Info Terkini Harga (Kurs) 1 Euro terhadap Mata Uang Lainnya

Euro adalah mata yang digunakan di sembilan belas anggota Uni Eropa. Secara giral, mata ini mulai dipakai sejak tanggal 1 Januari 1999, sedangkan secara fisik baru digunakan pada tanggal 1 Januari 2002. Saat ini, harga atau nilai tukar satu euro terhadap mata rupiah berdasarkan referensi Bloomberg adalah senilai Rp15.281,65, sedangkan menurut Indonesia berada di kurs beli Rp15.260,16 per euro dan kurs jual Rp15.414,92 per euro.

Ilustrasi: nominal mata uang Euro

Ilustrasi: nominal mata uang Euro

Tentang Mata Uang Euro

Per tanggal 4 Januari 1999, untuk pertama kalinya sejak era pemerintahan Raja Charlemagne atau Karel Yang Agung (raja dari kaum Frank, penguasa Eropa) pada abad kesembilan, Benua Biru dipersatukan lagi dengan sebuah mata uang umum yang disebut “euro”. Ketika itu, sebanyak sebelas negara yang tergabung di Uni Eropa meluncurkan euro sebagai mata uang tunggal bagi para anggotanya atas dasar Persetujuan Maastricht. Sejak saat itu, euro pun mulai digunakan pada pasar perdagangan uang di Eropa.

Sebelas negara yang menekan perjanjian tersebut adalah Austria, Belgia, Finlandia, Prancis, Jerman, Irlandia, Italia, Luksemburg, Belanda, Portugal, dan Spanyol. Dengan menggunakan mata uang euro ini, secara otomatis sebelas negara tersebut menggantikan mata uang lama mereka, yaitu schilling (Austria), franc (Belgia), marka (Finlandia), mark (Jerman), lira (Italia), punt (Irlandia), franc (Luksemburg), guilder (Belanda), escuto (Portugal), dan peseta (Spanyol).

Seperti mata uang lainnya, euro juga mempunyai simbol. Simbol mata uang ini diinspirasi dari huruf Yunani kuno, Epsilon, sekaligus melambangkan huruf pertama pada kata Europe. Sementara, gambarnya dipilih setelah survei simbol yang tadinya terdiri dari sepuluh kandidat, dikurangi menjadi hanya dua, yang kemudian diserahkan kepada Komisi Eropa untuk memilih salah satu di antaranya. Pemenangnya adalah sebuah tim yang terdiri dari empat orang ahli. Perancang sebenarnya dari simbol yang terpilih adalah Alain Billiet.

Karena euro adalah uang pemersatu belasan negara, maka untuk mencetak uang ini, gambarnya tidak bisa luwes seperti kebanyakan uang lainnya. uang kertas euro tidak bisa mencantumkan pahlawan, binatang, atau ikon tertentu milik satu negara. Karena, itu akan memihak dan otomatis mengingkari tujuan awal untuk mempersatukan Zona Eropa.

Ilustrasi: desain mata uang Euro pecahan kertas

Ilustrasi: desain mata uang Euro pecahan kertas

Ketika diluncurkan pada tahun 2002 serentak di empat belas negara, euro cuma memuat ragam-ragam arsitektur Eropa yang netral. Si perancang, Robert Kalin, dari bank sentral Austria, menggambar tujuh jenis langgam untuk tujuh macam uang kertas, dari mulai yang paling kuno hingga yang paling modern.

  • Desain gambar uang kertas 5 euro bergambar arsitektur Eropa Klasik yang kokoh dan sederhana; dengan tiang-tiangnya yang terinspirasi bangsa Yunani. Langgam ini menandai peradaban menuju Masehi, dengan monumen yang paling terkenal bernama Pantheon. tersebut didirikan 126 tahun setelah kelahiran Nabi Isa/Yesus, dan masih berdiri tegak hingga sekarang.
  • Desain gambar uang kertas 10 euro, memuat gambar arsitektur Roma. Langgam ini ‘mengoper’ langgam Klasik yang kokoh, kemudian dilengkapi dengan atap lengkung atau archway yang lebih luwes.
  • Desain gambar uang kertas 20 euro, menggunakan gambar arsitektur Gotik yang identik dengan archway lancip. Ciri lain yang turut tampil adalah dekorasi stained glass yang berfungsi untuk menutup lubang jendela berukuran raksasa. Katedral Notre Dame Paris dari abad ke-14 merupakan salah satu katedral pertama yang memiliki langgam Gotik.
  • Desain gambar uang kertas 50 euro, menampilkan arsitektur Renaissance dari era pencerahan Eropa di abad ke-15. Langgam ‘pencerahan’ ini meminjam rupa-rupa klasik yang kemudian ditafsirkan ulang dengan ketaatan terhadap dalil-dalil mutakhir zaman itu. Di Basilika St. Peter Vatikan, misalnya, kolom Roma muncul kembali, tetapi dengan tata bangun yang rapi dan ringkas.
  • Desain gambar uang kertas 100 euro, memiliki gambar bangunan bergaya Baroque yang lahir abad ke-17 di Italia. Langgam ini melawan kepolosan Renaissance dengan memasukkan motif-motif cantik sebanyak-banyaknya guna memamerkan kekayaan dan kekuatan gereja Katolik sebagai upaya ‘melawan’ gerakan Protestan. Di mancur Trefi, Roma, langgam Baroque mempertontonkan keindahannya yang ‘melelahkan’. Aliran ini menular ke penjuru Eropa, termasuk Perancis, yang kemudian menginspirasi arsitektur Istana Versailles tempat tinggal Raja Louis XIV.
  • Desain gambar uang kertas 200 euro, menampilkan arsitektur langgam Art Nouveau yang menandai perpindahan abad ke-19 ke abad 20. Langgam ini juga mempergunakan rupa-rupa cantik seperti Baroque, tetapi sangat disederhanakan. Hiasan-hiasan organik seperti dedaunan muncul dengan bentuk sangat sederhana dengan mengutamakan aliran bentuk.
  • Desain gambar uang kertas 500 euro, memuat gambar bangunan dengan langgam arsitektur modern abad ke-20 yang kotak, bersudut, minimalis, dan sering kita lihat setiap hari. Hanya ada segelintir saja negara Eropa yang boleh mencetak uang ini, sehingga belum waktunya untuk khawatir untuk memikirkan langgam arsitektur untuk mengisi nominal uang euro yang berikutnya.

Denominasi Mata Uang Euro

Saat ini, mata uang euro dibagi menjadi dua jenis, yaitu berbentuk logam dan berbentuk uang kertas. Untuk mata uang logam, terdiri dari delapan denominasi koin, di antaranya satu sen, dua sen, lima sen, sepuluh sen, dua puluh sen, lima puluh sen, satu euro, dan dua euro. Sementara, untuk uang kertas, ada nominal lima euro, 10 euro, 20 euro, 50 euro, 100 euro, 200 euro, dan 500 euro.

Ilustrasi: mata uang Euro pecahan koin & kertas (sumber: tripsavvy.com)

Ilustrasi: mata uang Euro pecahan koin & kertas (sumber: tripsavvy.com)

Seperti dituturkan sebelumnya, nilai tukar mata uang euro saat ini terhadap rupiah menurut referensi Bloomberg Index per tanggal 12 Januari 2020 adalah sebesar Rp15.281,65 per euro, turun drastis dari nilai tukar tahun 2018 lalu yang masih berkisar di angka Rp16 ribuan. Nilai tukar euro terhadap sebagian besar mata uang dunia juga terpantau turun dibanding tahun 2018 lalu. Sementara, kurs euro terhadap rupiah berdasarkan ketentuan Bank Indonesia adalah Rp15.414,92 (kurs jual) dan Rp15.260,16 (kurs beli). Berikut harga atau kurs 1 euro terhadap beberapa mata uang utama di dunia.

Nilai Tukar (Harga) Euro

Mata UangKurs 1 Euro
Dolar AS1,1121
Pound sterling Inggris0,8512
Yen Jepang121,65
Franc Swiss1,0816
Yuan China7,6872
Won Korea Selatan1.288,5
Dolar Australia1,6116
Dolar Kanada1,4517
Riyal Arab Saudi3,7520

Nilai tukar mata uang euro terhadap mata uang di dunia bisa berubah kapan saja, tergantung berbagai faktor, mulai faktor , harga komoditas, hingga politik dan keamanan.

[Update: Dian]

Baca juga  Harga Terbaru Kertas Saring 1 Pack di Pasaran
author
Sudah lama lulus dari S-1 di kampus PTN ternama. Penyuka musik dan sedikit audiophile.

Leave a reply "Info Terkini Harga (Kurs) 1 Euro terhadap Mata Uang Lainnya"