Update Harga Cat Dasar Catylac (4 Kg & 21 Kg)

No comment3481 views

Anda pasti sudah tidak asing lagi dengan Catylac. Ini adalah salah satu merk cat yang cukup terkemuka di Indonesia. Selain cat , Catylac juga memiliki cat dasar yang bisa digunakan sebelum memberi warna pada dinding hunian. Hadir dalam beberapa , cat dasar Catylac keluaran Dulux ini dijual dengan mulai ratusan ribu rupiah per kaleng.

Cat dasar merupakan cat yang biasa diaplikasikan sebelum Anda melakukan pengecatan tembok. Cat dasar bukan sekadar cat yang cukup ada pada dinding, tetapi juga memiliki peran penting terhadap kualitas cat tembok rumah. Pada dasarnya, cat dasar dapat menjaga ketahanan warna cat rumah elegan Anda pada masa yang akan datang. Cat dasar seringkali diartikan dengan plamir, padahal keduanya berbeda.

Harga Cat Dasar Catylac - www.bukalapak.com

Harga Cat Dasar Catylac - www.bukalapak.com

Fungsi Cat Dasar

  • Cat dasar berfungsi untuk merekatkan cat baru yang melekat pada dinding lama atau biasa juga disebut dengan lapisan pengikat top coating.
  • Cat dasar juga berfungsi untuk menutup pori-pori atau permukaan pada tembok yang tidak merata. Biasanya, pada proses plamir yang tidak teliti, masih terdapat pori-pori kecil di bagian dinding yang kurang rata. Hal ini dapat ditangani dengan menggunakan cat dasar.
  • Cat dasar dapat membantu untuk mencegah masuknya alkali ke dalam lapisan cat. Alkali sangat berbahaya, terlebih jika memiliki kandungan tinggi karena dapat merusak cat dinding rumah terutama pada dinding yang baru saja di cat.
  • Pengaplikasian cat dasar dapat membantu untuk menjadi penyekat antara lapisan dinding pada bagian dalam dan bagian luar sehingga kandungan alkali tidak dapat masuk. Cara ini juga dilakukan untuk mencegah terjadinya pengapuran.

Spesifikasi Cat Dasar Catylac

Di sendiri, sudah tersedia beragam jenis cat dasar, antara lain water sealer water based yang terdiri dari 100% bahan emulsi acrylic yang tidak memiliki kandungan pewarna, water proofing wall sealer, hingga undercoat tembok atau alkali resisting primer yang memiliki sifat khusus, yakni memiliki daya tahan terhadap alkali yang sangat tinggi.

Ada banyak merk cat dasar yang dapat Anda pilih, dan salah satu yang cukup populer di kalangan konsumen Tanah adalah Catylac produksi Dulux. Dilansir dari situs resminya, ini adalah cat dasar untuk interior atau dalam ruangan yang dikatakan mampu meningkatkan daya rekat dinding agar tidak mudah menggelembung dan mengelupas. 

Masih menurut referensi yang sama, cat dasar Catylac telah didukung beberapa fitur unggulan seperti alkali resistance, water based, no added lead & mercury, low odour & low VOC, Singapore green label, peel guard, dan peeling resistance. Cat ini sangat mudah diaplikasikan, baik menggunakan kuas, spray, atau dengan roll.

Meski dikatakan cukup aman, namun Dulux memberikan peringatan agar cat ini jangan sampai mengenai mata, kulit, atau pakaian. Apabila terjadi kontak dengan mata, disarankan segera bilas dengan air yang banyak dan dapatkan bantuan medis. Apabila kontak dengan kulit, segera cuci dengan sabun dan air atau pembersih kulit yang tepat. Jangan gunakan pelarut atau pengencer apabila kontak dengan mata/kulit.

Fungsi Cat Dasar - www.diynetwork.com

Fungsi Cat Dasar - www.diynetwork.com

Harga Cat Dasar Catylac

Kemasan Cat Dasar CatylacHarga
Cat Dasar Catylac Interior 4 kgRp106.000 – Rp125.000
Cat Dasar Catylac Interior 21 kgRp540.000 – Rp689.000
Cat Dasar Catylac Eksterior 4 kgRp138.600
Cat Dasar Catylac Eksterior 21 kgRp726.000 – Rp965.000

Dibandingkan tahun sebelumnya, harga cat dasar Catylac ini relatif masih sama. Namun, perlu diketahui bahwa harga cat dasar Catylac produksi Dulux bisa mengalami perubahan sewaktu-waktu tanpa pemberitahuan sebelumnya. Selain itu, harga cat dasar Catylac yang berlaku di setiap tempat bisa saja berbeda-beda, tergantung dari penawaran pihak penjual. Apabila Anda sedang mencari cat dasar Catylac ini, Anda bisa membelinya di sejumlah bangunan atau beberapa situs jual online dalam negeri.

Cara Aplikasi Cat Dasar

Cara pengaplikasian cat tersebut diawali dengan permukaan dinding atau permukaan yang ingin dicat harus kering dan bebas dari semua bahan yang dapat menyebabkan kerusakan lapisan atau menyebabkan kurangnya daya rekat cat seperti kotoran, minyak, lilin, dan lainnya. Meskipun cat ini bisa diaplikasikan di dinding yang lembap, tidak dianjurkan untuk diaplikasikan pada area dengan kelembapan terukur melebihi 22 persen (diukur dengan Protimeter). 

Selain itu, perbandingan komposisi air dan cat juga penting, karena akan memengaruhi hasil akhir dari pengecatan. Biasanya, komposisi yang dianjurkan yaitu satu galon cat dengan seperempat liter air, atau 25 kilogram cat dengan lima liter air. Seringkali ketika mengecat rumah, terutama bagi Anda yang kurang mengetahui tentang hal ini, proporsi antara cat dengan air tidak seimbang, ada yang  terlalu encer, bahkan ada yang kurang air, sehingga hasil pengecatan kurang rata.

Mengecat Tembok Rumah dengan Cat Dasar - www.thespruce.com

Mengecat Tembok Rumah dengan Cat Dasar - www.thespruce.com

Demi menghasilkan cat yang bagus dan tahan lama, sebaiknya jangan menggunakan cat interior untuk eksterior karena biasanya tidak tahan cuaca dan sinar matahari sehingga warna akan luntur. Selain itu, hasil akhir sering kurang bagus. Karena itu, untuk dinding luar rumah, biasanya dipilih cat yang tahan cuaca dan anti jamur serta anti lumut, dengan harga yang umumnya lebih mahal daripada cat interior.

(Panca)

Baca juga  Info Terbaru Manfaat & Harga Gula Merah 1 Kg
loading...
author
Sudah lama lulus dari S-1 di kampus PTN ternama. Penyuka musik dan sedikit audiophile.

Leave a reply "Update Harga Cat Dasar Catylac (4 Kg & 21 Kg)"