Update Harga Minyak Goreng 1 Liter dalam Berbagai Merek

adalah salah satu pokok yang menjadi komoditas utama bagi masyarakat di Indonesia dan jualnya diatur oleh pemerintah. Seperti diketahui, melalui peraturan Kementerian Perdagangan, telah ditetapkan bahwa eceran tertinggi (HET) untuk kemasan sederhana 1 liter dipatok maksimal Rp11.000. Sayangnya, penerapan HET memang cukup sulit. Sehingga, sebagian dari Anda kemungkinan masih menemukan 1 liter yang dijual melebihi HET.

Ilustrasi: memasak pakai minyak goreng

Ilustrasi: memasak pakai minyak goreng

Pemerintah sendiri sebelumnya telah membuat perjanjian dengan pihak toko-toko ritel modern agar dapat memastikan bahwa pihak ritel menjual sejumlah komoditas utama seperti minyak goreng, beras, gula, dan bahan pangan lainnya dengan harga sesuai aturan HET. Beberapa ritel dilaporkan sudah menjual minyak goreng dan komoditas lainnya sesuai HET. Kalaupun ada beberapa barang yang dijual dengan harga melebihi HET, kabarnya barang tersebut adalah stok lama.

Sebagai informasi, merk minyak goreng yang ditawarkan di ada bermacam-macam, mulai dari Bimoli, Tropical, Sania, Forvita, Sunco, Sedaap, Kunci Mas, Filma, Fortune, dan masih banyak lagi. Masing-masing merek minyak goreng tersebut dijual dengan harga yang terpaut beberapa ribu rupiah saja. Beberapa merek minyak goreng yang populer dan diklaim memiliki kualitas bagus biasanya ditawarkan dengan harga yang lebih mahal dibandingkan merek-merek yang baru muncul di .

Beberapa konsumen, terutama yang memiliki usaha seperti warung pinggir jalan atau sebagainya, biasanya lebih memilih membeli minyak goreng curah yang harganya relatif lebih murah daripada minyak goreng kemasan. Namun, banyak pula yang memilih membeli minyak goreng kemasan karena cukup mudah ditemui di berbagai minimarket.

Berdasarkan data dari website resminya, di minimarket seperti Indomaret dan Alfamart, minyak goreng 1 liter dijual pada kisaran belasan ribu rupiah hingga puluhan ribu rupiah, tergantung merek dan kemasannya. Jika ditawarkan dalam kemasan pouch atau refill, biasanya cenderung lebih murah dibandingkan minyak goreng dalam kemasan . Indomaret dan Alfamart juga kerap menawarkan promo diskon atau potongan harga untuk minyak goreng atau produk-produk lain. Jika sedang promo, harga minyak goreng di sana bisa lebih murah dari harga normal

Sementara itu, di sejumlah situs online, harga minyak goreng per 1 liter biasanya justru bisa dijual lebih murah dibandingkan harga di minimarket, apalagi jika kebetulan sedang ada promo Flash Sale. Namun, pembelian minyak goreng lewat promo-promo Flash Sale yang ditawarkan oleh situs e-commerce biasanya hanya berlaku untuk pembelian dalam jangka waktu yang terbatas dan jumlahnya pun terbatas. Sebagai informasi, berikut ini daftar harga berbagai merek minyak goreng dalam ukuran 1 liter di pasaran.

Harga Minyak Goreng 1 Liter di Alfamart

Ilustrasi: kemasan botol minyak goreng (sumber: bbc)

Ilustrasi: kemasan botol minyak goreng (sumber: bbc)

Merek Minyak GorengHarga
Tropical Minyak Goreng Botol 1 literRp16.000
Delima Minyak Goreng 1 literRp11.000
Tropical Minyak Goreng Botol 1 literRp16.000
Bimoli Spesial Minyak Goreng Botol 1 literRp15.600
Harumas Minyak Goreng Refill 1 literRp11.000
Sovia Minyak Goreng Pouch 1 literRp11.000
Bimoli Minyak Goreng Pouch 1 literRp15.000
Barco Minyak Goreng Pouch 1 literRp27.900
Amanda Minyak Goreng Pouch 1 literRp11.000

Harga Minyak Goreng 1 Liter di Indomaret

Ilustrasi: minyak goreng dalam kemasan botol (sumber: healthhub.sg)

Merek Minyak GorengHarga
Bimoli Spesial Minyak Goreng Pouch 1 literRp15.300
Tropical Minyak Goreng Refill 1000mlRp14.800
Bimoli Minyak Goreng 1000mlRp14.500
Sania Minyak Goreng Refill 1000mlRp14.300
Amanda Minyak Goreng Pouch 1 literRp11.000

Daftar harga minyak goreng 1 liter di atas dirangkum dari situs belanja online sesuai data di masing-masing minimarket. Perlu diingat bahwa harga minyak goreng bisa mengalami perubahan sewaktu-waktu karena mengikuti fluktuasi permintaan pasar. Sebagai perbandingan, pada tahun sebelumnya, harga minyak goreng 1 liter di Alfamart berkisar Rp11.000 hingga Rp35.800 dan di Indomaret berkisar Rp13.000 hingga Rp21.900. Apabila Anda ingin mengetahui harga minyak goreng yang lebih pasti di tempat tinggal Anda, Anda bisa langsung berkunjung ke pasar, toko, , atau minimarket terdekat.

[Update: Almasshabur]

Baca juga  Harga Mesin Parut Kelapa Motor Bensin Terbaru
author
Pengamat produk dan harga komoditas. Saat ini tinggal di Kota Malang.

Leave a reply "Update Harga Minyak Goreng 1 Liter dalam Berbagai Merek"