Dengan Sistem Elektronik, Biaya Payroll Adalah Biaya Yang Ditanggung Perusahaan Untuk Pembayaran Gaji Karyawan

Kegiatan terdiri dari berbagai macam aktivitas. Selain produksi dan promosi, tentunya juga akan melakukan pembayaran gaji kepada para karyawan. Saat ini, yang dipilih untuk melakukan pembayaran gaji sebagian besar adalah (menggunakan yang ada di bank). Dengan menggunakan elektronik tersebut, terbantu dalam hal membayarkan gaji karyawan.

Apabila Anda bekerja di suatu bank, pasti sudah tidak asing lagi dengan istilah biaya payroll. Sistem ini berupa aplikasi yang sudah banyak digunakan dalam berbagai bidang. Kegiatan kini sudah memakai aplikasi sebagai pengatur administrasi maupun kegiatan produksi. Dalam sebuah perusahaan, pasti memiliki sistem administrasi yang berguna sebagai pengontrol semua kegiatan produksi sampai dalam hal profil perusahaan.

Menggaji Karyawan Dengan Menggunakan Sistem Payroll

Menggaji Karyawan Dengan Menggunakan Sistem Payroll

Jika suatu perusahaan tidak memiliki sistem administrasi yang tertata, pasti akan terlihat kurang menarik, baik untuk karyawan, maupun pihak lain yang berkepentingan. Mungkin bagi perusahaan kecil, sistem administrasinya mungkin akan kurang tertata. Tetapi, untuk perusahaan besar, sebaiknya memiliki sistem administrasi yang berkualitas.

Sebelum membahas mengenai biaya tersebut, ada baiknya kini dibahas mengenai definisi dari e-payroll sendiri. Definisi e-payroll adalah metode pembayaran dana gaji kepada karyawan tanpa menggunakan cek kertas yang dapat dengan mudah hilang atau dicuri.

Oleh karena itu, pengertian e-payroll adalah sistem pemberian gaji karyawan secara elektronik yang pada umumnya melalui direct deposit atau transfer langsung ke karyawan yang bisa dipantau secara real time.

Dalam sebuah perusahaan, karyawan merupakan salah satu aset penting, karena produktivitas perusahaan dapat dikatakan sangat bergantung pada kinerja karyawan. Untuk itu, karyawan selayaknya mendapatkan imbal balik yang sesuai, supaya mereka dapat bekerja dengan baik dan loyal.

Salah satu bentuk imbal balik dari perusahaan adalah pemberian remunerasi atau penghargaan/imbalan atas jasa mereka berupa gaji yang biasanya dibayarkan setiap bulan. Pemberian gaji karyawan tentu disesuaikan dengan kinerja masing-masing karyawan, lembur, dan dinas. Selain itu, juga dipengaruhi oleh jabatan, masa kerja karyawan, dan lainnya. Untuk itu, dalam pemberian remunerasi pada karyawan, diperlukan data-data pendukung dan bekerjasama dengan bagian HR atau Human Resources.

Setiap perusahaan memiliki sistem dan kebijakan masing-masing dalam memberikan remunerasi karyawan. Rangkaian kegiatan dalam menerapkan sistem dan kebijakan perusahaan dalam pemberian remunerasi disebut juga dengan payroll.

Departemen payroll merupakan bagian penting dari perusahaan. Mereka harus bekerja dengan cepat, tepat, dan akurat agar gaji karyawan dapat diberikan dengan baik dan tepat waktu setiap bulan. Untuk perusahaan kecil dengan jumlah karyawan dapat diberikan yang sedikit, pengelolaan gaji karyawan masih dapat dilakukan secara manual. Akan tetapi, untuk perusahaan besar dengan jumlah karyawan yang mencapai ribuan, pengelolaan gaji secara manual dinilai bukan merupakan suatu pilihan yang tepat, karena memungkinkan terjadinya human error dan dianggap tidak efisien.

Untuk mengatasi masalah tersebut (human error dan tidak efisien), maka diterapkan e-payroll atau electronic payroll. E-payroll akan memberikan remunerasi karyawan secara elektronik. Biasanya berbentuk aplikasi atau software yang akan melakukan penghitungan gaji sesuai dengan peraturan perusahaan. Aplikasi ini juga terhubung dengan bagian Human Resources (HR) untuk mendapatkan database karyawan, absensi, keterlambatan, izin, cuti, dan data lain yang diperlukan untuk penghitungan gaji.

Setiap karyawan biasanya diberikan akun dan dapat mengakses aplikasi tersebut sehingga mereka dapat mengetahui detail gaji masing-masing. Dengan detail yang diberikan karyawan, bisa mengetahui mengapa gajinya naik atau turun, apakah dipengaruhi jabatan, bonus, atau absensinya.

Selain itu, pemberian gaji juga tidak dibayarkan secara tunai, akan tetapi langsung ditransfer ke rekening karyawan. Biasanya, pihak perusahaan bekerjasama dengan bank tertentu. Beberapa bank yang menyediakan layanan e-payroll di antaranya BRI Syariah, BSM (Bank Syariah Mandiri), BRI (Bank Rakyat Indonesia), BNI (Bank Negara Indonesia), Bank Mandiri, Bank Permata, BTN (Bank Tabungan Negara), Maybank, Bank CIMB Niaga, Nobu Bank, dan lainnya.

Dalam menjalin kerjasama dengan pihak bank, perusahaan dikenakan biaya payroll. Besarnya tergantung kepada kebijakan setiap bank, ambil contoh saja, di BTN, dikenakan biaya payroll sebesar Rp 1.500 per rekening, atau tergantung kesepakatan.

Di sini akan diberikan contoh layanan payroll yang terdapat pada beberapa bank, contohnya layanan payroll dari Maybank. Layanan pembayaran gaji (payroll) Maybank merupakan layanan perbankan yang diberikan bank terkait kepada perusahaan atau individu untuk pembayaran gaji karyawannya yang dilakukan melalui pemindahbukuan ke rekening penerima gaji di Maybank.

Sistem Payroll Memudahkan Perusahaan Menggaji Karyawan

Sistem Payroll Memudahkan Perusahaan Menggaji Karyawan

Produk dan fitur layanan gaji (payroll Maybank) antara lain layanan internet banking perusahaan (CoOL Banking), H-1 & web based, kartu ATM sekaligus Maybank Debit Card, layanan One Stop Banking Service & pinjaman konsumen, tabungan gaji dengan minimal saldo rendah dan tanpa setoran awal, biaya administrasi yang kompetitif, dan lainnya.

Baik perusahaan maupun karyawan, masing-masing memiliki keunggulan yang didapatkan dari fasilitas Payroll Maybank. Bagi perusahaan, salah satu keuntungannya adalah dapat bergabung dengan Fasilitas Giro Bisnis Maybank dan tentunya mempermudah pembayaran gaji. Sedangkan untuk karyawan, akan mendapatkan kemudahan dalam pengajuan kepemilikan motor, mobil, /apartemen, kartu , dan lainnya.

Tidak hanya Maybank saja yang menawarkan kemudahan bagi sistem penggajian, masih ada banyak bank yang menyediakan sistem tersebut. Sebut saja, Bank Permata. Bank tersebut memberikan keuntungan juga, di antaranya gratis biaya tarik tunai di ATM mana saja, serta bebas biaya administrasi, dan keuntungan lainnya.

Sistem Payroll dikenal lebih tepat dalam penghitungan. Mungkin,apabila tidak menggunakan sistem tersebut akan mengalami permasalahan, terlebih dalam proses manual dalam menghitung gaji. Selain itu, sistem payroll juga dianggap lebih cepat dalam pemrosesan, mudah dipantau dan dilakukan monitoring, terintegrasi dengan software akunting, pembukuan dan laporan .

 

Baca juga  Update Tarif Pengiriman JNE ke Luar Negeri (Paket dan Dokumen)
loading...
author
Literatur akuntansi sudah digeluti hingga pendidikan pascasarjana. Bagiku ini adalah seni pencatatan dan pengikhtisaran transaksi keuangan dan penafsiran akibat suatu transaksi terhadap suatu unit ekonomi.

Leave a reply "Dengan Sistem Elektronik, Biaya Payroll Adalah Biaya Yang Ditanggung Perusahaan Untuk Pembayaran Gaji Karyawan"