dari minyak berlebih, dan membantu meredakan peradangan serta kemerahan pada kulit akibat jerawat. Kandungan vitamin C pada bawang putih juga mampu membantu kulit lebih cepat beregenerasi, sehingga bekas jerawat dapat hilang dengan cepat.

Mengatasi Radang dan Flu

Bagi Anda yang sering terkena radang tenggorokan dan flu, bisa mengonsumsi bawang sebagai menu tambahan di setiap makan. Cara ini juga terbilang ampuh dan berhasil untuk sebagian orang. Hal ini karena bawang putih memiliki kandungan senyawa aktif, yaitu allicin, yang mampu melawan virus dan bakteri penyebab radang dan flu. Kandungan zat anti inflamasi pada bawang putih juga mampu mengatasi radang tenggorokan dengan menghambat rasa nyeri di tenggorokan dan membantu mempermudah Anda ketika menelan makanan. 

Harga Bawang Putih 1 Kg

Itulah beberapa manfaat bawang putih beserta sedikit penjelasannya. Untuk mendapatkan semua manfaat bawang putih, Anda juga perlu membeli bawang putih. Bawang putih sendiri tidak hanya dijual di tradisional saja, tetapi juga dijual di , toko kelontong, hingga pusat perbelanjaan.

Saat ini, harga bawang putih di pasaran sudah mencapai Rp40 ribuan per 1 kg, sedangkan untuk harga termurahnya dipatok mulai Rp25 ribuan per 1 kg. Harga tersebut dapat berubah sewaktu-waktu tergantung dari kebijakan pasar di Indonesia. Pastikan Anda melakukan pengecekan terlebih dahulu sebelum membeli agar mudah memastikan anggaran dan kebutuhan Anda.

Baca juga  Daftar Harga Terbaru Segala Jenis Pakan Ternak Pokphand
loading...
author

Leave a reply "Harga 1 Kg Bawang Putih di Pasaran dan Manfaatnya"