Spesifikasi dan Harga Terbaru Alat Cetak Batako Pres Manual

merupakan salah satu atau penyusun pada bangunan. berasal dari bata concrete atau bata beton yang bisa disebut bataton dalam istilah bahasa teknik bangunan. Ada dua jenis yang beredar di pasaran, yakni trass (putih) yang terbuat dari campuran trass (batu lapukan batu gunung berapi berwarna putih/putih kecokelatan), batu kapur dan air, serta berikutnya adalah semen.

Hasil cetakan batako dikeringkan (sumber: arah.com)

Material kini banyak digunakan sebagai bahan penyusun bangunan lantaran relatif lebih cepat prosesnya dibanding menggunakan batu bata biasa. Selain itu, batako dianggap lebih hemat dalam penggunaan semen perekat atau penyambung, bersifat kedap air sehingga meminimalkan rembesan air akibat hujan, lebih rapi ketika disusun, dan juga memiliki kelebihan dari segi kemampuan untuk meredam suara.

ini biasanya memiliki 2 atau 3 lubang di sisinya untuk diisi oleh adonan semen sebagai pengikat saat disusun untuk membangun suatu dinding. Proses pembuatan batako memang membutuhkan komposisi yang pas agar bisa menghasilkan batako yang kuat dan berkualitas. Komposisi campuran untuk batako maupun paving yang baik adalah pasir 75%, semen 20%, dan air 5% (menurut ketentuan yang ditetapkan oleh Departemen Pekerjaan Umum tahun 1986).

Pencampuran adonan batako harus dilakukan secara merata, baik dengan cara maupun menggunakan mixer adonan batako. Jika menginginkan kapasitas produksi yang besar dan hasil pencampuran lebih merata atau homogen, maka Anda lebih disarankan untuk menggunakan mixer adonan batako. Namun, jika usaha pembuatan batako Anda baru berskala kecil atau rumahan, maka menggunakan cara pun tidak masalah.

Setelah proses pencampuran bahan selesai, beralih ke proses pencetakan. Proses pencetakan batako ini sangat penting, karena pada proses ini akan didapatkan kualitas batako dengan tingkat kekuatan tertentu, misalnya K200, K300, K400, dan seterusnya. Lalu apakah yang dimaksud dengan batako K200? K200 adalah kode yang menandakan tingkat kekuatan batako mencapai 200 kg/cm².

Karena itu, untuk menghasilkan batako yang sempurna dan memiliki tingkat kekuatan yang baik sebagai material bangunan, maka sebaiknya proses pembuatan batako menggunakan bantuan alat atau mesin batako. Beberapa mesin batako juga biasanya tingkat kekuatannya dapat disesuaikan dengan kebutuhan.

Jenis Alat Cetak Batako

Cetakan batako pukul manual (sumber: bukalapak)

Cetakan batako pukul manual (sumber: bukalapak)

Setidaknya, ada beberapa jenis alat cetak batako yang beredar di pasaran, yang pertama adalah jenis manual pukul. Alat cetak batako manual pukul ini merupakan model paling sederhana karena hanya berupa plat yang menyesuaikan bentuk batako. Pengoperasiannya juga sederhana, hanya dengan memasukkan bahan adonan ke dalam cetakan (molding), lalu ditutup. Setelah itu dipukul-pukul atau ditumbuk untuk memadatkan adonan.

Model berikutnya adalah alat cetak batako manual genjot. Meskipun sepintas tampak sederhana, tetapi kualitasnya masih relatif lebih baik dibandingkan cetakan batako model pukul. Pasalnya, ada proses press dengan cara menggenjot tuas agar adonan batako bisa lebih padat. Sehingga, batako yang dihasilkan pun akan lebih baik.

Kemudian, juga ada cetakan batako sistem gravitation drop & vibrator atau getar. Pada mesin ini, adonan semen dicetak dengan cetakan dan dipadatkan beban molding atas yang dibantu dengan gaya gravitasi. Setelah itu, adonan akan digetarkan menggunakan diesel atau motor listrik hingga adonan dalam molding lebih merata dan padat.

Lalu, yang terakhir adalah mesin cetak batako sistem press hidrolik. Mesin ini memungkinkan adonan semen dicetak dan dipadatkan dengan tekanan tinggi menggunakan bantuan hidrolik dari 10 hingga 40 ton, tergantung kekuatan hidrolik mesin tersebut. Batako yang dihasilkan pun mempunyai kualitas yang relatif lebih tinggi dengan tingkat kekuatan antara K300, K400, hingga +K480 ke atas.

Sesuai dengan spesifikasinya, biasanya mesin atau alat cetakan batako press manual jauh lebih murah dibandingkan mesin cetak batako model otomatis atau semi otomatis. Namun, meski lebih mahal, mesin cetak otomatis tentunya memiliki kinerja cetak yang lebih cepat. Bagaimanapun juga, pilihan jenis mesin tetap saja harus disesuaikan dengan kebutuhan dan juga budget Anda. Sebagai gambaran, berikut ini informasi daftar cetakan batako manual di pasaran.

Harga Cetakan Batako Pres Manual

Alat cetak batako pres manual (youtube: Arif Amreta)

Alat cetak batako pres manual (youtube: Arif Amreta)

Nama ProdukSpesifikasiHarga
Cetakan Batako Manual Praktis Mudah Murah 30 x 10 x 15 cmUkuran 30 cm x 10 cm x 15 cm, bonus cetok, pelat tebal ukuran 2 ml, praktis mudah digunakan, untuk memproduksi batako hingga 1.200 biji membutuhkan pasir 7 kubik (1 struk)Rp175.000 – Rp232.800
Cetakan Batako Sistem Genjot ManualCetakan batako untuk 2 lubang atau 3 lubang, ukuran 21 cm x 10,5 cm x 6 cm atau 8 cmRp2.500.000 – Rp3.500.000
Cetakan Batako Sistem Dongkrak Cetakan 2 molding batako, ukuran 80 cm x 70 cm x 20 cm, plat besi 12 mmRp7.500.000

Informasi daftar harga cetakan batako pres manual di atas didapatkan dari berbagai sumber yang ada di internet. Perlu diingat bahwa harga mesin atau alat cetak batako press manual bisa mengalami perubahan sewaktu-waktu tanpa pemberitahuan sebelumnya. Namun, jika dibandingkan tahun 2019 lalu, harga cetakan batako manual relatif tidak banyak berubah.

Apabila Anda sedang mencari cetakan batako press manual, Anda bisa mencarinya di toko-toko mesin atau perlengkapan konstruksi. Namun, jika kesulitan untuk menemukannya di toko-toko terdekat, tak ada salahnya untuk membeli secara online melalui situs-situs e-commerce. Pengiriman barang untuk sampai ke tempat Anda bisa menggunakan jasa kargo atau menyewa pick-up jika kebetulan lokasi Anda dengan penjual saling berdekatan.

[Update: Panca]

Baca juga  Update Harga Drum Besi 60 Liter (Baru dan Bekas)
loading...
author
Pengamat produk dan harga komoditas. Saat ini tinggal di Kota Malang.

Leave a reply "Spesifikasi dan Harga Terbaru Alat Cetak Batako Pres Manual"