Daftar Harga Ukulele Mahalo (All Tipe)

No comment320 views

Apakah Anda seorang pemain dan ingin mencoba mendalami baru? Atau Anda seseorang yang baru ingin belajar ? Tak ada salahnya untuk mencoba ukulele, yang mirip seperti tetapi lebih kecil. Meskipun ukulele identik dengan Hawaii, ternyata alat musik ini dapat pula digunakan untuk aliran musik lainnya seperti Jazz maupun Pop.

Ilustrasi: gadis pemain ukulele

Ilustrasi: gadis pemain ukulele

Ukulele merupakan salah satu keluarga string instrument yang umumnya memiliki 4 senar. Jika dilihat dari bentuknya, maka dapat dikatakan ukulele ini merupakan gitar kecil. Berbeda dari gitar, ukulele memiliki tuning sendiri. Ukurannya yang kecil dan mudah dibawa-bawa merupakan salah satu keunggulan ukulele dibandingkan alat musik lainnya seperti piano dan gitar. Namun, ternyata ukulele memiliki beberapa jenis dan yang berbeda sehingga membuat pemula sulit untuk memilih.

Jenis-jenis ukulele

Berdasarkan ukurannya, ukulele dapat dibedakan menjadi 4 jenis, yakni soprano, concert, tenor, baritone, dan bass. Selain berbeda ukuran, jenis ukulele yang berbeda juga memiliki tuning yang berbeda. Jenis soprano, concert, dan tenor memiliki tuning yang sama yaitu G-C-E-A. Sedangkan jenis baritone dan bass memiliki tuning sendiri. Pilihlah jenis ukulele yang sesuai dengan karakter Anda.

Soprano

Tipe soprano merupakan ukulele yang paling kecil dengan ukuran fingerboard 35 cm. Karena ukurannya yang kecil, tipe ini sangat mudah untuk dibawa ke mana pun Anda mau. Ukulele ini sangat cocok untuk Anda yang memiliki jari-jari tangan yang kecil. Jika dibandingkan dengan jenis lainnya, ukulele soprano ini sangat direkomendasikan bagi Anda, para pemula yang ingin memulai belajar ukulele.

Baca juga  Harga Kuas Cat Air (Semua Tipe dan Merek)

Concert

Ukulele dengan fingerboard berukuran 38 cm ini merupakan pilihan terbaik untuk Anda yang memiliki jari-jari tangan yang lebih besar. Dengan ukuran fingerboard yang lebih panjang dapat memudahkan Anda mengatur pitch. Tipe ini merupakan tipe yang paling banyak digunakan.

Beberapa jenis ukulele, dari kiri - soprano, concert, tenor, baritone (sumber: guitarnoise.com)

Beberapa jenis ukulele, dari kiri - soprano, concert, tenor, baritone (sumber: guitarnoise.com)

Tenor

Jika Anda ingin memainkan ukulele pada area yang lebih luas, tipe ukulele ini sangat cocok untuk Anda. Ukuran badan tenor yang besar membantu menghasilkan suara yang lebih kuat. Dengan ukuran fingerboard 43 cm membuat Anda dapat memainkan pitch dengan lebih stabil.

Baritone

Baritone merupakan ukulele dengan tuning yang sama dengan gitar yaitu D-G-B-E’, tetapi memiliki ukuran fingerboard yang lebih kecil yaitu sekitar 50 cm. Tipe ini merupakan ukulele yang paling sedikit dimainkan jika dibandingkan dengan 3 tipe ukulele lainnya.

Bass

Ukulele bass merupakan sebuah alat musik baru yang berbeda dari ukulele biasanya. Ide ukulele bass pertama kali dicetuskan oleh sebuah perusahaan kecil, Road Toad. Pada tahun 2007, Road Toad bekerja sama dengan Kala, salah satu pembuat ukulele tersohor, membuat ukulele bass dengan harga yang terjangkau. Ukulele bass memiliki ukuran sebesar baritone tetapi dengan suara bass tentunya dengan tuning E-A-D’-G’.

Baca juga  Info Terbaru Biaya Les Musik di Tempat Kursus

Pemilihan

Kualitas suara alat musik dengan senar bergantung pada material kayu yang digunakan. Jenis kayu yang berbeda akan menghasilkan bunyi yang berbeda pula. Untuk itu, penting sekali memastikan material yang tepat dalam memilih ukulele yang sesuai untuk Anda. Berikut beberapa jenis material kayu yang biasa digunakan untuk ukulele.

Detail bodi ukulele (sumber: gotaukulele.com)

Detail bodi ukulele (sumber: gotaukulele.com)

Mahoni

Ketersediaannya yang melimpah dan mudah diproses membuat kayu ini banyak digunakan untuk berbagai alat musik termasuk ukulele. Dengan jenis kayu ini membuat ukulele menghasilkan suara yang lembut dan cocok untuk segala jenis musik. Selain itu, ukulele dengan kayu mahoni memiliki harga yang sangat terjangkau.

Hawaiian core

Anda ingin memainkan ukulele dengan suara musik Hawaii yang autentik? Material ini adalah pilihan yang sangat tepat. Sayangnya, karena ketersediaannya yang terbatas, membuat ukulele dengan material ini memiliki harga yang sangat mahal.

Kayu mangga

Anda menginginkan ukulele Anda berbeda dari orang lain? Material ini sangat cocok untuk Anda! Dengan karakteristik pola yang berbeda-beda pada kayu ini membuat alat musik Anda memiliki pola yang unik tiada duanya. Selain itu, material ini menghasilkan suara yang lembut dan “renyah” sehingga sangat cocok untuk berbagai jenis musik yang akan Anda mainkan dengan ukulele.

Merk Ukulele Mahalo

Salah satu ciri khas ukulele merk Mahalo  ini adalah bentuknya yang sangat tradisional dan unik. Perpaduan material kayu, rosewood pada fingerboard dan mahoni pada badan ukulele, menghasilkan suara yang sangat menyentuh jiwa. Peg yang dilapisi oleh emas membuat ini semakin menarik.

Merek ukulele Mahalo (sumber: gotaukulele.com)

Merek ukulele Mahalo (sumber: gotaukulele.com)

Anda bingung memilih tutorial bermain ukulele yang baik? Tenang saja, setiap pembelian ukulele Mahalo dilengkapi dengan video tutorial. Video tutorial yang disediakan dapat membantu Anda berlatih sebagai pemula tanpa perlu repot mencarinya di jejaring sosial. Model yang satu ini juga cocok untuk Anda yang suka desain unik dan sederhana.

Baca juga  Update Info Spesifikasi & Harga Aquarium Nisso NS-19ML

Harga Ukulele Mahalo

Ukulele Mahalo biasa dijual dengan harga yang beragam, sesuai tipe. Namun, harga ukulele merek ini dibanderol dengan harga yang cukup terjangkau berkisar mulai Rp350 ribu hingga Rp1,4 jutaan. Misalnya untuk seri Mahalo U-320P Deluxe Pineapple ditawarkan seharga Rp550.000. Berikut daftar harga ukulele Mahalo yang ada di .

Nama ProdukHarga
Mahalo Kahiko K Series K10TRD M1Rp350.000
Mahalo Ukulele MR-1Rp420.000
Mahalo R1-TBR Rainbow R Series Rp420.000
Mahalo A1DA-WT Art Dalmantion Rp490.000
Mahalo Art Hibiscus D1HB-BUBRp490.000
Mahalo Ukulele SmileRp490.000
Mahalo Ukulele Pineapple Shape Rp550.000
Mahalo Ukulele U Heart Rp1.349.000

Untuk memilih alat musik yang tepat, cobalah untuk memainkannya saat Anda berada di toko musik. Dengan memainkan alat musik, Anda dapat menemukan yang Anda inginkan seperti kualitas suara, kenyamanan dalam bermain, berat alat musik, dan lain-lain. Ukulele merupakan alat musik yang harus Anda pegang, sangat penting untuk Anda mencoba memainkannya saat memilih.

loading...
author
Mengetahui harga-harga, dan mengikuti dinamikanya adalah proses mengasah kecerdasan finansial. Be Smart!

Leave a reply "Daftar Harga Ukulele Mahalo (All Tipe)"