Update Fasilitas & Keuntungan Dari Tabungan Berjangka BRI BritAma Rencana

(BRI) Tbk adalah salah satu bank milik pemerintah yang terbesar dan tersebar di Indonesia. Sebagai bank besar, BRI telah menjadi kepercayaan bagi masyarakat dalam melakukan transaksi di bidang perbankan. Salah satu keunggulan yang dimiliki BRI adalah produk-produk berkualitas yang mampu memberikan kemudahan dan keuntungan bagi nasabah, baik simpanan, pinjaman maupun investasi. Salah satu produk simpanan unggulan milik BRI adalah tabungan berjangka BritAma Rencana dengan sejumlah fasilitas yang ditawarkan.

Kantor cabang BRI (sumber: radarlombok.co.id)

Kantor BRI (sumber: radarlombok.co.id)

BritAma Rencana dirilis secara resmi pada tahun 2012. Produk simpanan ini merupakan tabungan dengan setoran tepat setiap bulan dengan jangka waktu yang disepakati. Tabungan berjangka ini juga memiliki kapasitas terencana yaitu asuransi jiwa serta suku bunga tinggi. Sementara itu, untuk pengajuan klaim memiliki jangka waktu yang fleksibel yaitu antara 1 tahun hingga 20 tahun.

Salah satu faktor tabungan berjangka diminati oleh masyarakat adalah dikarenakan adanya fasilitas dan keuntungan yang ditawarkan produk simpanan dari BRI tersebut. Berikut keuntungan dari tabungan berjangka BRI BritAma Rencana.

Keuntungan BritAma Rencana

  • Bunga lebih tinggi dibandingkan tabungan umum
  • Nasabah bebas menentukan setoran tetap bulanan, minimum Rp100.000 dan maksimum Rp5.000.000 (kelipatan Rp50.000)
  • Nasabah bebas menentukan jangka waktu tabungan (1-20 tahun)
  • Manfaat asuransi jiwa hingga Rp1 miliar
  • Penerusan setoran tetap oleh perusahaan asuransi jika nasabah meninggal dunia
  • Tidak diperlukan medical check up
  • Dapat dicairkan sewaktu-waktu
  • Setoran tambahan dapat dilakukan sewaktu-waktu

Pada 2020, suku bunga yang ditawarkan kisaran 3,25% per tahun. Namun, perlu diingat bahwa suku bunga dapat berubah sewaktu-waktu mengikuti ketentuan yang berlaku. Selain itu, tabungan berjangka BritAma Rencana juga menawarkan berbagai fasilitas seperti berikut ini.

Fasilitas BritAma Rencana

  • Bebas biaya administrasi
  • Laporan mutasi rekening koran 3 bulan via email (e-statement)
  • Manfaat asuransi jiwa
  • Santunan atas klaim meninggal dunia biasanya sebesar 100 kali santunan tetap
  • Santunan atas klaim meninggal dunia akibat kecelakaan sebesar 200 kali santunan tetap
  • Penerusan setoran tetap bulanan oleh perusahaan asuransi saat nasabah meninggal dunia

Hingga saat ini, syarat bagi nasabah yang ingin membuka tabungan BritAma Rencana tampaknya tidak mengalami perubahan dibandingkan ketentuan sebelumnya. Apabila ingin menjadi nasabah tabungan berjangka BritAma Rencana diharuskan memenuhi syarat-syarat sebagai berikut.

Bank BRI - (Sumber: merdeka.com)

Bank BRI - (Sumber: merdeka.com)

Syarat Membuka Tabungan BritAma Rencana

  • Berusia minimum 17 tahun dan maksimum 64 tahun
  • Memiliki tabungan BRI BritAma/Britama Bisnis/Giro
  • Mengisi form aplikasi pembukaan rekening
  • Bagi warga Indonesia, wajib menunjukkan diri seperti KTP dan Surat Keterangan Domisili (jika di domisili KTP). Sementara bagi warga negara asing, wajib menyertakan Paspor dan KIM/KITAP/KITAS

Alasan orang untuk membuka dan memilih produk perbankan tidak lagi sesederhana zaman dulu. Semakin kompleksnya kultur perekonomian masyarakat, kebutuhan atas berbagai layanan keuangan juga semakin menjadi banyak. Produk yang ditawarkan oleh perbankan juga semakin beragam.

Di Indonesia, tingkat kepercayaan masyarakat Indonesia terhadap perbankan lebih besar dari negara-negara lainnya di Asia. Tingkat kepercayaan tersebut dapat diraih karena produk-produk jasa perbankan yang ditawarkan dewasa ini memberikan manfaat berupa  kemudahan, keuntungan, hingga solusi atas kultur perekonomian yang semakin kompleks. Kemudahan yang didapat dari produk perbankan yang populer pada saat ini adalah dalam hal melakukan pembayaran, khususnya pada transaksi sehari-hari. Kultur masyarakat modern yang konsumtif membuat kegiatan perekonomian terjadi kapan saja dan di mana saja.

Produk perbankan juga memberikan solusi untuk permasalahan finansial masyarakat. Umumnya solusi yang ditawarkan berupa tabungan berjangka dan pinjaman. Namun, produk perbankan modern sudah dapat memberikan solusi yang lebih komprehensif seperti tabungan yang terencana.

Salah satu produk perbankan yang dianggap dapat memberikan solusi adalah tabungan berjangka BritAma Rencana. Melalui tabungan ini, nasabah dapat mendapatkan tabungan terencana untuk berbagai kebutuhan, mulai dari biaya pendidikan, pernikahan, liburan, perjalanan ibadah, hingga pensiun. Melalui BritAma Rencana, nasabah dapat mengatur setoran tiap bulannya serta jangka waktu untuk mencapai rencana dana yang diinginkan.

Kartu debit BRITAMA (youtube: Reza Syadrie)

debit BRITAMA (youtube: Reza Syadrie)

Tabungan berjangka BritAma Rencana diklaim mempunyai motto 3M, yaitu memudahkan, menguntungkan, dan memastikan. Dengan membuka tabungan ini, Anda bisa merencanakan berbagai kegiatan jangka panjang, misalnya perjalanan ibadah, dana liburan, pendidikan, dan dana pensiun. Bersifat memudahkan karena dinilai fleksibel untuk nasabah. Di dalam tabungan ini juga ada asuransinya. Untuk hal tersebut, urusan asuransinya mudah dengan rentang umur yang cukup panjang, yaitu 17-64 tahun. Untuk premi asuransinya sebesar 7,5%.

Sebagai informasi, nasabah dapat memiliki tabungan BRI BritAma Rencana apabila sebelumnya telah memiliki tabungan Britama. Produk ini dapat dimiliki oleh WNI maupun WNA. BritAma Rencana dianggap sebagai tabungan yang cocok bagi first jobber, karena prosedurnya sederhana dan fleksibel untuk nasabah. Hal ini disebabkan karena nasabah dapat menentukan sendiri besaran tabungan mereka yang inginkan. Dengan demikian, para first jobber dapat menyesuaikan jumlah setoran atau tabungan dengan penghasilan.

Di samping dianggap cocok untuk first jobber, tabungan BritAma Rencana biasanya juga digunakan untuk merencanakan travelling. Sebagai suatu tawaran yang menarik, BritAma Rencana membagikan hadiah bagi nasabahnya. Dengan melakukan setoran awal dan mengendapkan dananya di rekening sumber atau rekening induk di Tabungan BRI BritAma, hadiah yang nantinya kamu terima adalah senilai 70 persen dari setoran awal pada Tabungan BRI BritAma.

Hal tersebut dimisalkan jika ingin memiliki dana sekitar Rp16 juta dalam 3 tahun mendatang, maka Anda cukup menyetor Rp450 ribu setiap bulannya. Semakin besar dana setoran awal, maka semakin besar pula peluang mendapatkan hadiah. Selain itu, dengan melihat karakter masyarakat modern yang rata-rata konsumtif, produk perbankan kini banyak yang memberikan hadiah. Hal tersebut dianggap sebagai salah satu keuntungan yang didapatkan, selain suku bunga. Suku bunga untuk BritAma Rencana dinilai lebih tinggi daripada produk simpanan lain di BRI, tetapi lebih rendah di bawah bunga deposito. 

Apabila Anda membutuhkan informasi lebih lanjut mengenai produk dan layanan BRI, bisa menghubungi di nomor 14017/1500017 atau mengirimkan pertanyaan ke email [email protected] Anda bisa juga mendatangi kantor BRI terdekat.

[Update: Ditta]

Baca juga  Update Terkini Syarat dan Rincian Biaya KPR BTN
author
Literatur akuntansi sudah digeluti hingga pendidikan pascasarjana. Bagiku ini adalah seni pencatatan dan pengikhtisaran transaksi keuangan dan penafsiran akibat suatu transaksi terhadap suatu unit ekonomi.

Leave a reply "Update Fasilitas & Keuntungan Dari Tabungan Berjangka BRI BritAma Rencana"