Update Harga Minyak Zaitun di Supermarket dan Minimarket

Selain untuk kegiatan memasak, banyak orang memanfaatkan minyak zaitun sebagai salah satu bahan perawatan untuk memelihara kecantikan. Tidak susah untuk mendapatkan minyak zaitun ini, karena Anda bisa menemukannya di sejumlah pusat belanja dan supermarket dengan harga bervariasi, tergantung produk pilihan.

Minyak Zaitun Memiliki Harga yang Bervariasi Tergantung Merk
Minyak Zaitun Memiliki Harga yang Bervariasi Tergantung Merk

Minyak zaitun atau juga dikenal dengan sebutan olive oil adalah lemak yang diperoleh dari buah Europaea Onlea, sebuah jenis tanaman pohon tradisional di Mediterania. Melalui proses pembuatannya, minyak zaitun menghasilkan asam lemak monounsaturated yang dianggap sebagai lemak diet yang sehat, berlawanan dengan lemak jenuh dan lemak trans. Karena banyaknya nutrisi yang terkandung, minyak ini sangat dikenal dalam dunia kecantikan, kuliner, bahkan kesehatan.

Bacaan Lainnya

Selain melembapkan kulit, minyak zaitun juga diklaim dapat mencegah penuaan dini. Penggunaan minyak zaitun ini dianggap cocok untuk semua jenis kulit wajah, tetapi ada beberapa metode bagi pemilik wajah berminyak maupun berjerawat agar tidak membuat kadar minyak dan jerawat semakin parah.

Minyak ini juga disebut mampu mengatasi kerutan pada dahi. Minyak zaitun mengandung vitamin E yang tinggi serta antioksidan yang baik untuk kulit wajah. Untuk mengurangi keriput ataupun kerutan di area dahi, caranya adalah dengan menyiapkan satu sendok teh minyak zaitun asli, lalu pijat dahi dengan minyak zaitun, biarkan selama semalaman dan cuci dengan air di pagi hari.

Baca juga  Info Manfaat dan Update Harga Teh Chamomile Berbagai Merek

Selain itu, minyak zaitun juga dianggap mampu mencegah penuaan dini karena memiliki antioksidan tinggi dan dapat mengikat kadar dalam kulit, dipercaya memudarkan noda hitam bekas jerawat, sehingga banyak podusen minyak zaitun yang memproduksi olive oil dalam berbagai jenis.

Jenis Minyak Zaitun

  • Virgin Olive Oil. Jenis ini cukup populer karena bisa digunakan sebagai minyak goreng dengan kandungan asam lemak yang rendah. Minyak zaitun khusus memasak tersebut bisa digunakan untuk menumis maupun menggoreng. Namun perlu diingat, memasak dengan minyak zaitun tidak boleh menggunakan api atau suhu yang terlalu panas agar kandungan gizi dan vitamin di dalamnya tidak rusak.
  • Extra Virgin Olive Oil. Minyak zaitun extra virgin dibuat melalui proses pendinginan minyak zaitun dan dianggap sebagai jenis yang paling baik untuk tubuh. Oleh sebab itu, di antara varian yang ada, biasanya Extra Virgin Olive Oil dijual dengan harga yang paling mahal.
  • Pure Olive Oil. ini merupakan penggabungan dari minyak zaitun halus dan original. Pure Olive Oil mengandung asam yang tinggi dan lebih cocok digunakan sebagai minyak pijat atau urusan kecantikan seperti melembapkan kulit bagian siku, lutut, tumit, wajah, rambut dan sebagainya.
Baca juga  Ukuran dan Harga Plastik Klip Berdiri untuk Makanan (Ecer dan Pack)

Harga setiap minyak zaitun yang ditawarkan beragam, tergantung merk, ukuran kemasan, tempat pembelian. Meski demikian, harganya relatif terjangkau. Berikut daftar harga minyak zaitun yang ada di supermarket.

Harga Minyak Zaitun di Pasaran
Harga Minyak Zaitun di Pasaran

Harga Minyak Zaitun di Superindo

Merk Minyak Zaitun Harga 
Herborist Minyak Zaitun 150 ml Rp35.000
Mustika Ratu Minyak Zaitun 175 ml Rp37.300
Bertolli Minyak Zaitun 250 ml Rp55.800
Filippo Berio Minyak Zaitun Ringan 200 ml Rp75.300
Olivoila Minyak Zaitun Ekstra Virgin Rp96.000
Bertolli Minyak Zaitun Ekstra Ringan 500 ml Rp101.900
Bertolli Minyak Zaitun Murni 500 ml Rp103.200
Borges Minyak Zaitun Ekstra Ringan 500 ml Rp108.700
Borges Minyak Zaitun Ekstra Murni 500 ml Rp112.400
Filippo Berio Minyak Zaitun 500 ml Rp117.500
Colavita Minyak Zaitun Murni 500 ml Rp129.300
Filippo Berio Minyak Zaitun Murni 500 ml Rp125.500
Filippo Berio Minyak Zaitun 1 Liter Rp205.000
Filippo Berio Minyak Zaitun Murni 1 Liter Rp210.700
Borges Minyak Zaitun Murni 1 Liter Rp219.800

Jika dibandingkan penawaran sebelumnya, harga minyak zaitun di supermarket saat ini terpantau fluktuatif. Misalnya Olivoila minyak zaitun ekstra virgin 500 ml yang semula dijual seharga Rp110.500, sekarang turun menjadi Rp96.000. Sementara itu, harga minyak zaitun Mustika Ratu 175 ml justru naik dari Rp30.900 menjadi Rp37.300.

Baca juga  Update Harga Garam Halus Beryodium & Non Yodium di Pasaran

Selain dapat membeli minyak zaitun di supermarket dan apotek, Anda pun dapat membelinya di minimarket terdekat seperti Indomaret dan Alfamart. Berikut beberapa minyak zaitun yang tersedia di Indomaret beserta harga saat ini.

Minyak Zaitun untuk Perawatan - www.everydayhealth.com
Minyak Zaitun untuk Perawatan – www.everydayhealth.com

Harga Minyak Zaitun di Indomaret

Merk Minyak Zaitun Harga
Fresh Living Minyak Zaitun 50 ml Rp13.500
Herborist Minyak Zaitun 75 ml Rp22.800
Ovale Olive Oil 100 ml Rp35.600
Herborist Minyak Zaitun 150 ml Rp37.300
Mustika Ratu Minyak Zaitun 175 ml Rp39.300
Filippo Berio Olive Oil Extra Light 250 ml Rp48.300
Filippo Berio Olive Oil 250 ml  Rp50.200
Filippo Berio Olive Oil Extra Virgin 250 ml Rp58.200
Olivoila Olive Oil Extra Virgin 250 ml Rp58.900
Filippo Berio Olive Oil Mild & Light Spray 200 ml Rp61.200
Filippo Berio Olive Oil Extra Virgin Spray 200 ml Rp66.300

Apabila yang Anda cari adalah minyak zaitun asli, maka Anda harus lebih cermat lagi dalam memilih. Ketahuilah bahwa produsen minyak zaitun biasanya didominasi dari -produk luar negeri seperti Italia, Australia, Chile, dan sebagainya. Dari segi rasa, biasanya minyak zaitun asli memiliki aroma segar khas buah zaitun dan terasa gurih segar. Sementara itu, minyak zaitun palsu biasanya akan terasa berminyak, tengik, hambar, dan tidak enak. 

[Update: Ditta]

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.