Info Terbaru Harga Bakmi Gajah Mada (GM)

Sebagian besar dari Anda, terutama yang menyukai kuliner, pasti sudah tidak asing lagi dengan panganan bernama bakmi. Ini adalah salah satu sajian mi dari China yang telah menjadi favorit banyak masyarakat Indonesia. Di dalam negeri, bakmi sudah hadir dalam beragam merek, salah satunya Bakmi Gajah Mada (GM). Menghadirkan banyak menu, harga Bakmi Gajah Mada diklaim cukup terjangkau di kalangan konsumen.

Salah satu varian menu Bakmi Gajah Mada (facebook: Grand Laguna)
Salah satu varian menu Bakmi Gajah Mada (facebook: Grand Laguna)

Dilansir Wikipedia, bakmi adalah salah satu jenis sajian mi yang dipopulerkan oleh pedagang-pedagang Tiongkok ke Indonesia. Bakmi juga sering disebut yamien atau yahun. Bakmi juga merupakan makanan yang terkenal terutama di daerah-daerah “pecinan” di Indonesia. Biasanya, bakmi telah diadaptasi dengan menggunakan -bumbu Indonesia. Tebalnya bakmi adalah antara Mian Cina dan Udon Jepang, selain itu ada berbagai variasi bakmi di Indonesia.

Bacaan Lainnya

Perlu diketahui bahwa bakmi adalah jenis makanan yang sangat kuno menurut sejarahnya. Oleh masyarakat Tiongkok, bakmi pertama kali dikonsumsi sekitar 206 SM pada saat pemerintahan Dinasti Han. Pada waktu itu, bakmi atau mie masih berupa adonan yang terbuat dari tepung gandum, dengan bentuk persegi dan lembaran panjang sedikit lebih tebal dari kulit pangsit, atau berbentuk lonjoran panjang.

Bakmi atau mie, pada awal mulanya disebut “pia”, yang dalam Bahasa Mandarin disebut ‘bing’ (dibaca: ping). Cara memasaknya pun masih sama dengan zaman sekarang, yaitu dicelupkan ke dalam air mendidih, lalu diangkat dan dimakan bersama dengan kuah yang telah dibumbui dengan -bumbu rempah yang khas.

Sementara itu, bakmi Jawa atau yang sering disebut dengan mie Jowo, adalah bakmi godog (rebus) yang dimasak dengan -bumbu rempah khas. Kebanyakan bakmi Jowo adalah bakmi rebus, dimasak di atas anglo, yaitu tungku yang terbuat dari tanah liat dan pemanasannya menggunakan api dari arang. Selain dengan direbus, cara lain pemasakan mie Jowo dengan digoreng.

Baca juga  Sejarah Bolu Napoleon Medan dan Update Harga di Pasaran

Salah satu keistimewaan dari mie Jowo ini walaupun banyak pembeli yang memesan, juru masaknya memasak bakmi Jawa ini secara satu porsi. Ciri khas lain dari mie Jowo ini berisikan suwiran atau potongan tipis daging ayam kampung dan juga menggunakan telur ayam bebek atau ayam kampung.

Profil Bakmi Gajah Mada

Ada banyak perusahaan atau restoran yang menyajikan menu bakmi, salah satunya Bakmi Gajah Mada. Dikutip dari situs resminya, Bakmi Gajah Mada merupakan produk buatan PT Griya Miesejati, yang diklaim sebagai ikon restoran bakmi di Jakarta. Restoran yang sekarang bernama Bakmi GM ini didirikan pada tahun 1959 silam oleh pasangan suami istri Tjhai Sioe dan Loei Kwai Fong. Cabang pertama hadir di kawasan Melawai pada tahun 1971.

Gerai Bakmi Gajah Mada (sumber: kompas)
Gerai Bakmi Gajah Mada (sumber: kompas)

Masih menurut sumber yang sama, para pelanggan yang datang menikmati kelezatan menu Bakmi Gajah Mada setiap harinya berasal dari beragam lapisan umur (tua-muda), dan profesi (pelajar, mahasiswa, eksekutif muda). Sebagai komitmen untuk memberikan yang terbaik kepada para pelanggannya, Bakmi Gajah Mada pun senantiasa meningkatkan kualitas dan kuantitas layanan mereka.

Menu-menu yang terdapat di Bakmi Gajah Mada dirancang khusus untuk memberikan rasa yang lezat, yang terbuat dari baku pilihan, serta disajikan dengan harga yang cukup ekonomis. Pihak restoran sendiri setidaknya sudah menyediakan lebih dari 50 menu yang dapat dipilih oleh pelanggan. Tak hanya itu, produk-produk baru juga diluncurkan secara berkala.

Baca juga  Update Harga Makanan dan Minuman di Pizza Hut

Untuk merespon kebutuhan pelanggan, Bakmi Gajah Mada saat ini juga melayani ulang tahun anak-anak. Pesta ulang tahun anak Anda dikatakan akan semakin meriah jika Anda merayakannya di BAKMI Gajah Mada. Setidaknya, terdapat 3 pilihan paket ulang tahun di BAKMI Gajah Mada untuk merayakan ulang tahun yang meriah disertai dengan menikmati menu lezat dan menyehatkan.

Restoran-restoran BAKMI Gajah Mada saat ini dapat Anda temukan di berbagai lokasi, mulai dari lokasi perumahan, perkantoran, hingga pusat perbelanjaan. Setiap restoran Bakmi Gajah Mada didesain untuk memberikan suasana yang hangat dan menyenangkan. Selain di Pulau Jawa (DKI Jakarta, Banten, Jawa Barat, dan Jawa Timur), restoran Bakmi Gajah Mada juga hadir di Bali, tepatnya di Denpasar.

Menu Bakmi Gajah Mada

Menurut situs resminya, restoran Bakmi Gajah Mada membagi menu mereka dalam lima kategori, yaitu Noodle Menu, Rice Menu, Beverage, Side Dish, dan menu lainnya. Untuk Noodle Menu, sudah tersedia Yi Fu Mie Ni Ayam Cah Cabai, Bakmi Kuah Cha-Cha, Bakmi Ayam Saus Thai, Bakmi Special GM, Bakmi Ayam Lada Cha-Cha, dan lain-lain.

Sementara, untuk Rice Menu, ada Nasi Ayam Saus Thai, Nasi Ayam Lada Cha-Cha, Nasi Ayam GM, Nasi Ayam Bakso, Nasi Ayam GM Pangsit, Nasi Ayam Cah Jamur, dan lain-lain. Untuk minuman atau Beverage, restoran telah menyediakan Fruit Punch, Es Jeruk, Es Teh, Iced Green Tea, Lemon Es Teh, Lemonade Blush, dan lain-lain.

Menu andalan Bakmi Gajah Mada (sumber: trip.com)
Menu andalan Bakmi Gajah Mada (sumber: trip.com)

Harga Bakmi Gajah Mada (GM)

Menu Bakmi Gajah Mada (GM) Harga
Bakmi Doank Rp19.546
Bakmi Ayam Lada Cha-Cha Rp25.455
Bakmi Kuah Cha-Cha Rp27.273
Bakmi Ayam Cah Cabai Rp30.000
Bakmi Ayam Rp30.000
Bakmi Special GM Rp30.910
Yi Fu Mie Ni Ayam Cah Cabai Rp32.728
Yi Fu Mie Ni Rp32.728
Bakmi Pangsit Rebus Rp32.728
Bakmi Pangsit Goreng Rp32.728
Bakmi Special GM Pangsit Rebus Rp33.637
Bakmi Special GM Pangsit Goreng Rp33.637
Bakmi Goreng Rp44.546
Bakmi Bakso Rp39.091
Bakmi Ayam Cah Jamur Rp40.000
Bakmi Ayam Saus Thai Rp36.364
Bakmi Masak Rp40.000
Bakmi Cap Cay Rp39.091
Bakmi Special GM Bakso Rp40.000
Bakmi Brokoli Sapi Lada Hitam Rp46.364
Bakmi Cah Cabai Rp46.364
Baca juga  Update Harga Menu Burger KFC (Goceng, Combo, Zuper Krunch)

Bakmi Gajah Mada mengalami perubahan harga hampir setiap tahun. Pada 2019, tercatat bakmi Yi Fu Mie Ni Ayam Cah Cabai dijual seharga Rp30.910 dan Bakmi Cah Cabai seharga Rp27.728. Kedua menu favorit tersebut mengalami kenaikan harga pada 2020. Untuk bakmi Yi Fu Mie Ni Ayam Cah Cabai naik menjadi Rp31.819 dan Bakmi Daging Sapi Cah Cabai menjadi Rp46.364.

Memasuki 2021, harga jual beberapa menu Bakmi Gajah Mada kembali mengalami kenaikan dibandingkan 2020. Misalnya, Bakmi Doank yang ditawarkan seharga Rp19.091 tahun 2020, tahun 2021 Anda harus merogoh kocek lebih sebesar Rp24.500. Begitu pula dengan Bakmi Ayam Lada Cha-Cha yang naik dari harga Rp24.546 di tahun 2020, menjadi Rp30.500 tahun 2021.

Sementara itu, dibandingkan tahun 2021, harga Bakmi Gajah Mada tahun 2022 mengalami penurunan. Sebagai contoh, Bakmi Special GM Bakso yang dibanderol Rp48.000 tahun 2021, turun menjadi Rp40.000 tahun 2022.

Harga menu Bakmi Gajah Mada di atas kami rangkum dari situs resmi restoran yang bersangkutan. Jika Anda ingin mengetahui harga menu lainnya, seperti Rice Menu, Beverage, atau Side Dish, bisa mengecek langsung di website resmi atau datang ke restoran Bakmi Gajah Mada. Harga menu tersebut tidak mengikat dan bisa berubah sewaktu-waktu.

[Update: Almas]

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.