Daftar Harga Termometer Air Raksa & Digital di Pasaran

Dalam pengukuran suhu tubuh, beberapa orang mungkin masih memakai cara-cara tradisional seperti memegang kening atau leher. Padahal sudah ada yang mampu mengukur suhu tubuh secara lebih akurat, yakni termometer. Jenis termometer yang dikenal untuk mengukur suhu tubuh manusia ada 2, yakni termometer air raksa dan termometer . Termometer air raksa adalah termometer yang menggunakan air raksa atau merkuri sebagai cairan pengisinya. Nilai suhu pengukuran ditampilkan lewat naiknya air raksa hingga ke batas angka tertentu. Anda bisa mengetahui nilainya dengan melihat angka yang dicapai oleh air raksa pada pipa kapiler.

Termometer Air Raksa - www.bukalapak.com

Termometer Air Raksa - www.bukalapak.com

Apabila suhu panas, air raksa akan memuai sehingga kita akan melihat air raksa pada tabung kaca naik dan pada suhu turun, maka air raksa akan tetap berada pada posisi ketika suhu panas. Hal tersebut disebabkan karena adanya kontraksi yang menghambat air raksa untuk kembali ke keadaan semula. Oleh sebab itu, apabila Anda ingin mengembalikan air raksa ke posisi datar, maka Anda harus mengibas-ngibaskan termometer tersebut. Waktu yang dibutuhkan untuk pengukuran suhu menggunakan termometer air raksa memang cukup lama, yakni antara 3-5 menit.

Termometer air raksa menawarkan kelebihan utama dari termometer digital, yakni yang relatif lebih murah dan mudah ditemui di mana saja. Akan tetapi, karena harganya murah, maka termometer air raksa pun punya beberapa kekurangan atau kelemahan dibandingkan termometer digital, misalnya saja hasil pengukurannya yang relatif lebih lama, tidak adanya alarm penanda apabila proses pengukuran suhu selesai, tidak bisa dipakai untuk mengukur suhu yang rendah, selain itu air raksa adalah zat yang berbahaya, sehingga apabila terjatuh dan pecah akan cukup berbahaya bagi orang-orang di sekitarnya.

Sementara itu, untuk termometer digital pada dasarnya memiliki yang hampir sama seperti termometer air raksa, yakni sama-sama berfungsi mengukur suhu. Bedanya, pada termometer digital pembacaan nilai suhu ditampilkan secara langsung dalam bentuk angka yang tertera pada display atau layar kecil di termometer digital.

Kemudian pada termometer digital memakai sensor suhu berupa logam yang nantinya akan memuai dan pemuaiannya tersebut yang kemudian diterjemahkan oleh rangkaian elektronik dan ditampilkan dalam bentuk angka yang bisa langsung terbaca. Dari segi , termometer digital memang lebih canggih dari termometer air raksa.

Termometer Digital - lonlon.info

Termometer Digital - lonlon.info

Umumnya termometer digital dilengkapi dengan memori yang bisa menyimpan data suhu yang sudah pernah diukur, sehingga Anda bisa membandingkan suhu tubuh yang diukur sebelumnya dan sesudah meminum obat misalnya. Dengan demikian, Anda tak menghafal atau sampai harus mencatat secara manual hasil pengukuran suhu tubuh dengan termometer. Yang lebih mantap lagi, hasil pengukuran dengan termometer digital bisa diketahui dalam kurun waktu yang relatif singkat, yakni 1 detik, 10 detik, hingga 60 detik saja.

Selain itu, termometer digital punya kelebihan lain seperti beberapa desainnya yang fleksibel, sehingga lebih mudah digunakan untuk bayi dan anak-anak, kemudian terdapat fitur alarm jika pengukuran suhu selesai. Sayangnya dengan sederet fitur canggih tersebut mengakibatkan harga termometer digital pun lebih mahal daripada termometer air raksa. Agar tidak penasaran, berikut ini harga termometer air raksa dan digital di pasaran saat ini.

Daftar Harga Termometer Air Raksa

Merek & Termometer Air RaksaHarga (Rp)
Termometer Air Raksa Corona8.000
Termometer Air Raksa Gea9.000
Termometer Air Raksa Safety12.000
Thermometer Air Raksa Lotus15.000
Termometer Air Raksa GP Care15.000
Termometer Air Raksa General Care25.000
Termometer Air Raksa Flexytemp26.752
Termometer Air Raksa 0-50 derajat celsius29.000
Termometer Air Raksa Range 200 derajat celsius44.000
Termometer Air Raksa 0-360 derajat celsius50.000

Daftar Harga Termometer Digital

Merek & Tipe Termometer DigitalHarga (Rp)
Termometer Digital SPR Fujito22.440
Termometer Digital Sharp Animal30.000
Termometer Digital GP Care31.775
Termometer Digital One Alpha 133.000
Termometer Digital Avico34.450
Termometer Digital Unimed34.800
Termometer Digital One Alpha 236.300
Omron Digital Thermometer MC-24538.016
Termometer Digital Magic Star (lentur)39.001
Termometer Digital Amcron Type MC 24546.464
Omron Digital Thermometer MC-24656.876
Omron Digital Thermometer MC-34166.528
Termometer Digital Kid Animal Anitemp OneMed75.075
Termometer Digital Beurer FT 0979.900
Termometer Digital Rossmax TG 10083.160
Laica Thermometer MD 6082100.000
Omron Digital Thermometer MC-343F103.208
Termometer Digital Microlife MT16FI103.950
Beurer Thermometer FT 15/1116.450
Termometer Digital Rossmax Qutie TG 380118.800
Beurer Thermometer FT 65615.400
Rossmax Thermometer Digital HA500Q847.000

Informasi daftar harga termometer air raksa dan termometer digital di atas didapatkan dari berbagai sumber yang ada di internet. Perlu diingat bahwa harga termometer air raksa dan termometer digital bisa mengalami perubahan sewaktu-waktu tanpa pemberitahuan sebelumnya. Selain itu, harga termometer air raksa dan termometer digital yang berlaku di setiap tempat kemungkinan bisa berbeda-beda, tergantung dari penawaran yang ada.

Apabila Anda sedang mencari termometer air raksa dan digital, sebaiknya belilah di apotik, toko-toko alat kesehatan (alkes), atau sebagainya. Namun sebaiknya untuk termometer air raksa sebaiknya jangan dibeli secara online. Meskipun memungkinkan, namun biasanya beberapa penjual online tak mengemas termometer air raksa secara baik, sehingga termometer air raksa yang Anda beli bisa saja bocor atau pecah dan tak bisa dipakai lagi. Jika ingin membeli termometer secara online, sebaiknya mintalah pihak penjual untuk mengemasnya dengan kardus dan bubble wrap yang tebal.

Baca juga  Harga Genset Kecil Daya 500 Watt, Portable & Murah
loading...
author
Pengamat produk dan harga komoditas. Saat ini tinggal di Kota Malang.

Leave a reply "Daftar Harga Termometer Air Raksa & Digital di Pasaran"