Update Harga Plastik Klip Zipper dengan Ziplock di Pasaran

Untuk membuat suatu kemasan makanan menjadi semakin menarik, Anda bisa mencetak kemasan makanan tersebut dengan model dan variasi yang dibutuhkan. Selain nilai estetika produk menjadi semakin bagus, pelanggan pun bisa dengan mudah mengenal produk yang Anda jual, utamanya untuk produk makanan ringan.

Kemasan pangan dari plastik kini sudah banyak digunakan produsen sebagai wadah membungkus makanan, agar tidak salah pilih kenali dulu jenisnya. Menurut Direktur Pengawasan Produk dan Bahan Berbahaya BPOM, Drs. Mustofa, Apt, M.Kes, jenis plastik yang beredar di terbilang banyak untuk itu diharapkan masyarakat cermat memilih.

Plastik ziplock untuk kemasan makanan (sumber: lelong.com.my)

Plastik untuk kemasan makanan (sumber: lelong.com.my)

Di pasaran, ada banyak jenis plastik. Sebelum membelinya, Anda harus cermat memilih dengan teliti membaca label apakah itu aman untuk pangan atau tidak, agar tidak terpapar bahan kimia yang bahaya.

Untuk memanaskan makanan menggunakan microwave sebaiknya menggunakan jenis wadah berbahan polipropilen (PP), baca label dan pilih yang ada logo tara pangannya. Sifat plastik yang kedua yakni thermosetting merupakan jenis plastik yang tidak dapat dibentuk kembali dengan bantuan pemanasan. Plastik yang termasuk ke dalam golongan ini yaitu resin epoksi, resin melamin dan poliamida (nilon) misalnya melamin formaldehid.

Secara umum, ada 5 jenis plastik kemasan yang bisa dipilih, mulai dari OPP, PP, PE, HDPE, dan LDPE. Dengan berbagai dan ketebalan plastik yang bervariasi, Anda dapat memilih kemasan yang sesuai.

Kemasan plastik OPP, memiliki ciri berbahan halus dan bening, cocok digunakan untuk kemasan produk makanan, seperti roti, kue, sandwich, dan sebagainya. Karena bertujuan untuk mendukung penampilan produk, ketebalan plastik OPP hanya tersedia hingga 40 micron. Tetapi, plastik OPP memiliki banyak variasi, seperti OPP seal, OPP duduk, OPP huset, OPP kantong, dan lain-lain.

Kemudian, kemasan plastik PP, adalah kemasan yang berbahan halus dan buram, biasa digunakan untuk kemasan produk makanan, seperti kerupuk, keripik, kacang, dan sejenisnya. Karena plastik OPP bertujuan untuk menjaga kualitas produk agar dapat bertahan lama, ketebalan plastik PP tersedia hingga 150 micron.

Selanjutnya, kemasan Plastik PE, yakni kemasan plastik yang berbahan kasar dan buram, biasa digunakan untuk kemasan produk seperti beras atau tepung. Plastik PE adalah plastik kemasan yang paling tebal. Jika produk yang Anda jual dalam ukuran berat dan banyak, sebaiknya gunakan plastik PE sebagai kemasan.

Sementara kantong plastik kresek HDPE digunakan untuk membawa belanjaan seperti oleh-oleh, sembako, dan sebagainya. Sedangkan, kantong plastik kresek LDPE biasa digunakan untuk membawa barang-barang seperti aksesoris, baju, dan sejenisnya.

untuk cetak plastik juga sangat beragam, tergantung jenis kemasan yang dipilih. Jika Anda ingin mencetak kemasan makanan seperti roti, kue, atau sandwich, biasanya dibanderol mulai Rp150. Nominal tersebut sudah termasuk plastik dan cetak satu warna. Jika Anda ingin menambah warna, maka akan dikenai biaya Rp100 per warna. Penyedia jasa percetakan atau digital printing juga umumnya menerapkan sistem minimal order, biasanya batas minimal order sebanyak 1.000 lembar.

Jadi, jika Anda memiliki usaha di bidang makanan, seperti roti, kue, sandwich, atau jenis makanan ringan lainnya, Anda bisa menggunakan plastik OPP sebagai kemasan. Karena plastik OPP terlihat lebih bersih dan bening, sehingga akan membuat produk makanan Anda tampil lebih menarik dan berkualitas.

Lama proses pengerjaan kemasan plastik biasanya tidak lebih dari satu minggu. Namun tergantung tiap percetakan dan jumlah kemasan yang dipesan oleh pelanggan. Rata-rata, kami membutuhkan waktu 3–5 hari untuk mengerjakan pesanan. Hal itu tergantung berapa banyak plastik yang dipesan. Sehingga, sebaiknya pelanggan memesan satu minggu sebelum plastik digunakan. Semakin jauh dari hari H, semakin baik.

Plastik ziplock buram (sumber: alppm.com)

Plastik ziplock buram (sumber: alppm.com)

Kemasan Plastik Ziplock

Plastik zipper adalah salah satu jenis plastik klip yang banyak digunakan untuk produk-produk UKM dengan kualitas dan desain premium. Plastik klip zipper sangat cocok digunakan untuk kemasan keripik, kerupuk, snack, dan camilan kering. Banyak toko yang menjual plastik klip ini dengan ukuran terlengkap dan terima orderan custom.

Plastik ziplock ini memiliki tampilan yang elegan dengan berbagai jenis ukuran dan kapasitas terlengkap. Pouch jenis tersebut memiliki ziplock pada bagian atas sehingga memungkinkan konsumen untuk membuka produk dengan mudah dan dapat menyimpannya kembali meskipun produk tersebut tidak habis dalam satu kali pemakaian atau penggunaan.

Keunggulan atau kelebihan dari kemasan ini dibandingkan dengan kemasan jenis lain adanya ziplock yang akan memudahkan konsumen untuk menggunakan produk yang ada di dalamnya. Serta tidak perlu untuk menyimpan produk sisanya di dalam toples ketika tidak habis dalam satu kali pakai karena ziplock mampu menjaga produk tetap awet meskipun sudah pernah dibuka. Dengan kemasan tersebut zipper mampu menjaga kualitas dari produk hingga akhirnya habis.

Berbagai jenis plastik klip disediakan untuk memenuhi kebutuhan kemasan dari berbagai pelaku usaha di dunia . Pada umumnya pouch tersebut digunakan untuk kemasan produk-produk yang bersifat premium karena penampilan dari kemasan yang elegan dan cenderung menarik perhatian setiap konsumen yang melihatnya.

Plastik klip zipper standing pouch nylon merupakan jenis kemasan yang memiliki banyak . Kemasan ini memiliki berbagai keunggulan seperti material transparan, dirancang dengan posisi berdiri, dan memiliki ziplock atau ritsleting. Keunggulan tersebut memberikan kemudahan bagi konsumen untuk melihat detail produk, pemosisian kemasan dan ziplock untuk menghindari ketumpahan. Plastik kemasan ini cocok digunakan untuk segala jenis produk cairan.

Plastik ziplock (sumber: profpack.co.za)

Plastik ziplock (sumber: profpack.co.za)

Sebagai informasi, berikut daftar harga plastik ziplock yang ada di pasaran:

Daftar Harga Plastik Ziplock

Nama ProdukHarga
China OEM ecola ziplock 10x15cm isi 100pcsRp82.000
Zipper plastik ziplock bag isi 100pcsRp69.300
IKEA ISTAD kantong plastik kedap ziplock isi 30pcsRp85.700
Plastik ziplock 10x15cm isi 100 pcsRp85.000
Plastik ziplock 10x18cm isi 100 pcsRp90.000
IKEA ISTAD kantong plastik kedap ziplock isi 50pcsRp100.000
Universal standing pouch 12x20cm + ziplockRp179.000
Universal standing pouch kombinasi aluminium foil & plastikRp190.000
Universal standing pouch 14x22cm + ziplockRp195.000
Universal standing pouch aluminium 14x22cm + ziplockRp200.000
Universal plastik ziplock dengan pegangan tangan isi 100pcsRp200.000
Universal standing pouch aluminium 16x24cm + ziplockRp210.000

Dari beberapa varian di atas terdapat perubahan harga dibandingkan tahun lalu. Misalnya, China OEM ecola ziplock 10x15cm isi 100pcs yang awalnya dijual Rp52 ribu naik menjadi Rp82 ribu. IKEA ISTAD kantong plastik kedap ziplock isi 30pcs yang sebelumnya seharga Rp70 ribu juga ikut naik menjadi Rp85.700. Daftar harga tersebut kami ambil dari situs jual beli online populer, sehingga bersifat fluktuatif. Anda bisa mendapatkan harga plastik ziplock lebih jika membelinya dalam jumlah banyak.

Plastik ziplock kemasan makanan (sumber: dhgate.com)

Plastik ziplock kemasan makanan (sumber: dhgate.com)

[Ditta]

Baca juga  Manfaat dan Harga Terbaru Natur-E Daily Face Cream untuk Wajah
loading...
author
Mengetahui harga-harga, dan mengikuti dinamikanya adalah proses mengasah kecerdasan finansial. Be Smart!

Leave a reply "Update Harga Plastik Klip Zipper dengan Ziplock di Pasaran"