Fasilitas dan Harga Tiket Masuk Kebun Raya Purwodadi

Ingin berwisata ke alam yang asri sekaligus belajar tentang seluk beluk botani? Jika iya, Anda bisa mampir ke Kebun Raya Purwodadi. Pasalnya, kebun yang kini dikelola oleh Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) itu memiliki tidak kurang dari 10.000 jenis koleksi pohon dan tumbuhan di atas lahan seluas 85 hektare.

Kebun Raya Purwodadi - m.kaskus.co.id

Kebun Raya Purwodadi - m.kaskus.co.id

Kebun Raya Purwodadi sendiri beralamat di Raya Surabaya-Malang KM 65, Purwodadi, Pasuruan. Kebun raya ini didirikan pertama kali pada awal tahun 1941 oleh Dr. Lourens Gerhard Marinus Baas Becking, atas prakarsa Dr. Dirk Fok van Slooten pada tanggal 30 Januari 1941, sebagai pemekaran dari Stasiun Percobaan 's Lands Plantentuin Buitenzorg atau Kebun Raya Bogor.

Mula-mula, kebun ini dipergunakan untuk kegiatan penelitian tanaman perkebunan. Kemudian, pada tahun 1954, mulai diterapkan dasar-dasar perkebunrayaan, yaitu dengan dimulainya pembuatan petak-petak tanaman koleksi. Sejak tahun 1980, sebagian tanaman ditata kembali menurut kelompok suku yang menganut klasifikasi sistem Engler dan Pranti.

Baca juga  Update Harga 1 Dus (Pack) Minuman Yakult

Ada bermacam-macam koleksi yang ada di Kebun Raya Purwodadi. Koleksi pertama adalah polong-polongan yang terdiri dari 3 suku, yaitu Mimosaceae, Caesalpiniaceae, dan Papilionaceae. Kemudian, ada koleksi 2.344 spesimen anggrek alam yang terdiri dari 319 jenis dan 69 marga. Lalu, koleksi palem, termasuk famili Arecaceae yang merupakan jenis tertua. Koleksi lain adalah tanaman bambu, paku-pakuan, hingga tanaman obat.

Selain untuk penelitian, Kebun Raya Purwodadi juga digunakan sebagai tempat wisata. Untuk mengelilingi kebun raya ini, wisatawan dapat melewati jalan setapak, dengan sewaan, atau jalan aspal dengan naik pribadi. Bila penat berjalan kaki, wisatawan dapat meneruskan dengan naik kereta kelinci mirip kereta api mini.

Di samping melihat koleksi tanaman, ada juga beberapa yang disediakan di kebun raya ini. Di tempat ini, wisatawan dapat menemukan layanan jasa perpustakaan, paket pendidikan lingkungan tematik, pre-wedding, sewa fasilitas area, guest house untuk tamu dinas dan tamu umum, penyewaan ruang pertemuan, hingga fasilitas shooting.

Baca juga  Harga Kaca Tempered 12mm Terpasang
Piknik Bersama Keluarga di Kebun Raya Purwodadi - (Sumber: mamaarkananta.com)

Piknik Bersama Keluarga di Kebun Raya Purwodadi - (Sumber: mamaarkananta.com)

Lalu, berapa harga tiket masuk ke Kebun Raya Purwodadi ini dan juga fasilitas lainnya? Berikut kami sajikan rincian lengkapnya untuk Anda.

Komponen Harga
Tiket masuk turis domestikRp10.000
Tiket masuk turis asingRp16.000
Tarif parkir motorRp3.000
Tarif parkir mobilRp5.500
Tarif parkir busRp10.500
Tarif sewa mobil kelilingRp15.500
Tarif sewa sepeda keliling Rp8.500
Tarif pemotretan pre-weddingRp350.000

Jam operasional atau jam buka Kebun Raya Purwodadi dibuka setiap hari dari hari Senin sampai dengan hari Minggu, mulai pukul 07.30 pagi sampai 04.00 sore. Di saat hari libur, tempat ini akan lebih ramai pengunjung daripada hari-hari biasa. [Galih Caonainthata]

author
Sudah lama lulus dari S-1 di kampus PTN ternama. Penyuka musik dan sedikit audiophile.

Leave a reply "Fasilitas dan Harga Tiket Masuk Kebun Raya Purwodadi"