Info Terbaru Fitur, Syarat, dan Pembiayaan Tabungan Emas BRI Syariah

Selain bank konvensional, Bank Rakyat (BRI) kini juga memiliki ‘model’ syariah. Sama seperti model umum, BRI Syariah pun menyediakan beragam untuk masyarakat di Tanah Air. Nah, salah satu tabungan yang ditawarkan bank ini adalah Tabungan Emas, atau lebih tepatnya Pembiayaan Kepemilikan Emas.

Sudah menjadi rahasia umum jika emas merupakan salah satu barang yang sering digunakan masyarakat sebagai instrumen investasi jangka panjang. Emas sebagai logam mulia memiliki tersendiri untuk investasi dibandingkan instrumen lainnya. Salah satu logam ini adalah memiliki yang relatif stabil, bahkan cenderung meningkat. Kalaupun harganya turun, biasanya tidak terlalu tajam.

Tabungan Emas BRI Syariah - www.perbankanindonesia.com

Tabungan Emas BRI Syariah - www.perbankanindonesia.com

Harganya yang stabil dan cenderung meningkat ini memang membuat emas kurang bisa diikuti oleh masyarakat berpenghasilan rendah. Namun, mereka yang punya anggaran pas-pasan tidak perlu khawatir. Pasalnya, Anda bisa mengatasi masalah tersebut dengan memilih produk tabungan emas di lembaga keuangan. Nah, salah satu lembaga keuangan di Indonesia yang telah menyediakan ini adalah BRI Syariah.

Meski baru dikenal publik dalam beberapa tahun terakhir, BRI Syariah ternyata sudah berdiri lumayan lama. Awalnya, bank ini bernama Bank Jasa Arta yang resmi beroperasi pada tahun 1969 silam. Kemudian, BRI mengambil alih kepemilikan bank tersebut pada tahun 2007 dan mengubahnya menjadi Bank Umum Syariah pada tahun 2008.

Aktivitas BRI Syariah semakin kokoh setelah tanggal 19 Desember 2008 ditandatangani akta pemisahan Unit Syariah PT Bank Rakyat Indonesia untuk melebur ke dalam PT Bank BRI Syariah (proses spin off) yang berlaku efektif pada tanggal 1 Januari 2009. Saat ini, BRI Syariah diklaim menjadi bank syariah terbesar ketiga berdasarkan aset. Bank ini tumbuh dengan pesat, baik dari sisi aset, jumlah pembiayaan, dan perolehan dari pihak ketiga. Dilansir dari situs resminya, BRI Syariah saat ini sudah menelurkan banyak produk perbankan untuk perorangan. Berikut beberapa produk perbankan yang telah dirilis bank ini.

Produk Perbankan Bank BRI Syariah

  • Tabungan Faedah BRI Syariah IB, merupakan produk simpanan dari BRI Syariah untuk nasabah perorangan yang menginginkan kemudahan transaksi keuangan sehari-hari.
  • Tabungan Haji BRI Syariah IB, merupakan produk simpanan yang menggunakan akad bagi hasil sesuai prinsip syariah khusus calon haji yang bertujuan untuk memenuhi kebutuhan Biaya Perjalanan Ibadah Haji (BPIH).
  • Tabungan Impian BRI Syariah IB, merupakan produk simpanan berjangka untuk nasabah perorangan yang dirancang untuk mewujudkan impian nasabah (kurban, pendidikan, liburan, belanja) dengan terencana.
  • Simpanan Faedah BRI Syariah IB, merupakan simpanan dana pihak ketiga dengan akad mudharabah, dengan nasabah sebagai pemilik dana dan bank sebagai pengelola dana, dan pembagian hasil usaha antara kedua belah pihak berdasarkan nisbah dan jangka waktu yang disepakati.
  • Simpanan Pelajar BRI Syariah IB, adalah tabungan untuk siswa yang diterbitkan secara nasional oleh bank-bank di Indonesia dengan persyaratan mudah dan sederhana.
  • Giro Faedah BRI Syariah IB, merupakan simpanan investasi dana nasabah dengan menggunakan akad mudharabah mutlaqah yang penarikannya dapat dilakukan sesuai kesepakatan dengan menggunakan cek, bilyet giro, atau sarana lainnya.
  • Deposito BRI Syariah IB, merupakan produk simpanan berjangka menggunakan akad bagi hasil sesuai dengan prinsip syariah bagi nasabah perorangan maupun perusahaan yang diklaim memberikan keuntungan maksimal.

Produk Tabungan Emas BRI Syariah

Nah, seperti disampaikan di atas, bagi masyarakat yang ingin berinvestasi emas, BRI Syariah pun telah menyediakan Pembiayaan Kepemilikan Emas. Ini adalah pembiayaan kepada perorangan untuk tujuan kepemilikan emas dengan menggunakan akad murabahah, dengan pengembalian pembiayaan dilakukan dengan cara mengangsur setiap bulan sampai jangka waktu selesai sesuai kesepakatan.

BRI Syariah - www.dream.co.id

BRI Syariah - www.dream.co.id

Objek Pembiayaan Tabungan Emas BRI Syariah

  • Emas batangan 24 karat bersertifikat PT ANTAM.
  • Emas batangan bersertifikat Non PT ANTAM dengan berat jenis kurang lebih 19.2.
  • Emas batangan tidak bersertifikat dengan berat jenis kurang lebih 19.2. Khusus objek perhiasan, saat ini belum dapat direalisasikan sampai dengan adanya ketentuan tambahan tersendiri yang diatur secara terpisah mengenai besarnya uang muka, mekanisme penaksiran agunan, dan kerjasama dengan toko emas rekanan sebagai pemasok khusus penjualan emas perhiasan.
  • Untuk emas batangan, pecahan yang tersedia adalah 5 gram, 10 gram, 25 gram, 50 gram, 100 gram, dan 250 gram.

Fitur dan Biaya Tabungan Emas BRI Syariah

KomponenKeterangan
Plafon Pembiayaan per NasabahMinimal Rp3.500.000; maksimal Rp150.000.000
Uang MukaMinimal 20% untuk emas batangan ANTAM dan Non ANTAM; minimal 30% untuk emas perhiasan
Jangka WaktuMinimal 24 bulan & maksimal 36 bulan untuk pembiayaan kurang dari Rp15 juta; minimal 24 bulan & maksimal 60 bulan untuk pembiayaan Rp15 juta ke atas

Syarat Nasabah Tabungan Emas BRI Syariah

  • WNI.
  • Pegawai/karyawan tetap dengan masa kerja atau total masa kerja di tempat sebelumnya minimal 2 (dua).
  • Profesional terbatas hanya untuk profesi kesehatan (dokter, dokter spesialis, dan bidan).
  • Wiraswasta/pengusaha dengan usaha nasabah dalam kondisi aktif dan telah berjalan minimal 5 tahun.
  • Usia minimal pada saat pembiayaan diberikan adalah 21 tahun dan pada saat jatuh tempo pembiayaan untuk karyawan adalah maksimum usia pensiun, 65 tahun untuk profesi dokter/dokter spesialis.
  • Hasil track record BI Checking dan DHBI lancar/clear.
  • Membuka rekening tabungan d BRI Syariah.
  • Untuk total pembiayaan lebih besar atau sama dengan Rp50 juta, wajib menyerahkan NPWP pribadi.

Selain itu, bagi mereka yang ingin menjadi nasabah, juga wajib menyiapkan -dokumen seperti fotokopi KTP dan KTP pasangan (bila sudah menikah), fotokopi Kartu Keluarga, fotokopi Surat Nikah (bila sudah menikah), fotokopi NPWP (untuk pinjaman di atas Rp100 juta), surat keterangan pekerjaan asli (untuk karyawan), surat keterangan penghasilan/slip gaji, dan fotokopi rekening tabungan/giro. Jika membutuhkan info lebih lengkap, silakan mendatangi kantor cabang BRI Syariah terdekat.

[Almasshabur]

Baca juga  Update Harga Mesin EDC All Merek (Baru dan Bekas)
loading...
author
Sudah lama lulus dari S-1 di kampus PTN ternama. Penyuka musik dan sedikit audiophile.

Leave a reply "Info Terbaru Fitur, Syarat, dan Pembiayaan Tabungan Emas BRI Syariah"