Rekomendasi dan Tarif Ekspedisi Pengiriman Ikan Hidup

Ikan termasuk salah satu budidaya yang digemari banyak orang, baik sebagai komoditas makanan maupun sebagai penghias akuarium. Penggemar ikan pun tidak terpusat di satu kota, melainkan telah menyebar di banyak kota, bahkan di luar negeri. Nah, bagi para pembudidaya yang ingin memasarkan produk mereka, tentu memerlukan ekspedisi yang menyediakan layanan pengiriman ikan hidup. Biasanya, selain ketepatan dan , mereka memilih layanan yang menawarkan tarif paling hemat.

Menimbang Berat Ikan yang akan di Kirim - (www.bisniskurir.com)
Menimbang Berat Ikan yang akan di Kirim – (www.bisniskurir.com)

Selain kucing, , dan burung, ikan dapat dikatakan sebagai salah satu hewan yang cukup terkenal lantara punya sisik yang berwarna cerah dan metode perawatan yang mudah. Bahkan, bagi mereka yang alergi hewan tetapi tetap ingin memelihara, ikan adalah alternatif yang baik. Khusus untuk ikan hias, selain dapat mengurangi tingkat stres, pemanfaatan ikan sebagai hiasan dalam dekorasi akuarium merupakan konsumsi bagi peminatnya.[1]

Bacaan Lainnya

Selain sebagai hiasan, ikan juga dibudidayakan sebagai salah satu pasokan makanan. Seperti diketahui, konsumsi ikan di Indonesia melebihi konsumsi daging dan setiap tahunnya cenderung mengalami peningkatan. Rata-rata konsumsi ikan per kapita di Indonesia jauh melebihi konsumsi daging hampir tiga kali lipat pada setiap tahunnya.[2]

Terlepas dari jenis usaha perikanan yang dipilih, budidaya tersebut akan terasa cuma-cuma apabila Anda tidak dapat memasarkannya untuk masyarakat luas. Apabila Anda fokus pada daerah di sekitar Anda saja, memang masih mudah karena Anda bisa mendistribusikan secara mandiri. Namun, jika Anda ingin menjangkau pasar yang lebih luas, termasuk di luar kota, maka Anda memerlukan jasa ekspedisi untuk mengirimkan produk Anda.

Seperti diketahui, di era sekarang, ekspedisi telah menjadi bagian bisnis yang punya peran penting dalam rantai distribusi.[3] Banyak perusahaan yang membutuhkan jasa ekspedisi, khususnya untuk kegiatan logistik dan pendistribusian barang. Tidak cuma perusahaan, perorangan pun memerlukan ekspedisi untuk mengirimkan paket kepada kerabat atau kenalan mereka di luar daerah.

Ekspedisi Pengiriman Ikan Hidup

  • Merupakan salah satu ekspedisi yang populer, TIKI tidak cuma melayani pengiriman dokumen dan paket, tetapi juga sejumlah satwa, termasuk ikan hidup. Namun, untuk mengirimkan ikan hias hidup melalui layanan ini, ada sejumlah persyaratan yang wajib dipenuhi, termasuk surat karantina asli dan copy serta packing.
  • Seperti sudah terlihat dari namanya, ini adalah usaha ekspedisi yang menerima jasa pengiriman ikan koi dan ikan hias hidup berbagai ukuran antar pulau dari Bandara Internasional Soekarno-Hatta ke seluruh Indonesia (port to port).
  • Lionel Express. Seperti Dejeefish, Lionel Express juga melayani jasa pengiriman ikan koi dan ikan hias hidup berbagai ukuran antar pulau ke seluruh Indonesia (port to port). Apabila konsumen kesulitan membuat surat karantina, pihak Lionel Express siap membantu pengurusannya.
  • Patikawa Kargo. Dilansir dari akun Instagram resminya, ini adalah usaha ekspedisi yang memang khusus melayani pengiriman ikan, hewan, dan tumbuhan hidup ke berbagai daerah di Indonesia.
  • Clearesta Trans Malang. Diklaim sebagai salah satu jasa pengiriman hewan dengan tarif terjangkau serta aman. Perusahaan ini memiliki banyak cabang di Jawa Timur mulai dari Kediri, Blitar, Tulungagung, Malang, dan beberapa daerah lainnya di Jawa Timur.
  • Indone Kargo Express (IKE). Ekspedisi ini diklaim sebagai satu-satunya jasa pengiriman hewan yang menawarkan asuransi pengiriman langsung pada pelanggan mereka. Perusahaan ini menerima pengiriman hewan peliharaan seperti ikan, burung, anjing, kucing, ular, hingga hewan ternak seperti sapi, kambing, dan .
  • Mister Exportir. Nama jasa ekspedisi ini memang kurang populer. Meski demikian, Mister Exportir dapat menjadi alternatif pilihan bagi Anda yang hendak mengirimkan ikan hidup. Seperti namanya, usaha ini fokus melakukan pengiriman ke luar negeri. Yang menarik, tarif yang dibebankan sudah termasuk biaya pengurusan dokumen.

Lalu, berapa besaran tarif pengiriman ikan hidup melalui jasa ekspedisi? Ongkos kirim tentu saja sangat bervariasi, tergantung kebijakan masing-masing ekspedisi. Biasanya, jasa ekspedisi juga menarik biaya seperti packing dan karantina. Selain itu, harga juga bergantung jenis layanan yang dipilih oleh konsumen. Sebagai referensi, berikut kami sajikan kisaran tarif ekspedisi pengiriman ikan hidup di TIKI.

Jasa Ekspedisi Pengiriman Ikan - (www.unionlogistics.co.id)
Jasa Ekspedisi Pengiriman Ikan – (www.unionlogistics.co.id)

Tarif Ekspedisi Pengiriman Ikan Hias

Komponen Tarif
Biaya Handling (Packing dan Karantina) Berat minimum 1 kg : Rp45.000
Berat minimum 5 kg : Rp50.000
Berat minimum 10 kg : Rp55.000
Biaya Surcharges 50% dari ongkos kirim (khusus moda transportasi udara)
Ongkos Kirim Tergantung jenis layanan dan kota tujuan

Informasi besaran tarif di atas kami rangkum langsung dari situs resmi TIKI. Sekadar informasi, untuk pengiriman hewan dari Solo menuju Jakarta misalnya, dikenakan tarif Rp20 ribu sampai Rp25 ribu. Perlu dicatat bahwa biaya ini tidak terikat dan dapat berubah sewaktu-waktu. Selain itu, ongkos kirim juga berbeda di masing-masing ekspedisi.

[1] Lesmana, D. S. 2002. Agar Warna Ikan Hias Cemerlang. Jakarta: Penebar Swadaya

[2] Silaen, Srinatalia. 2021. Kajian Mengenai Budidaya Ikan dalam Aplikasinya pada Ilmu Ekologi Perairan. Agroprimatech, Vol. 4(2): 85-90.

[3] Samapaty, Natasya Y.. 2015. Strategi Pengelolaan dan Pengembangan Usaha Ekspedisi Barang Antar Pulau pada PT. Bumi Indah Lines di Surabaya. Agora, Vol. 3(2): 578-587.

Pos terkait