Info Terbaru Harga Ukulele Mahalo (Semua Tipe)

Apakah Anda seorang pemain musik dan ingin mencoba mendalami alat musik baru, atau Anda seseorang yang baru ingin belajar alat musik? Tak ada salahnya untuk mencoba alat musik ukulele, yang mirip seperti tetapi lebih kecil. Ada banyak merk yang dapat Anda pilih, salah satunya Mahalo yang dijual dengan harga relatif terjangkau.

Ukulele (pexels: Mikhail Nilov)
Ukulele (pexels: Mikhail Nilov)

Anda mungkin sudah tidak asing lagi dengan ukulele. Sering pula disebut baby guitar, ukulele adalah instrumen musik seperti gitar, hanya saja punya ukuran yang lebih sehingga praktis dibawa ke mana saja dan biasanya memiliki empat senar.[1] Konon, alat ini ditemukan di Hawaii pada tahun 1879 setelah dibawa oleh para pendatang atau imigran dari Portugis.[2]

Bacaan Lainnya

Berdasarkan ukurannya, ukulele dapat dibedakan menjadi empat jenis, yakni soprano, concert, tenor, baritone, dan bass. Selain berbeda ukuran, jenis ukulele yang berbeda juga memiliki tuning yang berbeda. Jenis soprano, concert, dan tenor memiliki tuning yang sama, yaitu G-C-E-A. Sementara, jenis baritone dan bass memiliki tuning sendiri. Pilihlah jenis ukulele yang sesuai dengan karakter Anda.

Jenis Ukulele

  • Tipe soprano merupakan ukulele yang paling dengan ukuran fingerboard 35 cm. Karena ukurannya yang kecil, tipe ini sangat mudah untuk dibawa ke manapun Anda mau. Ukulele ini sangat cocok untuk Anda yang memiliki jari-jari yang kecil. Jika dibandingkan dengan jenis lainnya, ukulele soprano ini sangat direkomendasikan bagi Anda, para pemula yang ingin memulai belajar ukulele.
  • Ukulele dengan fingerboard berukuran 38 cm ini merupakan pilihan terbaik untuk Anda yang memiliki jari-jari yang lebih besar. Dengan ukuran fingerboard yang lebih panjang, dapat memudahkan Anda mengatur pitch. Tipe ini merupakan tipe yang paling banyak digunakan.
  • Jika Anda ingin memainkan ukulele pada area yang lebih luas, tipe ukulele ini sangat cocok untuk Anda. Ukuran badan tenor yang besar membantu menghasilkan suara yang lebih kuat. Dengan ukuran fingerboard 43 cm, membuat Anda dapat memainkan pitch dengan lebih stabil.
  • Baritone merupakan ukulele dengan tuning yang sama dengan gitar, yaitu D-G-B-E, tetapi memiliki ukuran fingerboard yang lebih kecil, yaitu sekitar 50 cm. Tipe ini merupakan ukulele yang paling sedikit dimainkan jika dibandingkan dengan 3 tipe ukulele lainnya.
  • Ukulele bass merupakan sebuah alat musik baru yang berbeda dari ukulele biasanya. Ide ukulele bass pertama kali dicetuskan oleh sebuah perusahaan kecil, Road Toad. Pada tahun 2007, Road Toad bekerja sama dengan Kala, salah satu pembuat ukulele tersohor, membuat ukulele bass dengan harga yang terjangkau. Ukulele bass memiliki ukuran sebesar baritone tetapi dengan suara bass tentunya dengan tuning E-A-D-G.
Baca juga  Info Terkini Harga Keyboard Yamaha PSR S500 (Baru dan Bekas)

Kualitas suara alat musik dengan senar bergantung pada material kayu yang digunakan, demikian juga dengan ukulele. Jenis kayu yang berbeda akan menghasilkan bunyi yang berbeda pula. Untuk itu, penting sekali memastikan material yang tepat dalam memilih ukulele yang sesuai untuk Anda. Berikut beberapa jenis material kayu yang biasa digunakan untuk ukulele.

Berbagai jenis ukelele (sumber: guitarnoise.com)
Berbagai jenis ukelele (sumber: guitarnoise.com)

Material Ukulele

  • Ketersediaannya yang melimpah dan mudah diproses, membuat kayu ini sering digunakan untuk berbagai alat musik termasuk ukulele. Dengan jenis kayu ini, membuat ukulele menghasilkan suara yang lembut dan cocok untuk segala jenis musik. Selain itu, ukulele dengan kayu mahoni memiliki harga yang sangat terjangkau.
  • Hawaiian core. Anda ingin memainkan ukulele dengan suara musik Hawaii yang autentik? Material ini adalah pilihan yang sangat tepat. Sayangnya, karena ketersediaannya yang terbatas, membuat ukulele dengan material ini memiliki harga yang sangat mahal.
  • Kayu mangga. Anda menginginkan ukulele Anda berbeda dari orang lain? Material ini sangat cocok untuk Anda. Dengan karakteristik pola kayu yang berbeda-beda, membuat alat musik Anda memiliki pola yang unik tiada duanya. Selain itu, material ini menghasilkan suara yang lembut dan “renyah” sehingga sangat cocok untuk berbagai jenis musik yang akan Anda mainkan dengan ukulele.
Baca juga  Info Karakteristik & Harga Ikan Koki Ranchu

Keunggulan Ukulele Mahalo

Dari sekian brand ukulele di pasaran, salah satu yang punya ciri khas ukulele adalah merk Mahalo, Produk ini lain karena bentuknya yang sangat tradisional dan unik. Perpaduan material kayu, rosewood pada fingerboard, dan mahoni pada badan ukulele, menghasilkan suara yang sangat menyentuh jiwa. Peg yang dilapisi oleh emas membuat instrumen ini semakin menarik.

Anda bingung memilih tutorial bermain ukulele yang baik? Tenang saja, setiap pembelian ukulele Mahalo biasanya sudah dilengkapi dengan video tutorial. Video tutorial yang disediakan dapat membantu Anda berlatih sebagai pemula tanpa perlu repot mencarinya di jejaring sosial. Model yang satu ini juga cocok untuk Anda yang suka desain unik dan sederhana.

Ukulele Mahalo biasa dijual dengan harga yang beragam, sesuai tipe. Namun, secara umum, ukulele merek ini dibanderol dengan harga yang cukup terjangkau, mulai ratusan ribu rupiah saja per unit. Nah, untuk Anda yang penasaran dengan instrumen musik ini, berikut kami sajikan informasi terbaru harga ukulele Mahalo di pasaran dalam negeri.

Baca juga  Update Harga Kucing Munchkin (Jantan & Betina)

Harga Ukulele Mahalo

Ukulele Mahalo (sumber: carousell.com)
Ukulele Mahalo (sumber: carousell.com)
Varian Ukulele Mahalo Harga Tahun 20 Harga Tahun 2022
Mahalo Kahiko K Series K10TRD M1 Rp250.000 Rp275.000
Mahalo Ukulele MR-1 Rp420.000 Rp450.000
Mahalo R1-TBR Rainbow R Series Rp420.000 Rp472.000
Mahalo Ukulele MA1HE-BK Rp450.000 – Rp618.000 Rp618.000
Mahalo Ukulele MD1HB-BUB Rp490.000 – Rp588.000 Rp689.000
Mahalo Ukulele MA1DA Rp490.000 – Rp760.000 Rp760.000
Mahalo A1DA-WT Art Dalmantian Rp520.000 Rp550.000
Mahalo Ukulele Smile Rp520.000 Rp6.000
Mahalo Ukulele MJ1-1BR Rp590.000 Rp700.000
Mahalo Ukulele Pineapple Shape Rp590.000 – Rp885.000 Rp722.000
Mahalo Ukulele Baritone U320B Rp865.000 – Rp890.000 Rp890.000
Mahalo Ukulele MJ1VT-TBR Electric Rp990.000 – Rp1.188.000 Rp1.255.000

Harga ukulele Mahalo di atas tidak terikat dan bisa berubah sewaktu-waktu. Jika dibandingkan dengan tahun 2020, harga ukulele Mahalo tahun 20 mengalami penurunan, tetapi naik di tahun 2022. Sebagai contoh, Mahalo Kahiko K Series K10TRD M1 yang dibanderol Rp350.000 di tahun 2020, turun menjadi Rp250.000 tahun 2021, tetapi naik menjadi Rp275.000 di tahun 2022.

Untuk memilih alat musik yang tepat, cobalah untuk memainkannya saat Anda berada di toko musik. Dengan memainkan alat musik, Anda dapat menemukan yang Anda inginkan seperti kualitas suara, kenyamanan dalam bermain, berat alat musik, dan lain-lain. Ukulele merupakan alat musik yang harus Anda pegang, sehingga sangat penting untuk Anda mencoba memainkannya saat memilih.

[Update: Almas]

[1] Nugraha, Muhammad Ridwan. 2015. Upaya Peningkatan Musikal pada Alat Musik Ukulele Bagi Siswa V di SDN 1 Cikeusi Sumedang (Skripsi). Program Studi Seni Musik Fakultas Ilmu Seni dan Sastra Universitas Pasundan Bandung.

[2] Ibid.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.