Fungsi & Harga Manekin (Maneken) Full Body Terupdate

Apabila Anda melintasi sebuah butik atau toko baju, biasanya terpajang maneken. Maneken (manekin) adalah sebuah alat display pakaian atau bisa juga sebagai alat untuk fitting pakaian. Selain di bidang fashion, ada juga maneken yang digunakan untuk misal bidang kedokteran, keamanan, dan lainnya. Manekin sendiri juga terdapat berbagai jenis bagiannya, ada yang hanya kepala, setengah badan, hingga full body. Harga jualnya juga bervariasi tergantung pilihan.

Manekin full body (sumber: global-display.co.za)
Manekin full body (sumber: global-display.co.za)

Dulunya, maneken dinamai dress form. Patung manekin pertama kali yang terekam sejarah ada pada tahun 1350 sebelum Masehi. Hal tersebut didasarkan pada penemuan maneken torso dari kayu di dekat makam King Tutankhamen. Mannequin tersebut sepertinya lebih mirip tempat penyimpanan pakaian dibandingkan alat display pakaian. Namun, siapa menyangka jika manekin terus mengalami perkembangan seiring kebutuhan industri fashion.

Bacaan Lainnya

Perkembangan Manekin

Sampai awal 1900-an, maneken paling umum yang digunakan ternyata tidak memiliki kepala, lengan, atau kaki. Lalu, pada tahun 1912, dengan munculnya pakaian massal, maneken dengan tampilan manusia seutuhnya menjadi populer. 

Selama era Depresi (akhir 1920-awal 1930), maneken dibuat dengan mengambil inspirasi dari bintang muda Hollywood. Menurut Eric Feigenbaum, Ketua Departemen Visual Merchandising dari LIM College, sebuah perguruan tinggi fashion di New York City, hal itu didasarkan karena banyak orang Amerika melampiaskan persoalan hidupnya di bioskop. Namun, selama Perang Dunia II, maneken terlihat lebih muram guna merefleksikan fashion yang lebih tenang. Setelah Perang Dunia II, maneken mulai terlihat playful atau ceria lagi.

Baca juga  Update Daftar Harga Helm GIX di Pasaran (Semua Tipe)

Lalu, pada akhir 1970-an dan awal 1980-an, adalah era hiper-realisme. Menurut Chad Michael Morissette, seorang ahli dalam sejarah manekin, hal itu ditandai dengan maneken yang mulai memamerkan pusar, bahkan lekukan tulang belakang. Pada akhir tahun 1980-an, tren manekin berwujud manusia lengkap mulai ditinggalkan lagi. Manekin tanpa kepala atau kepala tak berwajah mulai digunakan.

Kini, industri manekin lebih realistis dengan wig, make up, fitur wajah, lingkar pinggang penuh, bahkan tato. Untuk bidang fashion, bentuk maneken biasanya dibuat ideal, sehingga cocok dikenakan baju model apa saja. Dengan maneken, pemilik butik, penjahit, dan pekerja di bidang fashion lainnya dipermudah pekerjaannya.

Misalnya, untuk pemilik butik, dengan adanya maneken, mereka bisa secara langsung memamerkan koleksi pakaian yang dimiliki. Terlebih, jika dipakaikan di maneken, akan terlihat bagus. Sementara itu, bagi penjahit, maneken juga memiliki fungsi tertentu. Bagi penjahit, maneken sering disebut dengan tailor dummies.

Fungsi Manekin

  • Menampilkan model baju secara utuh. Maneken bisa juga untuk menggantikan model, misal untuk keperluan pemotretan baju sebagai proofing ke customer.
  • Untuk mengetes bentuk atau model tertentu, apakah jatuhnya pas dengan model baju secara keseluruhan, misal model kerah turtle neck, detail obi, dan lainnya.
  • Membantu dalam proses pembuatan baju sebelum ke tahapan finishing, misal untuk melihat apakah furing/lining pas jatuhnya atau lebih panjang daripada kain utama.
Maneken plus size (sumber: today.com)
Maneken plus size (sumber: today.com)

Pekerja di bidang fashion merasa penting untuk memiliki maneken. Anda bisa membelinya, baik secara online atau langsung di toko. Harga satu patung maneken bisa bervariasi, misalnya dilihat dari bahan atau utuh tidaknya maneken itu sendiri. Namun, sebelum Anda membeli maneken, ada baiknya mengetahui tips memilih maneken.

Baca juga  Update Biaya Keanggotaan Kadin (Uang Pangkal dan Iuran Tahunan)

Tips Memilih Manekin

Fleksibilitas

Salah satu hal yang menjadi bahan pertimbangan dalam memilih patung display tersebut adalah fleksibilitas atau keluwesannya. Sebaiknya, pilih patung manekin yang memiliki desain dan lengan yang fleksibel. Hal ini memungkinkan Anda untuk melakukan konfigurasi tampilan patung manekin Anda dalam berbagai gaya dan pose. Namun, konsekuensi dari hal ini adalah harganya lebih mahal.

Bahan Pembuatan

Jenis bahan dasar yang menyusun patung manekin ada beberapa macam, di antaranya akrilik, kaca, dan logam. Bahan akrilik bersifat ringan tapi mudah tergores dan lecet, bahan kaca terlihat modern tapi agak rentan patah (pecah), sementara bahan logam sangat kuat namun lebih berat. Semua bahan mempunyai plus dan minusnya, tergantung kebutuhan Anda.

Dressing

Kemudahan dalam mengenakan pakaian juga perlu Anda pertimbangkan. Boneka manekin yang berpose duduk atau berbaring biasanya lebih sulit. Beberapa maneken juga bisa dibongkar pasang sehingga mudah dalam pemakaian busana, namun harganya relatif lebih mahal.

Portabilitas

Portabilitas juga patut Anda cermati dalam memilih jenis patung manekin, khususnya jika Anda sering menampilkan pakaian di berbagai acara di tempat-tempat berbeda. Maneken yang berbahan karet atau manekin yang bisa ditiup (inflatable) adalah pilihan yang tepat karena mudah dalam pengemasan.

Ukuran

Memilih ukuran patung manekin tergantung jenis produk fashion yang Anda pasarkan. Jika toko pakaian atau butik Anda menyasar pada konsumen anak-anak, maka tentu ukuran yang dipilih adalah maneken kecil. Begitu pula halnya dengan yang dan dewasa atau bahkan maneken untuk orang-orang gemuk.

Manekin full body (sumber: alibaba)
Manekin full body (sumber: alibaba)

Setelah memahami tips memilih maneken sesuai kebutuhan, berikut ulasan seputar harga manekin full body di pasaran pada 2021 dan 2022 sebagai referensi Anda.

Baca juga  Info Terbaru Harga Exhaust Fan Dapur Murah (All Merk)

Daftar Harga Manekin (Maneken) Full Body

Jenis Manekin Harga Sebelumnya (Rp) Harga Sekarang (Rp)
Maneken Patung Anak Full body 854.000 750.000
Maneken Full Body Cowok Impor 951.000 900.000
Maneken Pria Cowok Full Body Alien 987.000 683.000
Maneken Alien Full Body High Quality 1.168.000 1.095.000
Maneken Full Body Cewek Alien 1.570.000 1.570.000
Maneken Full Body 1 paket pria dan wanita 6.000.000 4.650.000

Penjualan maneken full body pada 2020 dibandingkan 2019 lalu, terbilang mengalami kenaikan harga. Awalnya, manekin full body dibanderol mulai Rp600 ribuan hingga Rp975 ribuan buah. Tak jauh berbeda dengan penjualannya pada 2021 yang terbilang terus mengalami kenaikan harga pada beberapa produk. Misalnya, maneken full body cowok impor pada 2020 harganya masih sekitar Rp683 ribu, namun menjadi Rp951 ribu. Begitu pula dengan maneken alien full body high quality yang meningkat dari harga Rp937.500 menjadi Rp1,1 jutaan. Namun, pada 2022 harga beberapa manekin terpantau mengalami penurunan.

Harga maneken kami rangkum dari berbagai sumber di jual beli online. Harga tidak terikat dan dapat mengalami perubahan sewaktu-waktu, tergantung kebijakan toko yang Anda kunjungi. Mungkin saja Anda akan menemukan harga di pasaran yang lebih murah, misalnya pada saat ada promo atau diskon. Selain harga satuan, ada pula beberapa toko yang menyediakan maneken yang dijual dalam satu paket.

[Update: Dian]

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.