Update Harga Segel Plastik Berbagai Ukuran

No comment4082 views

Demi menunjang sisi kualitas dan keamanan yang diproduksi, kini banyak industri rumahan yang mempercantik kemasan produk mereka dengan menggunakan plastik atau shrink film. plastik ini biasanya digunakan untuk menyegel atau mengamankan kemasan berupa botol, stoples, atau kemasan lain yang menggunakan penutup. Di , segel plastik hadir dalam beragam ukuran dan dijual dengan bervariasi.

Segel, harga, plastik, ukuran, situs, online, kemasan, botol, stoples, penutup, sealer, barang, shrink, produk, sabun

Plastik segel/shrink film dalam berbagai ukuran (sumber: packabz.com)

Plastik segel biasanya digunakan untuk melindungi berbagai macam barang, terutama sebagai tempat penyimpanan atau untuk keperluan transportasi barang. Ukuran barang yang dapat dikemas seperti compact disc atau CD, gelas, botol, sampai kapal. Teknik membungkusnya dikenal dengan nama shrink-wrapping. Beberapa kebutuhan akan pengemasan dengan teknik tersebut biasa ditemui di luar keperluan industri misalnya pemilik usaha kecil yang mengemas produk mereka untuk persiapan pendistribusian.

Teknik shrink-wrapping dapat dilakukan dengan menggunakan mesin atau bahkan dengan menggunakan perlengkapan yang mudah ditemui di rumah. Anda dapat membungkus menggunakan impulse sealer dan heat gun. Impulse sealer adalah penyegel kemasan untuk produksi skala kecil yang dapat digunakan untuk shrink wrap. Dengan ini, Anda dapat menentukan ukuran dan bentuk dari barang yang akan dikemas.

Langkah pertama adalah memilih barang yang akan dikemas dengan shrink wrap. Lalu, pilih tipe plastik untuk shrink wrapping. Terdapat dua tipe plastik yang paling sering ditemui yaitu polyvinyl chloride (PVC) dan polyolefin. Polyolefin lebih tahan lama jika digunakan untuk mengemas benda yang memiliki pinggiran yang tajam, dan juga dapat digunakan untuk membungkus makanan karena tidak begitu berbau. Plastik jenis ini biasanya harganya lebih mahal. Sementara, PVC adalah plastik yang sering digunakan, termasuk membungkus CD dan DVD Blu-Ray. Anda juga dapat memilih antara plastik gulung, tas pre-made berbagai ukuran dengan ketiga sisinya yang sudah disegel, atau plastik ukuran yang berkisar dari 60-100, tergantung keperluan Anda.

Selanjutnya adalah menyalakan alat impulse sealer Anda. Alat ini menyerupai alat pemotong kertas. Bagian alat yang akan didekatkan ke plastik akan memanaskan plastik sehingga menyusut dan tersegel (beberapa jenis impulse sealer ada juga yang dilengkapi dengan pisau potong). Apabila menggunakan alat tersebut, ada hal yang perlu diperhatikan yaitu alat impulse sealer Anda seharusnya memiliki tombol setelan untuk tingkat panas yang berbeda.

Setelan tertentu yang Anda mau tergantung dari jenis plastik dan ukuran yang Anda pilih untuk barang. Lembaran plastik yang Anda beli mungkin memiliki informasi mengenai setelan tingkat kepanasan yang direkomendasikan. Atau, Anda dapat mencoba menyegel lembaran plastik yang kecil untuk menemukan temperatur ideal yang dapat menyegelnya tanpa membuatnya terbakar.

Kemudian, siapkan plastik segel/shrink wrap Anda. Apabila menggunakan plastik gulungan, lipat plastik sehingga membungkus barang secara keseluruhan, seolah-olah Anda sedang mengukur kertas pembungkus untuk membungkus hadiah. Potong plastik dengan gunting. Pada saat melakukan penyegelan dengan mesin impulse sealer, sisakan ruang yang mencukupi di sekeliling tiga sisi plastik. Jika Anda memesan tas pre-made dengan ukuran yang sesuai dengan barang yang hendak dikemas, maka Anda cukup menempatkannya di dalam tas tersebut.

Shrink film untuk menyegel minuman kemasan (sumber: utahshrinkwrap.com)

Shrink film untuk menyegel minuman kemasan (sumber: utahshrinkwrap.com)

Setelah itu, Anda dapat menyegel barang. Satu sisi demi satu sisi, tempatkan pinggiran sisi plastik yang masih belum disegel ke atas mesin impulse sealer Anda dan tutup. Sisi plastik tersebut akan dipanaskan dan disegel, bahkan dengan menggunakan jenis mesin yang tidak memiliki pemotong, Anda dapat dengan mudah merobek pinggiran plastik lebih dari sisi yang telah disegel.

Cobalah untuk menempatkan barang yang hendak Anda kemas dekat dengan sealer mesin, tetapi tetap menjaga jarak agar barang tidak menyentuh sealer. Hasil akhir produk Anda akan terlihat rapi setelah dipanaskan dengan heat gun. Selain itu, Anda juga akan menghemat plastik Anda. Jika Anda menggunakan proses shrink-wrapping untuk mengemas suatu produk yang masih bisa dicium oleh pembeli (seperti sabun), maka Anda dapat menggunakan pembolong, untuk melubangi wadah yang telah tersegel sebelum melakukan plastik disusutkan (proses heat shrinking).

Sebagai langkah terakhir, yaitu melakukan proses penyusutan plastik dengan heat gun. Heat gun menyerupai alat pengering rambut, namun biasanya lebih panas, dan panas ini akan disebarkan secara merata ke seluruh permukaan plastik. Panaskan kemasan yang telah disegel dari jarak beberapa cm. Plastik akan bereaksi terhadap panas, lalu menyusut sesuai dengan ukuran dari barang yang ada di dalamnya. Pastikan Anda memutar barang tersebut ketika proses pemanasan plastik dengan heat gun dilakukan, agar plastik dapat dipanaskan dengan merata.

Saat ini, tidak sulit menemukan plastik segel atau shrink film. Anda bisa membelinya di pasar, toko peralatan, maupun situs jual beli online. Harga segel plastik bervariasi, tergantung ukuran dan jenisnya. Berikut kami sajikan informasi kisaran harga segel plastik di pasaran dalam negeri, yang kami rangkum dari berbagai sumber.

Harga Segel Plastik

Ilustrasi: penggunaan shrink film/plastik segel (sumber: ec21.com)

Ilustrasi: penggunaan shrink film/plastik segel (sumber: ec21.com)

Ukuran Segel PlastikHarga (Rp)
Plastik segel 5,5 x 3,3 x 3 cm200 per lembar
Plastik segel lebar 5 cm500 per meter
Plastik segel diameter 2 cm10.000 per pack 
Plastik segel diameter 2,8 cm27.000 per pack 
Segel plastik 5,5 x 3,2 cm35.000 per pack 
Plastik segel 8-30 cm17.900
Plastik segel lebar 16 cm25.000
Plastik segel (PVC shrink) 15 x 50 cm45.000
Plastik segel 50 cm x 150 m278.000 1 box
Plastik segel 30 cm x 250 m57.000 per gulungan 250 meter
Plastik segel 50 cm x 250 m97.000 per gulungan 250 meter 
Plastik segel 6 x 10,5 cm270.000 per pack

Harga segel plastik di atas diambil dari sejumlah sumber situs jual-beli online yang ada di internet. Terdapat beberapa segel plastik yang mengalami kenaikan meliputi ukuran diameter 2,8 cm dan 5,5 x 3,2 cm yang awalnya sama-sama seharga Rp11 ribu per lembar, untuk harga terbaru berubah menjadi Rp27 ribu untuk ukuran diameter 2,8 cm dan Rp35 ribu untuk ukuran 5,5 x 3,2 cm.

Jika harga.web.id sebelumnya merilis plastik segel ukuran 50 cm x 150 m seharga Rp70 ribu per lembar, kini untuk update info terbarunya Anda dapat memperoleh kemasan 1 box dengan harga kisaran Rp280 ribu. Begitu halnya untuk ukuran 30 cm x 250 m dan 50 cm x 250 m, Anda dapat membelinya di pasaran dengan ukuran per gulungan 250 meter seharga Rp57 ribu dan Rp97 ribu.

[Update: Ditta]

Baca juga  Update Terbaru Harga Isi Ulang Tabung Gas 12 Kg (Konvensional & Bright Gas)
loading...
author
Literatur akuntansi sudah digeluti hingga pendidikan pascasarjana. Bagiku ini adalah seni pencatatan dan pengikhtisaran transaksi keuangan dan penafsiran akibat suatu transaksi terhadap suatu unit ekonomi.

Leave a reply "Update Harga Segel Plastik Berbagai Ukuran"