Update Harga Styrofoam (Lembaran, Balok, dll)

Anda pasti sudah tidak asing lagi dengan bernama . Ini adalah bungkus yang biasa digunakan sebagai wadah , termasuk nasi dan bubur, dan terbilang praktis untuk tujuan wisata atau bepergian. Selain itu, juga bisa dijadikan media untuk mading. Di pasaran sendiri, telah hadir dalam beragam dan dijual dengan yang relatif terjangkau.

Boks styrofoam (sumber: ebay.com)

Boks styrofoam (sumber: ebay.com)

Styrofoam merupakan yang terbuat dari polystyrene, yang merupakan plastik kuat yang dibuat dari eretilen dan benzine. Kemasan styrofoam merupakan kemasan busa polystyrene yang paling dikenali. Styrofoam sendiri merupakan dagang dari Dow Chemical Company, sedangkan nama teknis produknya adalah foamed polystyrene.

Bagaimana sebenarnya produk polystyrene berbusa atau styrofoam dibuat? polystyrene busa dimulai sebagai manik-manik bola kecil yang mengandung zat yang bisa mengembang yang disebut hidrokarbon. Manik-manik polystyrene kemudian dipanaskan dengan uap. Saat bahan berkembang mendidih, manik-manik melunak dan melebar sampai empat puluh kali ukuran aslinya.  

Manik-manik yang diperluas dibiarkan mendingin sebelum dipanaskan kembali. Namun, kali ini manik-manik diperluas dalam cetakan. Cetakan dirancang dalam berbagai bentuk, tergantung pada produk akhir yang diinginkan. Contohnya cangkir styrofoam, karton, wig berdiri, dan masih banyak lagi. Manik-manik akan mengisi penuh cetakan dan juga sekering. Styrofoam sendiri terdiri dari sekitar 98 persen udara.

Walaupun telah banyak didengungkan bahwa styrofoam berbahaya bagi kesehatan, tetapi ada juga kemasannya yang dinilai aman untuk digunakan. Seperti hasil pengujian yang telah dilakukan oleh BPOM yang telah menyatakan 17 produk kemasan styrofoam seperti gelas, mangkuk, kotak segi empat, lunch box, dan piring yang terbuat dari bahan tersebut, termasuk kemasan produk mi instan terbukti aman digunakan sebagai kemasan pangan.

Berdasarkan data tersebut, makanan yang dikemas dengan kemasan polystyrene busa aman untuk dikonsumsi, dengan persyaratan tidak digunakan untuk mengemas langsung (harus diberi alas plastik atau kertas nasi), tidak digunakan untuk mewadahi makanan dengan kadar minyak tinggi dan dalam keadaan panas. BPOM juga mewanti-wanti agar tidak menggunakan kemasan styrofoam dalam microwave. Selain itu, masyarakat juga diimbau untuk tidak menggunakan kemasan styrofoam rusak atau berubah bentuk.

Styrofoam kotak makanan (sumber: hellosehat.com)

Styrofoam kotak makanan (sumber: hellosehat.com)

Walaupun wadah styrofoam sudah dinyatakan aman digunakan, tetapi tidak berlaku bagi para pedagang di Kota Bandung. Pemerintah setempat melarang penggunaan wadah berbahan baku tersebut dan memberi alternatif dengan wadah makanan dan minuman yang ramah lingkungan serta tidak berdampak buruk bagi kesehatan.

Peraturan pelarangan tersebut dilatarbelakangi karena tingginya limbah gabus dan plastik yang memicu penyumbatan di aliran sungai maupun gorong-gorong yang ada di Kota Bandung. Bahan-bahan atau wadah alternatif yang ditawarkan antara lain daun pisang, kertas tebal atau bungkus nasi. Apabila ditemukan pedagang yang melanggar (tetap menggunakan styrofoam), pemerintah Kota Bandung sudah menyiapkan sanksinya.

Styrofoam

Kotak nasi styrofoam tersedia dalam berbagai tipe, yang tentunya berbeda ukuran dan harga. Berbagai tipe kotak nasi styrofoam tersebut digunakan dalam berbagai acara, misalnya Tf2 tanpa sekat yang biasanya dibuat untuk menampung makanan lebih banyak seperti nasi campur. Tipe Tf2 biasanya sering digunakan untuk bubur ayam dengan teksturnya yang . Bisa juga digunakan sebagai tempat nasi goreng, bakmie, dan lain-lain.

Sementara, tipe Tf3 dengan sekat memiliki tempat untuk pemisah yang gunanya menaruh sayur. Tempat dengan jenis seperti itu dianggap cocok untuk bisnis catering makanan yang biasa menyediakan jasa pengiriman dan pemesanan makanan karena mudah dibawa. Nah, untuk tipe HB/HMB, dianggap memiliki banyak kegunaan. Selain bisa digunakan untuk menaruh hamburger, bisa juga untuk tempat nasi tim, cake, takoyaki, dan lain-lain. Ukurannya yang minimalis mempermudah Anda untuk membawanya ke dalam tas ataupun dibawa sendiri.

Saat ini, tidak susah mendapatkan kotak styrofoam. Anda bisa membeli wadah ini di pasar tradisional, toko, minimarket, dan bahkan situs jual beli online. Harga kotak styrofoam sendiri bervariasi, tergantung tipe dan ukurannya. Berikut kami sajikan informasi terbaru kisaran harga kotak styrofoam di pasaran dalam negeri.

Harga Styrofoam

Styrofoam, harga, kotak, wadah, mading, makanan, toko, tipe, ukuran, jenis, plastik, produk, sablon, percetakan, internet, media, terjangkau

Ilustrasi: styrofoam dalam bentuk lembaran (sumber: yanngai.com)

Ukuran StyrofoamHarga (Rp)
Styrofoam 1 cm25.000 per lembar
Styrofoam 1,5 cm30.000 per lembar
Styrofoam 235.000 per lembar
Styrofoam 3 cm54.000 per lembar
Styrofoam 4 cm55.000 per lembar
Styrofoam 5 cm70.000 per lembar
Styrofoam 8 cm88.000 per lembar
Styrofoam 10 cm110.000 per lembar
Styrofoam 20 cm220.000 per lembar
Styrofoam Bola 3 cm3.000 per buah
Styrofoam Bola 4 cm5.000 per buah
Styrofoam Bola 5 cm8.000 per buah
Styrofoam Bola 7 cm7.000 per buah
Styrofoam Bola 10 cm8.000 per buah
Styrofoam Bola 15 cm30.000 per buah
Styrofoam Bola 20 cm30.000 per buah
Styrofoam Bola 30 cm58.000 per buah
Styrofoam Bola 40 cm120.000 per buah
Styrofoam Bola 50 cm208.000 per buah
Styrofoam Bola 60 cm270.000 per buah
Styrofoam Salju40.000 per pack
Styrofoam Salju 3 kg (bal)300.000 per bal
Styrofoam Salju 5 kg (bal)475.000 per bal
Styrofoam Tabung 10 x 10025.000 per buah 
Styrofoam Tabung 15 x 10035.000 per buah
Styrofoam Tabung 20 x 10045.000 per buah
Styrofoam Tabung 30 x 10075.000 per buah

Harga styrofoam di atas kami rangkum dari sejumlah sumber situs jual-beli online yang ada di internet serta percetakan dan sablon. Harga aktual yang berlaku di setiap toko kemungkinan bisa berbeda-beda, tergantung dari penawaran yang dilakukan. Di beberapa tempat, Anda mungkin bisa menawar saat hendak membeli styrofoam, namun di tempat lainnya harganya kemungkinan sudah pas dan tak bisa ditawar lagi.

Nah, mengikuti perbandingan harga tahun sebelumnya ternyata Styrofoam dengan jenis biasa, bola dan salju terbilang terus merangkak naik hingga 50%. Misalnya, styrofoam bola 15 cm seharga Rp20 ribu naik menjadi Rp30 ribu. Berbeda halnya dengan styrofoam tabung yang naik mencapai 70%, mulai kisaran harga Rp15 ribu menjadi Rp25 ribuan.

[Update: Ditta]

Baca juga  Update Harga Drum Plastik 150 Liter (Baru dan Bekas)
author
Literatur akuntansi sudah digeluti hingga pendidikan pascasarjana. Bagiku ini adalah seni pencatatan dan pengikhtisaran transaksi keuangan dan penafsiran akibat suatu transaksi terhadap suatu unit ekonomi.

Leave a reply "Update Harga Styrofoam (Lembaran, Balok, dll)"