Update Harga Susu Nutrilon untuk Bayi 6-12 Bulan

Ada beberapa ibu yang merasa produksi air susunya sedikit, sehingga terpaksa menambahkan susu formula untuk buah hatinya. Di pasaran sendiri, telah banyak merk susu formula yang hadir untuk memenuhi kebutuhan konsumennya, salah satunya Nutrilon untuk bayi 6-12 bulan, dengan relatif terjangkau.

Display beberapa varian Susu Nutrilon di supermarket (shorthand.com)
Display beberapa varian Susu Nutrilon di supermarket (shorthand.com)

Varian Susu Nutrilon

Nutrilon merupakan merek salah satu produk susu formula untuk bayi yang diproduksi oleh terkenal asal Belanda, Nutricia. Perusahaan ini telah memproduksi sejumlah susu formula yang disesuaikan dengan kebutuhan dan usia bayi, mulai dari Nutrilon 1 untuk bayi usia 0-6 bulan, Nutrilon 2 untuk bayi usia 6-12 bulan, Nutrilon 3 untuk anak usia 1-3 tahun, hingga Nutrilon 4 untuk balita usia 3-6 tahun. Kebanyakan produk Nutrilon menyediakan susu formula dalam kemasan box atau kaleng berisi mulai dari 350 gram, 400 gram, 700 gram, hingga 800 gram.

Bacaan Lainnya

Selain itu, Nutrilon juga memiliki beberapa jenis produk yakni Nutrilon, Nutrilon Gold, Nutrilon Royal, dan Nutrilon Soya. Kandungan masing-masing susu formula tersebut nyaris tidak memiliki perbedaan, hanya terletak pada takaran kandungan nutrisi dan yang dibanderol pada masing-masing jenis produk. Nutrilon Royal tergolong produk paling mahal dengan takaran kandungan nutrisi yang lebih tinggi dibandingkan Nutrilon Gold maupun Nutrilon.

Hanya susu Nutrilon Soya yang sangat berbeda kandungannya dibandingkan produk Nutrilon lain, karena terbuat dari susu kedelai dan bukan susu sapi. Nutrilon Soya diciptakan untuk menjawab kebutuhan konsumen yang alergi dengan susu sapi, bebas laktosa, bebas protein susu sapi, mengandung omega 3 dan omega 6, serta tambahan kalsium maupun fosfor.

Baca juga  Info Terbaru Harga & Pilihan Warna Lipstik Silky Girl (All Varian)

Susu formula Nutrilon mengunggulkan kandungan Prebiotik FOS (Frukto Oligosakarida) dan GOS (Galakto Oligosakarida) yang disebut-sebut fokus pada nutrisi lengkap untuk kesehatan saluran cerna dan tumbuh kembang optimal pada bayi. Manfaat FOS dan GOS adalah merangsang tumbuh kembang bakteri baik, menekan perkembangan dan pertumbuhan bakteri buruk (patogen), meningkatkan pertahanan dinding usus, dan mencegah terjadinya infeksi. Dengan demikian, bayi yang mengonsumsi susu formula Nutrilon ini akan mengeluarkan feses yang nyaris tidak berbeda dengan bayi yang mengonsumsi ASI (Air Susu Ibu). Selain itu, bayi diharapkan tidak mudah dan diare.

Nah, untuk keperluan nutrisi pada bayi usia 6-12 bulan, Nutrilon menyediakan beberapa produk seperti Nutribaby 2, Nutribaby Royal 2, dan Nutribaby Soya 2. Nutribaby 2, yang merupakan susu formula lanjutan, diklaim mengandung Prebiotik FOS & GOS untuk mempertahankan fungsi pencernaan bayi, karbohidrat, lemak, protein, 12 & 9 mineral untuk tumbuh kembang bayi, dan bebas dari penambahan sukrosa. Susu ini akan memberikan asupan pendamping yang sangat baik kepada bayi agar tumbuh kembangnya dapat terjaga dengan baik. Susu ini dikemas dalam dua kemasan, yakni 400 gram dan 800 gram.

Sementara itu, Nutrilon Soya 2 adalah formula lanjutan yang dibuat dengan isolat protein kedelai, untuk membantu memenuhi kebutuhan gizi bayi Anda apabila dipakai sesuai dengan anjuran yang diberikan. Nutribaby Soya 2 diformulasikan untuk bayi usia 6-12 bulan dengan indikasi intoleran terhadap laktosa atau protein susu sapi atau yang menderita galaktosemia

Baca juga  Info Terbaru Harga Vacuum Cleaner Sanyo (AQUA Japan) 350 Watt dan 480 Watt

Susu formula bebas laktosa ini dianggap aman untuk bayi/anak yang sedang menderita diare atau memerlukan diet bebas laktosa. Soya menggunakan isolat protein kedelai sebagai bahan dasar. Isolat protein kedelai tersebut memiliki kandungan protein tinggi yang setara dengan susu sapi.

Varian Susu Nutrilon 2 (instagram: @milkonogo)
Varian Susu Nutrilon 2 (instagram: @milkonogo)

Seperti halnya pada ASI, kalsium dan fosfor pada susu formula soya memiliki perbandingan 2:1 untuk menunjang pembentukan tulang dan gigi yang kuat. Susu formula ini juga ada yang mengandung asam lemak esensial, yaitu Omega 6 dan Omega 3 dengan rasio yang tepat sebagai bahan dasar pembentukan AA & DHA untuk tumbuh kembang otak yang optimal. 

Karbohidrat pada formula soya adalah maltodextrin, yaitu sejenis karbohidrat yang dapat ditoleransi oleh sistem pencernaan bayi yang mengalami kerusakan saat mengalami diare ataupun oleh sistem pencernaan bayi yang memang alergi terhadap susu sapi. Susu formula soya kurang lebih sama manfaat nutrisinya dibandingkan formula hidrolisat ekstensif. Hal ini terbukti dari meta-analisis perbandingan gizi antara formula soya dibanding formula pHF (HA) dan eHF ternyata tidak berbeda dalam tumbuh kembang bayi.

Sementara itu, Nutrilon Nutribaby Royal 2 merupakan susu formula lanjutan pendamping untuk bayi yang disarankan oleh dokter atau ahli medis lainnya. Sama seperti jenis yang sebelumnya, susu ini juga terdiri atas kemasan 400 gr dan 800 gr. Berikut daftar susu Nutrilon yang diformulasikan untuk bayi usia 6-12 bulan.

Baca juga  Update Harga Susu Frisian Flag Baby (Semua Ukuran)

Susu Nutrilon Usia 6-12 Bulan

Varian Susu Nutrilon
Susu Nutrilon Nutribaby 2 Royal Plain 400 gram Rp101.000
Susu Nutrilon Nutribaby Royal 2 Soya 350 gram Rp103.000
Susu Nutrilon Nutribaby Royal 2 Soya 700 gram Rp244.400
Susu Nutrilon Nutribaby 2 Royal Plain 800 gram Rp263.300

Jika dibandingkan penawaran sebelumnya, susu Nutrilon 2 Royal di pasaran saat ini terpantau fluktuatif. Misalnya, susu Nutrilon Nutribaby 2 Royal Plain 800 gr yang semula dijual seharga Rp235.000, sekarang naik menjadi Rp263.300. Berbeda dengan harga Nutrilon Nutribaby Royal 2 Soya 350 gr yang justru turun dari Rp113 ribu menjadi Rp103 ribu.

Perlu Anda ketahui, susu Nutrilon di atas telah kami rangkum dari berbagai macam sumber termasuk situs jual beli online. Harga susu Nutrilon tersebut tidak terikat dan dapat berubah sewaktu-waktu. Beberapa produk mungkin Anda temukan di minimarket seperti Indomaret dan Alfamart dengan harga bersaing.

Susu untuk Bayi 6-12 Bulan - www.babycentre.co.uk
Susu untuk Bayi 6-12 Bulan – www.babycentre.co.uk

Pemberian susu formula memang perlu memperhatikan kategori susu sesuai usia. Bila usia anak enam bulan, maka diberikan susu khusus 6-12 bulan. Yang diberikan bisa berupa susu formula biasa, karena anak kurang dari satu tahun tidak boleh mengonsumsi susu UHT dan pasteurisasi. Kecuali dalam keadaan khusus seperti adanya alergi atau lactose intolerant, anak bisa diberikan susu anak alergi. Namun, lebih bijak dengan susu formula biasa, dalam kondisi bila ASI tidak keluar atau tidak cukup. 

[Update: Ditta]

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.