Info Terbaru Harga Whiskas di Alfamart dan Indomaret

Kucing merupakan hewan yang paling banyak dipelihara karena tingkahnya yang lucu dan menggemaskan. Selain itu rasnya juga bermacam-macam, sehingga siapapun yang ingin memeliharanya bisa memilih ras apa yang diinginkan. Soal makanan kucing, Anda pun bisa membelinya dengan mudah di pasaran dalam berbagai jenis dan merek. Whiskas menjadi salah satu merk makanan kucing yang tersedia di Alfamart dan Indomaret dengan harga berbeda-beda.

Whiskas di display Alfamart dan Indomaret (sumber: meongers.com)
Whiskas di display Alfamart dan Indomaret (sumber: meongers.com)

Sebelum membeli makanan kucing yang banyak dijual dipasaran, Anda mesti mengevaluasi kandungan yang terdapat pada makanan tersebut. Dalam keadaan tertentu, kucing Anggora membutuhkan kandungan nutrisi yang berbeda, begitu juga dengan usia kucing tersebut. Makanan untuk anak kucing, kucing dewasa serta kucing atau menyusui juga akan berbeda.

Bacaan Lainnya

Kitten/anak kucing sudah dapat diberikan makan sekitar umur 3 – 4 minggu. Anak kucing masih belum bisa memakan makanan kering. Oleh karena itu Anda harus menyuapi anak kucing ini  makanan dengan pipet atau semacamnya. Seiring berjalannya waktu, Anda bisa mengurangi kandungan air yang terdapat pada makanan anak kucing ini agar kucing bisa terbiasa dengan makanan kering sepenuhnya.

Untuk kucing Persia dewasa yang memiliki berat sekitar 4 – 5 kg, Anda bisa memberikan makanan yang dijual di pasaran dengan kandungan kalori sekitar 300 kalori per harinya. Dilansir dari ManiaKucing, hal penting saat memilih makanan kucing yang dijual di pasaran yakni harus berlabel balanced (completed), sebagai bukti bahwa makanan tersebut memiliki kandungan nutrisi yang seimbang bagi kucing Anggora.

Seperti halnya seorang ibu hamil, kucing yang sedang /menyusui pun membutuhkan nutrisi lebih agar dapat memberikan kandungan energi yang baik kepada anaknya. Untuk kucing Anggora yang sedang hamil, pilihlah makanan yang mengandung protein lebih tinggi (2x lipat atau lebih) dari sebelumnya. Sedangkan jika kucing telah melahirkan dan masuk tahap menyusui Anda bisa memilih makanan kitten untuk sang induk. Anda dianjurkan melengkapi kalsium khusus kucing menyusui.

Nutrisi dan vitamin penting untuk didapat oleh kucing kesayangan mayoritas dari vitamin dan nutrisi yang didapat oleh kucing didapat dari makanan yang ia konsumsi. Maka dari itu, sangat penting untuk memilih makanan kucing yang cocok dengan apa yang dibutuhkannya. Salah satu produk makanan kucing yang banyak direkomendasikan adalah Whiskas.

Whiskas bekerja dengan WALTHAM Center for Pet Nutrition untuk mengembangkan produk yang terus-menerus meningkatkan perawatan dan nutrisi, serta memastikan semua makanan kucingnya penuh dengan kebaikan alami. Produk makanan kucing yang satu ini memang sudah cukup terkenal di Indonesia. Bahkan, iklan dari produk ini juga sering ditampilkan di TV.

Whiskas adalah makanan kucing yang diklaim berkualitas dengan harga terjangkau. Kandungan nutrisi dan protein di dalam Whiskas cukup lengkap dan seimbang. Sayangnya, Whiskas tidak cocok untuk beberapa jenis kucing, terutama kucing sejenis Maine Coon, Norwegian Forest, Persia, Turkish Van, Scottish Fold, dan Sphynx. Whiskas hadir dalam berbagai rasa favorit kucing kesayangan Anda, yakni daging, tuna, salmon, dan ayam.

Di Alfamart, Whiskas dijual dengan range harga mulai ribuan hingga puluhan ribu rupiah. Berikut daftar harga lengkap produk makanan kucing Whiskas di Alfamart dan Indomaret pada 2022.

Harga Whiskas di Alfamart

Harga Whiskas – www.bukalapak.com
Varian Whiskas Harga
Whiskas Junior Ocean Fish 50gr Rp5.800
Whiskas Mackerel & Salmon 85 g Rp8.200
Whiskas Ocean Fish 85g Rp8.200
Whiskas Junior Tuna Refill 85gr Rp8.300
Whiskas Wet Tuna Pouch 85g Rp8.300
Whiskas Tuna Flavor 480g Rp35.900
Whiskas Junior Ocean Fish 480 gr Rp37.900

Harga produk makanan kucing Whiskas mengalami kenaikan maupun penurunan harga hampir setiap tahun. Tercatat di Alfamart pada 2019, Whiskas dijual mulai harga Rp7.200 untuk varian Junior Tuna Refill kemasan 85g. Jika dibandingkan 2019, makanan kucing Whiskas Junior Tuna Refill kemasan 85 gram terbilang naik pada 2020 dari harga Rp7.200 menjadi Rp7.500. Memasuki 2021, harga tersebut kembali naik menjadi Rp8.000 dan naik lagi menjadi Rp8.300 di tahun 2022.

Harga Whiskas di Indomaret

Varian Produk Whiskas – sancays.com
Varian Whiskas Harga
Whiskas Junior Tuna Refill 85g Rp7.500
Whiskas Wet Tuna Pouch 85g Rp7.500
Whiskas Mackerel & Salmon 85 g Rp7.900
Whiskas Ocean Fish 85g Rp7.900
Whiskas Tuna and White Fish 85 gr Rp7.900
Whiskas Mackerel 85 gr Rp7.900
Whiskas Tasty Mix Cat Food 1+ Tuna 70 gr Rp8.700
Whiskas Tasty Mix Cat Food 1+ Tuna Kanikama 70gr Rp8.700
Whiskas Cat Food Wet Tuna 400 gr Rp28.900
Whiskas Cat Food Wet Ocean Fish 400gr Rp28.900
Whiskas Tuna Flavor 480g Rp3.000
Whiskas Ocean Fish 480gr Rp36.900
Whiskas Mackerel 480 gr Rp36.900
Whiskas Skin & Coat Adult 450 gr Rp37.900
Whiskas Cat Food Tuna 1,2 kg Rp80.900
Whiskas Cat Food Dry Pocket Adult 1+ Mackerel 1,2 kg Rp8.500
Whiskas Cat Food Dry Pocket Adult 1+ Ocean Fish 1,2 kg Rp8.500

Tak jauh berbeda dengan harga di Alfamart, di Indomaret juga mengalami fluktuasi setiap tahun. Pada 2019 dan 2020, Whiskas Cat Food Pocket Tuna 480 gram dan Whiskas Ocean Fish 480 g dijual mulai harga Rp35 ribu di Indomaret. Namun pada 2021, produk Whiskas tersebut mulai naik dari harga Rp35 ribu menjadi Rp36.500, kemudian naik lagi menjadi Rp36.900 di tahun 2022. Whiskas Junior Tuna Refill 85g juga ikut naik dari Rp7.200 di tahun 2020, menjadi Rp7.500 di tahun 2021 dan 2022.

Saat ini, banyak orang yang menjadikan kucing sebagai hewan peliharaan mereka. Semenjak itu beraneka ragam makanan kucing atau cat food dari beragam tekstur dan merek banyak bermunculan. Mulai dari yang paling terkenal seperti Whiskas, Meo, dan Friskies, hingga yang paling premium seperti Equilibrio, Royal Canin, Orijen, dan Blackwood. Makanan seperti apa yang sebaiknya diberikan ke kucing kesayangan Anda? Berikut beberapa tip untuk memilihnya.

Makanan Kucing – purrfectlove.net

Tips Memilih Makanan Kucing Untuk Pemula

Pilihlah yang bergizi seimbang

Makanan kucing ada berbagai jenisnya, dari snack hingga makanan utama. Berikan kucing Anda makanan yang mengandung gizi dan nutrisi sesuai dengan jenis dan kebutuhan. Ada 2 tipe makanan dasar kucing, yaitu makanan basah dan kering. Namun, makanan kering lebih cocok dijadikan makanan utama karena sifatnya yang tahan lama dan harganya yang bersahabat. Selain itu, makanan kering juga membuat kucing melatih gigi mereka serta membantu mencegah plak karena tidak menyisakan kotoran pada gigi kucing.

Anda dapat memberikan makanan basah apabila kucing butuh banyak asupan air atau saat daya gigitnya melemah. Untuk Anda yang khawatir dengan asupan air atau memiliki kucing yang telah melemah daya gigitnya (anak kucing maupun kucing tua), cobalah beri makanan basah. Selain kadar airnya cukup tinggi, makanan basah memiliki lebih banyak varian rasa dibanding makanan kering sehingga lebih efektif bila diberikan ke kucing yang sedang tidak nafsu makan.

Tidak hanya manusia, kucing juga akan bosan jika makan itu-itu saja. Kombinasikan makanan kering dan basah. Contohnya, jika Anda telah memberi makanan kering dari salmon, beri juga makanan basah dari ayam. Pilih kandungan utama yang berbeda supaya nutrisinya terpenuhi.

Lengkapi nutrisinya dengan snack

Untuk kucing yang sedang tidak nafsu makan, memberi snack atau makanan pendamping sangatlah dianjurkan. Snack juga bisa disajikan sebagai topping di makanan utamanya, lho. Selain itu, cocok juga untuk kucing yang sedang diet karena snack bisa melengkapi kebutuhan nutrisinya.

Disamping itu, Anda dapat menggunakan snack sebagai hadiah saat melatihnya. Jenisnya ada bermacam-macam, ada yang berbentuk potongan daging, snack kering, pasta, dan lainnya. Jadi, jangan lupa untuk selalu menyediakan snack di rumah Anda, ya!

Selalu pilih makanan yang aman

Memilih makanan yang aman adalah syarat utama. Carilah yang berkualitas untuk melindungi kesehatan kucing kesayangan Anda. Makanan yang mengandung protein hewani tinggi serta berkualitas merupakan yang terbaik. Kandungan utama dalam makanan kucing menentukan kualitasnya. Penting untuk memastikan pada labelnya apakah daging atau ikan yang menjadi bahan bakunya. Jika produsen menggunakan daging asli, maka mereka akan menuliskan keterangan yang jelas tanpa menggunakan istilah lain di kemasannya.

Ada beberapa merek yang memakai sisa-sisa produk olahan daging, dan mencantumkannya dengan embel-embel ‘by-product’ pada labelnya. Jika tertulis ‘ by-product’ berarti makanan tersebut terbuat dari bagian-bagian selain daging yakni tulang, jeroan, paruh, bulu, jengger, darah, atau ceker. Bukan hanya nilai gizinya yang rendah, kandungan tersebut juga sulit diserap tubuh sehingga dapat menyebabkan penyakit. Jadi, pilihlah makanan yang bahan utamanya berkualitas tinggi.

 

[Update: Almas]

Pos terkait