Update Harga Equil Air Mineral Premium (Eceran dan Dus)

Equil merupakan salah satu produk mineral dalam kemasan yang bisa dikatakan unik. Pasalnya, jika produk air mineral merk lainnya dikemas dalam gelas plastik atau botol plastik, Equil ini memiliki kemasan botol berbahan kaca yang sekilas mirip dengan botol untuk minuman keras. Di pasaran, satu botol Equil sekarang dijual di kisaran harga puluhan ribu rupiah.

Air mineral kemasan premium Equil (sumber: shopee)
Air mineral kemasan premium Equil (sumber: shopee)

Bagi awam, mungkin masih belum familiar dengan Equil. Namun, merk air mineral murni ini sudah cukup dikenal di kalangan menengah atas dan ekspatriat. Equil kerap hadir di meja restoran fine dining, hotel bintang lima, hingga meja Istana Negara ketika diadakan rapat kabinet. Air minum tersebut juga kerap menjadi standar dalam rapat pejabat pemerintah.

Bacaan Lainnya

Meski memiliki kemasan yang elegan, Equil bukan merk luar negeri atau impor. Sebaliknya, air mineral dalam kemasan ini adalah murni produksi Indonesia, tepatnya dibuat oleh PT Equilindo Lestari milik Morgen Sutanto. Morgen memulai usahanya pada tahun 1997. Ia melihat potensi pasar air mineral murni masih terbuka lebar. Pasalnya, para produsen lokal saat itu hanya bermain dalam produk air minum dalam kemasan (AMDK), sementara air mineral premium masih dikuasai produk impor.

Menurut Morgen, masyarakat kebanyakan masih menyebut air minum dalam kemasan dengan “air mineral”. Padahal dua istilah air minum itu memiliki pengertian dan kriteria yang berbeda. Terdapat sejumlah standar ketat yang harus dipenuhi untuk bisa memperoleh izin merek air mineral alami (natural mineral water). Di antaranya yaitu berasal dari sumber mata air, tidak dilakukan treatment apa pun, serta dibotolkan langsung di lokasi sumber mata air.

Standar tersebut mengacu pada Codex Alimentarius, sebuah badan yang dibentuk FAO (Food and Agriculture Organization) dan WHO (World Health Organization) untuk standardisasi air layak minum. Ia juga menceritakan bagaimana perjuangannya meyakinkan BPOM untuk bisa memperoleh izin produksi air mineral alami.

Untuk menjamin kelayakan konsumsi, air diperiksa setiap satu jam sekali, mulai dari sumber sampai masuk dalam botol kemasan. Setelah dikemas, air dikarantina, dikultur selama lima hari untuk mendeteksi bakteri. Inilah yang kemudian membedakan dengan AMDK (air minum dalam kemasan) yang biasanya melalui proses penyaringan atau pemurnian dengan destilasi atau oksidasi.

Equil dikemas dalam botol kaca hijau dengan lekuk elegan. Minuman ini memiliki dua varian produk, yaitu natural (tawar) dan sparkling (bersoda). Harganya pun relatif lebih mahal, dengan 1 botol Equil 380 ml setara dengan 20 kali harga air mineral dalam kemasan yang sama. Karena kemurnian dan kandungan mineral anorganik yang dimiliki, produk Equil juga digunakan untuk berbagai terapi kesehatan. Varian Equil Hydra Thera ini yang biasa dikonsumsi untuk terapi.

Harga Equil

Air mineral premium Equil (sumber: sukabumikab.go.id)
Air mineral premium Equil (sumber: sukabumikab.go.id)
Varian Equil Harga
Equil 380 ml Eceran: Rp31.000
1 Dus: Rp270.000 (12 botol)
Equil Sparkling Mineral Water 760 ml Eceran: Rp57.800
1 Dus: Rp549.400 (6 botol)
1 Dus: Rp1.098.800 (12 botol)

Harga Equil di atas telah kami rangkum dari berbagai sumber, termasuk situs jual beli online. Jika dibandingkan penawaran sebelumnya, harga Equil di pasaran saat ini cenderung naik. Sebagai contoh, Equil 380 ml yang semula dijual dengan harga mulai Rp21.800, kini menjadi Rp31 ribuan per botol. Begitu pula dengan harga Equil Sparkling Mineral Water 760 ml yang naik dari Rp32.000 menjadi Rp57.800 per botol. 

Selain Equil, Anda bisa menemukan minuman mineral merk lainnya seperti Balian Still 330 ml yang dijual dengan harga mulai Rp12 ribuan per botol, sedangkan harga Sierra Mineral Water Premium 350 ml Rp43.290 per botol. Perlu diingat, harga produk tersebut tidak terikat dan bisa mengalami perubahan sewaktu-waktu. Untuk info lebih lanjut, Anda bisa mengunjungi toko terdekat atau memesannya lewat marketplace terpercaya.

[: Ditta]

Pos terkait