Info Terbaru Harga Tangga Besi Lipat di Pasaran

Keberadaan tangga lipat di setiap rumah memang penting. Walaupun tidak selalu dipakai, tangga lipat bisa sangat berguna untuk membenahi bagian atap yang bocor atau sekadar ingin memasang . Memiliki tangga lipat yang sifatnya portable bisa Anda pertimbangkan, terlebih karena harga tangga lipat saat ini cukup bervariasi, tergantung bahannya. Ada tangga lipat yang terbuat dari aluminium, plastik, hingga tangga lipat dari besi.

Keunggulan Tangga Besi Lipat

Ilustrasi: Seseorang Menaiki Tangga Besi Lipat (credit: The Home Depot)

Ilustrasi: Seseorang Menaiki Tangga Besi Lipat (credit: The Home Depot)

Dibandingkan tangga lipat yang berbahan dasar kayu, bambu, dan plastik, kebanyakan orang memilih tangga lipat aluminium dan besi, karena lebih kuat dan tidak mudah membuat tergelincir. Tangga lipat dari alumunium dan besi pada dasarnya sama-sama bagus dan fungsional. Namun umumnya, lebih banyak orang yang menyukai tangga besi dari aluminium karena lebih ringan. Padahal, tangga besi lipat juga memiliki banyak keunggulan.

Meskipun tangga besi lipat biasanya dijual dengan harga yang relatif lebih mahal dibandingkan tangga lipat aluminium, tangga besi dinilai memiliki tingkat ketahanan lebih kuat dan tidak mudah berkarat. Hal ini karena material besi yang sifatnya tahan air, tahan gores, dan lebih solid dibanding aluminium yang ringan.

Menurut beberapa orang, tangga besi juga tidak mudah patah apabila dipakai dalam jangka waktu yang lama dan mampu menahan berat tubuh dengan baik. Sehingga, pemakainya aman dan tidak mudah tergelincir. Hal ini terbilang cocok bagi Anda yang memiliki banyak kesibukan, seperti bekerja sebagai tukang.

Keunggulan lain tangga besi adalah pengunci dan engselnya. Tak seperti tangga aluminium yang biasanya menggunakan sekrup dan baut saja untuk menyambungkan pengunci dan engsel, tangga besi lipat juga dilengkapi dengan peer dan karet. Hal ini berfungsi untuk melindungi sekrup dan baut supaya tidak mudah berkarat dan rusak. Selain itu, dengan adanya pengunci dan karet, Anda tidak perlu mengeluarkan banyak tenaga saat melipatnya.

Varian Tangga Besi Lipat

Sebelum memutuskan untuk membeli tangga besi lipat, Anda perlu mengetahui bahwa varian tangga besi lipat di luar sana ada banyak. Biasanya variannya dibedakan berdasarkan jumlah anak tangga (step) dan tinggi. Ada tangga lipat besi dengan ketinggian 0,5 m hingga 2 m dengan anak tangga berjumlah 2 hingga 6. Anda bisa menyesuaikan ukuran tangga besi lipat dengan kebutuhan. 

Untuk tangga besi lipat dengan ukuran 0,5 m hingga 1 m, biasanya dipakai untuk keperluan memasang paku, hiasan dinding, memasang lampu, dan mengambil di lemari dinding. Sementara itu, tangga dengan ukuran lebih tinggi dan , biasanya dipakai untuk keperluan outdoor seperti memasang lampu jalan.

Selain itu, model tangga lipat besi berbeda-beda. Ada tangga lipat besi yang bentuknya mirip dengan bangku atau kursi dengan anak tangga, ada tangga lipat berbentuk segitiga yang sangat umum, dan ada juga tangga lipat besi dengan bentuk seperti huruf H. Khusus untuk tangga lipat besi seperti ini, biasanya dijadikan sebagai pijakan untuk keperluan pertukangan, seperti mengecat plafon, memasang kabel, dan memasang kaca. 

Tangga lipat besi

Tangga lipat besi

Sementara itu, jika Anda yang mencari tangga besi lipat untuk keperluan rumah tangga, seperti memasang paku, membuat jemuran baju, dan membersihkan kaca, Anda bisa memilih tangga biasa dengan bentuk segitiga atau seperti bangku kecil. Meskipun tidak terlalu tinggi, tetapi pas untuk pekerjaan rumah seperti itu.

Supaya lebih aman saat mengerjakan pekerjaan dengan bantuan tangga besi lipat, pilihlah tangga yang dilengkapi karet di bagian kakinya. Memang, keamanan menjadi nomor satu saat Anda menggunakan perkakas berat seperti ini dan Anda tidak hanya perlu memperhatikan bentuk dan ketinggian tangga.

Karet pada bagian kaki tangga berfungsi sebagai penahan supaya tangga tidak bergeser saat dinaiki. Biasanya, karet yang dipasang berwarna hitam dan sekilas mirip dengan karet ban. Meskipun begitu, bantalan karet ini membuat tangga menjadi lebih aman dipakai. Tak hanya itu, karet ini berguna untuk melindungi lantai di rumah Anda supaya tidak pecah saat Anda menaiki tangga di ruang berkeramik, apalagi jika Anda suka menggeser tangga. Sebagai referensi, berikut ini daftar harga berbagai merk tangga besi lipat di pasaran.

Harga Tangga Besi Lipat

 

Baca juga  Update Kisaran Harga Cetak Poster Ukuran A2 & A3
Merk Tangga Besi LipatHarga
Inotech Tangga Besi Lipat Astro AT 150Rp330.000
Ladder Tangga Besi Lipat dengan 2 Anak TanggaRp420.000
Krisbow Tangga Besi Lipat dengan 2 Anak TanggaRp449.000
Krisbow Tangga Besi Lipat dengan 3 Anak TanggaRp649.000
Dalton Tangga Lipat Besi dengan 3 Anak Tangga Ada Pegangan TanganRp650.000
Dalton Tangga Lipat Besi dengan 4 Anak Tangga Ada Pegangan TanganRp845.000
Denko Tangga Lipat Besi Ukuran 1,54 Meter 5 StepRp878.000
Denko Tangga Lipat Besi Ukuran 1,8 Meter 6 StepRp1.300.000

Daftar harga tangga besi lipat di atas didapat dari berbagai sumber yang ada di internet. Jika dibandingkan dengan tahun sebelumnya, harga tangga besi lipat saat ini ada yang naik dan turun. Sebagai contoh, Inotech tangga besi lipat Astro AT 150 yang awalnya dibanderol Rp300 ribu, naik menjadi Rp330 ribu. Sementara itu, Krisbow tangga besi lipat dengan 2 anak tangga yang awalnya dijual dengan harga Rp490 ribu, turun menjadi Rp449 ribu.

Tangga lipat dari bahan besi bisa Anda beli di berbagai toko bangunan terdekat. Jika membeli tangga besi lipat baru ternyata menurut Anda terlalu mahal, maka tidak ada salahnya untuk membeli tangga lipat kondisi bekas alias second. Biasanya banyak orang yang menjual tangga lipat kondisi seken yang masih pakai di situs-situs jual beli online.

[Update: Almas]

Baca juga  Update Harga Hadroh Satuan (Gresik dan Jepara)
author
Pengamat produk dan harga komoditas. Saat ini tinggal di Kota Malang.

Leave a reply "Info Terbaru Harga Tangga Besi Lipat di Pasaran"