Dianggap Praktis, Berikut Ini Beberapa Tipe dan Harga Kotak Nasi Styrofoam

Ketika Anda hendak bepergian, memesan makanan untuk dimakan di rumah (dibungkus), atau memiliki di bidang makanan, mungkin tidak asing dengan benda satu ini, yaitu kotak nasi styrofoam.

Benda tersebut dinilai praktis digunakan sebagai tempat makanan, seperti bubur, nasi, bahkan hamburger. Kotak nasi styrofoam juga sering digunakan sebagai tempat konsumsi di berbagai acara seperti acara formal dan informal, hotel, dan lain-lain. Anda juga bisa menemui kotak styrofoam di penjual makanan/jajanan kaki lima.

Kotak Nasi Styrofoam - (Sumber: jitunews.com)

Kotak Nasi Styrofoam - (Sumber: jitunews.com)

Kotak nasi styrofoam tersedia dalam berbagai tipe, yang tentunya berbeda dan harga. Anda dapat membelinya di toko plastik, atau bisa juga membeli melalui pembelian online. Untuk mengetahui tersebut, akan disajikan tabel mengenai harga kotak nasi styrofoam, dilengkapi dengan informasi tersebut di atas.

Daftar Harga Kotak Nasi Styrofoam

TipeIsi per balHarga per bal (Rp)
Tf2 polos (19 x 13 x 7cm)10025.000
Tf3 polos (18,5 x 18,5 x 7,5 cm)10035.000
Tf3 sekat10035.000
HB (Hamburger/HMB) (12 x 12 x 7cm)20036.000

*keterangan: material PS (polystyrene), warna putih susu

Berbagai tipe kotak nasi styrofoam tersebut digunakan dalam berbagai acara, misalnya Tf3 tanpa sekat biasanya dibuat untuk menampung makanan lebih banyak seperti nasi campur, sedangkan Tf3 dengan sekat memiliki tempat untuk pemisah yang gunanya menaruh sayur. Tempat dengan jenis seperti itu dianggap cocok untuk bisnis catering makanan yang biasa menyediakan jasa antara karena mudah dibawa.

Tipe Tf2 biasanya sering digunakan untuk bubur ayam dengan teksturnya yang cair. Bisa juga digunakan sebagai tempat nasi goreng, bakmie, dan lain-lain. Sedangkan untuk HB/HMB dianggap memiliki banyak kegunaan. Selain bisa digunakan untuk menaruh hamburger, bisa juga untuk tempat nasi tim, cake, takoyaki, dan lain-lain. Ukurannya yang minimalis mempermudah Anda untuk membawanya ke dalam tas ataupun dibawa sendiri.

Tetapi, ternyata kebiasaan makan dari syrofoam bukanlah sesuatu yang baik, terlebih jika makanan tersebut disajikan dalam keadaan panas. Hal tersebut dijelaskan oleh dokter spesialis kanker dari RS Mitra Keluarga Bekasi dr. Wim Panggarbesi, SpB (K) Onk, yang menjelaskan bahwa kebiasaan makanan panas dari wadah berbahan styrofoam dapat memicu kanker.

Hal tersebut dikarenakan jika styrofoam dipanaskan, maka dapat teruraikan kimianya. Jika seperti itu keadaannya, maka Anda akan ikut memakan kimia yang terurai dan bisa merusak gen. Gen rusak inilah yang nantinya akan menjadi pemicu kanker.

Tidak hanya kanker payudara saja, sebagaimana yang banyak diinformasikan, menurut dr. Wim, kebiasaan tersebut memicu risiko semua jenis kanker. Tetapi, secara spesifik, dikatakan bahwa yang paling berisiko muncul adalah kanker darah.

Hal itu dikarenakan yang paling mudah rusak dan bagian paling cepat membelah diri adalah sumsum tulang. Oleh sebab itu, dr. Wim menganjurkan Anda sebaiknya menggunakan bahan styrofoam sebagai wadah makanan panas. Wadah jenis styforoam sebaiknya digunakan untuk makanan dengan suhu netral atau dingin saja.

Styrofoam merupakan produk yang terbuat dari polystyrene, yang merupakan plastik kuat yang dibuat dari eretilen dan benzine. Kemasan styrofoam merupakan kemasan busa polystyrene yang paling dikenali. Styrofoam sendiri merupakan merek dagang dari Dow Chemical Company, sedangkan nama teknis produknya adalah foamed polystyrene.

Bagaimana sebenarnya produk polystyrene berbusa atau styrofoam dibuat? Polistirena busa dimulai sebagai manik-manik bola kecil yang mengandung zat yang bisa mengembang yang disebut hidrokarbon. Manik-manik polistiren kemudian dipanaskan dengan uap. Saat bahan berkembang mendidih, manik-manik melunak dan melebar sampai empat puluh kali ukuran aslinya.

Manik-manik yang diperluas dibiarkan mendingin sebelum dipanaskan kembali. Namun, kali ini manik-manik diperluas dalam cetakan. Cetakan dirancang dalam berbagai bentuk, tergantung pada produk akhir yang diinginkan. Contohnya cangkir styrofoam, karton, wig berdiri dan banyak lagi. Manik-manik akan mengisi penuh cetakan dan juga sekering. Styrofoam terdiri dari sekitar 98 persen udara.

Kotak Nasi - (Sumber: nasikotakwawes.com)

Kotak Nasi - (Sumber: nasikotakwawes.com)

Walaupun telah banyak didengungkan bahwa styrofoam berbahaya bagi , tetapi ada juga kemasannya yang dinilai aman untuk digunakan. Seperti hasil pengujian yang telah dilakukan oleh BPOM yang telah menyatakan 17 produk kemasan styrofoam seperti gelas, mangkuk, kotak segi empat, lunch box, dan piring yang terbuat dari bahan tersebut, termasuk kemasan produk mi instan terbukti aman digunakan sebagai kemasan pangan.

Berdasarkan data tersebut, makanan yang dikemas dengan kemasan polistiren busa aman untuk dikonsumsi, dengan persyaratan tidak digunakan untuk mengemas langsung (harus diberi alas plastik atau kertas nasi), tidak digunakan untuk mewadahi makanan dengan kadar tinggi dan dalam keadaan panas.

BPOM juga mewanti-wanti agar tidak menggunakan kemasan styrofoam dalam microwave. Selain itu, masyarakat juga diimbau untuk tidak menggunakan kemasan styrofoam rusak atau berubah bentuk.

Walaupun wadah sytorofoam sudah dinyatakan aman digunakan, tetapi tidak berlaku bagi para pedagang di Kota Bandung. Pemerintah setempat melarang penggunaan wadah berbahan baku tersebut, dan memberi alternatif dengan wadah makanan dan minuman yang ramah lingkungan serta tidak berdampak buruk bagi kesehatan.

Baca juga  Info Terbaru Harga Jual-Beli Iguana Jantan dan Betina 2017

Peraturan pelarangan tersebut dilatarbelakangi karena tingginya limbah gabus dan plastik yang memicu penyumbatan di aliran sungai maupun gorong-gorong yang ada di Kota Bandung.

Bahan-bahan atau wadah alternatifnya antara lain daun pisang, kertas tebal atau bungkus nasi. Apabila ditemukan pedagang yang melanggar (tetap menggunakan styrofoam), pemerintah Bandung sudah menyiapkan sanksinya.

loading...

Leave a reply "Dianggap Praktis, Berikut Ini Beberapa Tipe dan Harga Kotak Nasi Styrofoam"