Update Harga Polycarbonate Bening (Lembar dan Roll)

No comment25393 views

Polikarbonat (polycarbonate) merupakan salah satu dari jenis thermoplastic polimer. ini memiliki sifat yang mudah dalam pembuatannya, khususnya dalam proses cetak, karena gampang dibentuk saat dipanaskan. Sering digunakan pada industri kimia modern, material ini dijual dengan harga mulai ratusan ribu rupiah per lembar atau per roll.

Seperti namanya, bahan ini memiliki karakteristik atau sifat dasar yang tembus pandang, ringan, tahan terhadap perubahan cuaca dan suhu, serta tahan terhadap benturan. Karena itu, polycarbonate dianggap sebagai material plastik paling ideal untuk pengganti pada cakupan aplikasi yang sangat luas, baik di bidang industri maupun bidang lainnya.

Material polycarbonate bening (sumber: plastilux.lv)

Material polycarbonate bening (sumber: plastilux.lv)

Material tersebut mulai digunakan untuk bangunan di Indonesia sejak awal tahun 1990-an, yaitu sebagai material atap yang membutuhkan penerangan cahaya alami dari sinar matahari. Karena itu, tiap produsen material atap polycarbonate biasanya menambahkan lapisan anti UV (ultraviolet) di salah satu sisi atau kedua sisi lembaran polycarbonate.

Untuk produk-produk polycarbonate sheet premium buatan Eropa, komponen anti-UV tersebut telah dicampurkan langsung di mesin ekstrusi pada saat proses produksi, sehingga menyatu dengan material polycarbonate itu sendiri. Sistem produksi semacam itu akan memperpanjang umur polycarbonate apabila dibandingkan dengan sistem pelapisan yang biasanya lebih mudah rontok, tergores, atau terkelupas.

Saat ini, polycarbonate yang tersedia di pasaran cukup beragam, ada buatan hingga brand impor. Terlepas dari merk-nya, sebagian besar masyarakat biasanya lebih menyukai atap polycarbonate berwarna bening atau transparan. Selain karena sifatnya tidak menghalangi cahaya yang masuk, polycarbonate berwarna bening dianggap lebih netral dan dapat dipadukan secara mudah dengan tema atau nuansa suatu bangunan.

Hampir setiap produsen biasanya memproduksi polycarbonate bening dengan ketebalan yang berbeda-beda. Ada yang menjualnya secara meteran (per meter), dan tidak sedikit pula yang menjual langsung per roll. Anda bisa membeli polycarbonate sesuai dengan budget dan kebutuhan. Sebagai informasi, berikut ini daftar harga polycarbonate bening di pasaran dalam berbagai merk.

Ilustrasi: Aplikasi Polycarbonate Bening Untuk Atap (credit: Dekoruma)

Ilustrasi: Aplikasi Polycarbonate Bening Untuk Atap (credit: Dekoruma)

Harga Polycarbonate Bening

Merk Polycarbonate BeningHarga 
Polycarbonate Sheet 0,3 mmRp165.000 per lembar
Polycarbonate Sheet 0,5 mmRp245.000 per lembar
Polycarbonate Sheet 1 mmRp599.000 per lembar
Polycarbonate Sheet 1,5 mmRp785.000 per lembar
Polycarbonate Sheet 2 mmRp850.000 per lembar
Polycarbonate Sheet 3 mmRp1.150.000 per lembar
Polycarbonate Sheet 5 mmRp3.250.000 per lembar
Polycarbonate Sheet 6 mmRp3.743.000 per lembar
Polycarbonate Sheet 8 mmRp3.930.000 per lembar
Polycarbonate X-Lite Crystalize 4,5 mmRp1.350.000 per roll
Polycarbonate Solite 4 mmRp1.900.000 per roll
Polycarbonate X-Lite 4,5 mmRp2.500.000 per roll
Polycarbonate Solarlite 5 mm Rp2.790.000 per roll
Polycarbonate S-Lite 5 mmRp2.800.000 per roll
Polycarbonate Lexan Easy Clean 6 mmRp4.750.000 per roll

Informasi harga polycarbonate bening di atas didapatkan dari berbagai sumber, termasuk toko bahan bangunan dan situs jual beli online. Jika dibandingkan tahun sebelumnya, harganya ada yang naik dan stabil. Harga polycarbonate sheet lembaran rata-rata tidak jauh berbeda dari tahun lalu, sedangkan harga polycarbonate solite 4 mm yang awalnya Rp1,67 juta per roll, naik menjadi Rp1,9 jutaan per roll. Sementara itu, harga Polycarbonate Lexan Easy Clean 6 mm yang semula Rp3,82 juta per roll, juga naik menjadi Rp4,75 jutaan per roll. 

[Update: Panca]

Baca juga  Harga Mentega Putih Palmia (500 gr, 1 kg, 15 kg)
author
Pengamat produk dan harga komoditas. Saat ini tinggal di Kota Malang.

Leave a reply "Update Harga Polycarbonate Bening (Lembar dan Roll)"