Update Daftar Harga Susu Bayi yang Bagus dan Murah di Pasaran untuk Berbagai Usia

Memilih susu yang bagus dan murah memang tak ubahnya seperti memilih jodoh, gampang-gampang sulit. Karena susu formula nantinya akan diberikan pada sang buah hati, maka Anda tak bisa memilih secara sembarangan. Meski terbaik untuk anak adalah susu ibu (ASI), pemberian susu formula terkadang memang tak terelakkan. Apalagi jika Anda mengalami kondisi tertentu seperti ASI yang kurang, atau kondisi-kondisi mendesak lainnya.

Bayi minum susu sendiri (sumber: takaski.com)

Bayi minum susu sendiri (sumber: takaski.com)

Untuk bayi yang baru lahir sebaiknya memang mengonsumsi ASI langsung dari ibunya, selain dapat membantu menjaga kekebalan tubuhnya, meminum ASI langsung dari payudara sang ibu juga bisa membantu bayi Anda membentuk kelekatan (bonding) secara emosional dengan ibunya. Pemberian ASI eksklusif ini bisa diberikan hingga 6 bulan. Setelah lewat masa pemberian ASI eksklusif, Anda bisa memberikan pendamping ASI berupa susu formula atau MPASI yang berbentuk lunak dan mudah dicerna.

Pemberian susu formula sebagai pendamping ASI diklaim bisa menawarkan beragam , misalnya memperkuat tulang, mengurangi risiko osteoporosis di usia lanjut, membantu proses pertumbuhan, membantu meningkatkan kecerdasan anak, memperbaiki sistem kekebalan tubuh anak, dan masih banyak lagi positif lainnya.

Di pasaran ada banyak sekali susu formula untuk bayi yang biasanya diklasifikasikan ke dalam beberapa rasa, usia, dan kebutuhan tertentu. Beberapa susu formula biasanya membagi produk mereka menjadi beberapa rentang umur, misalnya 0-6 bulan, 6-12 bulan, 1-3 tahun, dan sebagainya.

Harga yang dipatok untuk masing-masing merek produk susu formula pun sangat bervariasi, ada yang hanya beberapa puluh ribuan saja hingga yang harganya cukup mahal mencapai ratusan ribu rupiah. Anda bisa memilih sendiri susu formula mana yang sekiranya paling baik dan sesuai dengan anggaran Anda. Sebagai bahan pertimbangan, berikut ini kami sajikan harga beberapa produk susu bayi yang dikenal bagus dan harganya relatif murah di pasaran.

Daftar Harga Susu Bayi Usia 0-6 Bulan

Merek Susu Harga
Vidoran My Baby Milk Rp37.500
Frisian Baby Tahap Awal Rp43.000
SGM Ananda Presinutri Rp76.000
Lactogen Rp97.000
Bayi minum susu (sumber: today.com)

Bayi minum susu (sumber: today.com)

Daftar Harga Susu Bayi Usia 6-12 Bulan

Merek Susu Harga
SGM Ananda Presinutri 2Rp33.000
Bebelove 2 Rp62.000
Frisian Flag Langkah 6-12 bulan Rp74.000
Chil Mil Reguler Rp75.000
Nutribaby 2 Rp84.000
S26 Promil Rp94.000
Anmum Infacare 2 Rp96.000
Similac Tahap 2 Rp125.000

Daftar Harga Susu Batita Usia 1-3 Tahun

Merek Susu Harga
SGM Eksplor 1 Plus Rp34.000
Frisian Flag Jelajah SUPRIMA Rp40.000
Lactogen 3Rp43.000
Vidoran Xmart 1+ Rp45.000
Sustagen Junior 1+ Rp56.000
Bebelac 3Rp58.000
Advanced Excelnutri+ 1 Rp60.000
Nutrilon 3Rp75.000
Curcuma Plus Rp85.000
Isomil Plus Advance Soya Rp112.000
S26 Procal GoldRp120.000
Susu bayi dalam botol (sumber: foxnews.com)

Susu bayi dalam botol (sumber: foxnews.com)

Daftar harga susu bayi di atas merupakan rangkuman dari berbagai sumber yang ada di internet. Dengan merangkum daftar beberapa merek susu formula bukan berarti kami mengatakan bahwa susu bayi selain merek di atas jelek. Susu formula merek lainnya juga sama-sama mengusung keunggulan masing-masing, namun di beberapa toko atau swalayan biasanya harga susu formula tersebut bisa lebih mahal. Bagaimanapun untuk mengetahui susu bayi yang bagus atau tidak adalah dengan memperhatikan apakah bayi Anda cocok atau tidak meminum susu tersebut.

Pemilihan susu bayi yang bagus bukan hanya perkara suatu merek merupakan merek mahal atau tidak, terkenal atau tidak, dan faktor-faktor lainnya. Pasalnya terkadang ada beberapa merek susu bayi yang lebih murah namun ternyata kualitasnya tidak kalah baik dengan merek-merek yang lebih mahal.

Hal pertama yang harus Anda perhatikan saat memilih susu bayi adalah komposisi atau nutrisi di dalamnya, apakah produk susu formula tersebut sudah terdaftar di BPOM atau tidak, halal atau tidak, dan apakah susu tersebut menimbulkan alergi terhadap bayi Anda atau tidak. Anda perlu cermat memperhatikan apakah bayi Anda alergi terhadap susu sapi (intoleransi laktosa) atau tidak. Jika memang alergi laktosa, maka Anda bisa memilih alternatif susu bayi yang mengandung kedelai (soya) atau susu-susu formula yang rendah dan bebas laktosa.

Susu bayi yang terbaik bagi anak Anda seharusnya adalah produk yang tidak menimbulkan gangguan pada saluran pencernaannya, misalnya diare, muntah, atau kesulitan buang air besar (BAB). Susu formula yang bagus seharusnya juga tak menimbulkan gangguan lainnya seperti batuk, sesak, gangguan kulit, dan lain-lain. Dalam beberapa kasus, bayi yang alergi atau tidak cocok dengan suatu produk susu formula biasanya mengalami reaksi berupa muncul bintik kemerahan di kulitnya, atau yang biasa disebut dengan atopi.

Apabila buah hati Anda mulai menunjukkan reaksi alergi, sebaiknya Anda segera menghentikan pemberian susu formula dan menggantinya dengan susu lain. Jangan lupa juga untuk mengonsultasikannya dengan dokter agar memperoleh rekomendasi susu formula yang sesuai dan memperoleh penanganan yang tepat.

Hal lain yang juga dapat menjadi bahan pertimbangan Anda adalah, apakah suatu produk susu bayi bisa ditemukan dengan mudah di berbagai pusat perbelanjaan atau tidak. Sebab jika Anda memilih susu yang terlalu sulit ditemui di sekitar tempat tinggal justru akan menyulitkan Anda untuk membeli susu lagi ketika persediaan di rumah sudah habis.

[Update: Galih]

Baca juga  Info Terbaru, Daftar Harga Susu Real Good di Pasaran
loading...
author
Pengamat produk dan harga komoditas. Saat ini tinggal di Kota Malang.

Leave a reply "Update Daftar Harga Susu Bayi yang Bagus dan Murah di Pasaran untuk Berbagai Usia"