Daftar Harga Cat Propan Terbaru di Pasaran

Cat merupakan salah satu komponen yang dibutuhkan untuk melapisi dinding rumah Anda. Saat ini, banyak produk cat dijual dengan berbagai keunggulan yang ditawarkan. Salah satunya cat merk Propan yang hadir dalam berbagai seri dan kemasan, mulai dari 1 kg, 2,5 kg, hingga 20 kg dengan harga jual bervariasi.

Cat tembok (sumber: Kumpulan Info)
Cat tembok (sumber: Kumpulan Info)

Sekilas Tentang Cat Propan

PT Propan Raya adalah sebuah perusahaan yang didirikan oleh Dr. Hendra Adidarma. Pada 1979, Hendra kembali ke Indonesia setelah menyelesaikan studinya di Universitas Stuttgart, Jerman. Ia menyadari bahwa Indonesia adalah negara dengan sumber daya yang besar, yakni kayu dan rotan yang digunakan untuk membangun rumah dan dibuat menjadi berbagai jenis furniture dan peralatan lainnya. Sejak saat itu, serangkaian produk-produk inovatif telah dikembangkan oleh PT Propan Raya seperti pelindung logam, polimer lantai, waterproofing, lapisan plastik, dan cat mobil.

Bacaan Lainnya

Dengan visi untuk menjadi perusahaan paling inovatif dan membangun perusahaan yang diakui dengan kualitas kelas dunia, Propan membawa reputasi yang baik secara terus-menerus, menciptakan inovasi, dan pengembangan untuk menciptakan rumus yang lebih baik untuk produk-produknya. Mereka juga memberikan nilai tambah yang tinggi pada produk dan solusi pada konsumen berdasarkan, kualitas yang sesuai, kepercayaan pada kualitas, konsistensi kualitas, pelayanan yang berkualitas, dan kualitas pada kegunaan.

Kini, perusahaan telah memperluas jaringan produk Propan untuk arsitektur cat dengan seni teknologi yang tinggi. Selain itu, juga mengembangkan hubungan kerja sama bisnis dengan perusahaan lain maupun dan developer bangunan. Perusahaan mengklaim bahwa sebagai harus menjaga keindahan dan keselamatan Bumi, yang dibuktikan dengan menghasilkan produk ramah lingkungan yang juga melalui proses produksi yang ramah lingkungan.

Lazimnya sebuah jenis usaha, pasti melakukan sebuah promosi agar mencapai target produksi yang ditentukan. Hal serupa dilakukan oleh PT Propan Raya yang giat melakukan promosi dengan menempuh berbagai cara mulai dari mengenalkan produknya melalui media elektronik, media cetak dan media sosial hingga mendukung pengembangan infrastruktur pemerintahan yang dilakukannya baru-baru ini. Bekerja sama dengan perusahaan cat lainnya, Propan Raya memberikan kontribusi melalui beberapa program pemerintah, seperti program CSR yang digelar secara berkelanjutan.

Jenis Cat Propan

Tidak hanya memproduksi cat tembok, Propan Raya juga mengembangkan sayap usahanya dengan merilis cat kayu interior, cat kayu eksterior, cat anti bocor, cat batu alam, cat lantai, cat besi, cat semprot, cat mobil, dan penghilang cat atau thinner. Untuk cat kayu, Propan Raya memiliki beberapa merk dan jenis, seperti Impra Wood Filler, Impra Wood Stain, Impra Melamine Lack, Impra Nitrocellulose Lacquer, Impra Wood, Propan Multipurpose Aqua Putty, Ultran Aqua Parquet, Ultran Aqua Politur, Multipurpose Acrylic, Propan PU, dan Propan Italian PU PUL.

Untuk cat tembok, terdiri atas cat tembok interior dan eksterior, antara lain Decor Leganza Uno+ DLU, Decor Leganza Duo DLD, Decor Leganza Wow, Decorlotus, Decorcryl, Decorsafe DS, Ecopro EP, Decor Silicate Paint, Eco Emulsion EE, Eco Gypsum, Eco Emulsion Plamur, dan Decor Alkali Resisting Primer.

Cat Propan interior adalah cat interior yang terbuat dari bahan acrylic emulsion dengan pigmen warna pilihan, diformulasikan khusus untuk plafon dan gypsum. Eco Gypsum Acrylic Emulsion Paint For Gypsum Board EE-4050 memiliki daya lekat yang baik pada permukaan gypsum dan compound gypsum serta meminimalkan terjadinya gangguan daya lekat atau gelembung pada pengecatan di atas compound gypsum. Produk cat interior ini dianggap mudah diaplikasikan, cepat kering, mempunyai daya tutup yang baik, meminimalkan tampilan ketidakrataan permukaan plafon dan partisi gypsum, serta memiliki warna yang cerah.

Sementara itu, cat Propan eksterior adalah cat tembok eksterior yang tahan pengaruh cuaca jangka panjang minimal 8 tahun yang terbuat dari polyurethane acrylic berbahan dasar air. Produk ini memiliki ketahanan yang baik terhadap cuaca, tahan pengaruh sinar UV, dapat mencegah rembesan air hujan ke dalam tembok, tahan alkali, memiliki tingkat gloss yang bertahan dalam jangka waktu yang panjang, tidak menyerap debu, memiliki tingkat permeabilitas yang tinggi, dan bebas perawatan. Produk ini diformulasikan untuk pemakaian pada tembok eksterior seperti tembok plesteran semen, beton, panel GRC, dan lain-lain.

Varian cat Propan (sumber: propanraya.com)
Varian cat Propan (sumber: propanraya.com)

Tips Menggunakan Cat Propan

Selain memilih cat berdasarkan kebutuhan dan jenisnya, Anda harus mengetahui cara memakai cat yang baik. Untuk mewarnai tembok misalnya, gunakan cat tembok eksterior untuk bagian dinding luar rumah dan cat interior untuk bagian dalam rumah. Mengetahui jenis cat yang dipakai sangat penting, karena setiap cat memiliki kriteria ketahanan terhadap cuaca yang berbeda.

Jika Anda salah memilih cat, seperti memakai cat interior untuk bagian luar rumah, maka cat tidak bisa menempel dengan sempurna. Selain itu, cat mudah mengelupas dan dinding mudah berjamur. Memang, jika soal daya tahan terhadap cuaca, cat tembok eksterior lebih awet, tetapi soal warna, biasanya cat interior lebih cerah dan pigmented.

Supaya tidak monoton, Anda bisa memakai cat Propan untuk membuat tekstur di dinding, Cara membuat tekstur memakai cat tidak sulit, karena Anda hanya memerlukan dua jenis kuas, yakni kuas tembok ukuran kecil dan super besar. Celupkan cat tembok super besar untuk mewarna bagian dasar tembok. 

Sebelum cat dasar kering, celupkan kuas kecil ke dalam cat dan buat pola berkelok-kelok di atas dinding. Supaya guratan di dinding menjadi lebih artsy, Anda bisa memakai cat berwarna lainnya. Anda bisa memakai warna yang kontras atau lebih soft daripada warna dasar dinding. 

Bagi Anda yang masih pemula dan merasa kesulitan dengan teknik tersebut, mungkin Anda bisa mewarna dinding dengan pola garis-garis yang sederhana. Sebelumnya, Anda membutuhkan selotip kertas yang mudah ditempel dan dilepas. Rekatkan selotip di dinding dari ujung atas ke bawah dan beri jarak sekitar 5 cm-7 cm setiap garisnya. 

Setelah itu, celupkan kuas tembok super besar atau Anda bisa menggunakan roller cat. Warnai semua bagian dinding dengan cat dasar bertema lembut dan soft. Setelah itu, biarkan cat kering dan pelan-pelan buka selotipnya. Anda akan melihat adanya pola garis-garis di antara warna dinding yang lembut. Beberapa orang juga mewarnai bagian garis yang kosong dengan warna yang lebih gelap. 

Supaya cat tidak berceceran di lantai, sebaiknya Anda mengalasi bagian bawah dinding yang akan diwarnai menggunakan kertas koran atau plastik. Cara ini juga mempermudah Anda untuk membersihkan lantai setelah mengecat dinding. 

Harga Cat Propan 1 Liter

Varian Cat Propan Harga
Propan Decor DI Base A-B 0,2 liter Rp19.000
Propan Eco EE 1 kg Rp52.000
Propan Decor DI Base A-B 1 liter Rp70.000
Toko cat Propan (sumber: propanraya.com)
Toko cat Propan (sumber: propanraya.com)

Harga Cat Propan 2,5 Liter

Varian Cat Propan Harga
Propan Decor DWS 2,5 liter Rp184.000
Propan Decor DLI 2,5 liter Rp236.000
Propan Decor 2,5 liter Rp309.000
Propan Decor DW 2,5 liter Rp342.000
Propan Decor Acrylic 2,5 liter Rp270.000
Propan Decor DW Base A-D 2,5 liter Rp384.000
Propan Decor DS 2,5 liter Rp309.000
Propan Decor DAE 2,5 kg Rp270.000
Propan Decor DLI Base A-C 2,5 liter Rp270.000
Propan Decor DF 2,5 liter Rp468.000

Harga Cat Propan 4 Kg

Varian Cat Propan Harga
Propan Decor DWF 4 kg Rp115.000
Decor Decorative Texture DTX-250 – 4 kg Rp280.000

Harga Cat Propan 5 Kg

Varian Cat Propan Harga
Propan Ceria 5 kg Rp110.000
Propan Eco Pro Ep 5 kg Rp150.000
Propan Eco EE 5 kg Rp218.000
Propan Eco ES 5 kg Rp205.000
Propan Eco ES Base A-D 5 kg Rp228.000
Showroom produk Cat Propan (sumber: propanraya.com)
Showroom produk Cat Propan (sumber: propanraya.com)

Harga Cat Propan 20 Kg

Varian Cat Propan Harga
Propan Ceria CR-6000 20 kg Rp990.000
Propan Decor DI Base A-B 20 liter Rp1.291.000
Propan Decor DS 20 liter Rp1.498.000
Propan Decor DWS 20 liter Rp1.440.000
Propan Decor DI 20 liter Rp1.211.000
Propan Decor DLI 20 liter Rp1.462.600
Propan Decor 20 liter Rp1.590.000
Propan Decor DLI Base A-C 20 liter Rp1.472.000
Propan Decor DW 20 liter Rp2.048.000
Propan DRX 20 liter Rp2.810.000
Propan Decor DW Base A-D 20 liter Rp1.963.720
Propan Decor DAE 20 kg Rp2.266.000
Propan Decor DF 20 liter Rp3.000.000

Harga Cat Propan 25 Kg

Varian Cat Propan Harga
Propan Decor DWF 25 kg Rp512.000
Propan Eco Pro Ep 25 kg Rp715.000
Propan Eco EE 25 kg Rp665.000
Propan Eco ES 25 kg Rp891.480
Propan Eco ES Base A-D 25 kg Rp1.200.000
Decor Decorative Texture DTX-250 – 25 kg Rp1.777.000

Harga cat Propan di atas telah kami rangkum dari berbagai macam sumber, termasuk situs jual beli online. Perlu diingat, harga cat Propan tersebut tidak terikat dan bisa berubah sewaktu-waktu. Jika dibandingkan dengan tahun 2020 dan 2021 lalu, harga cat Propan tahun 2022 ada yang naik dan turun.

Sebagai contoh, Propan Eco EE 1 kg yang semula dijual dengan harga Rp40 ribu, sedikit naik menjadi Rp41 ribu pada 2021, dan sekarang naik jadi Rp52 ribu per pail. Sementara itu, Propan Decor DLI 2,5 liter yang awalnya dilepas dengan harga Rp200 ribu, turun menjadi Rp172 ribuan, namun sekarang naik lagi jadi Rp236 ribuan.

[Update: Dian]

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *