Update Daftar Harga Minyak Cengkeh (Cengkih) di Pasaran

, atau cengkih, telah dipercaya memiliki khasiat untuk dan juga . Ditawarkan dengan mulai Rp20 ribuan untuk kemasan 30 ml, minyak ini diyakini mampu membantu mengobati sakit gigi, mencegah peradangan, mengatasi mual dan muntah, meningkatkan pencernaan, hingga menjaga kecantikan .

Produk minyak cengkeh dalam kemasan (sumber: doterra.com)

Produk minyak cengkeh dalam kemasan (sumber: doterra.com)

Minyak ini sendiri merupakan minyak atsiri yang dihasilkan dari penyulingan bagian tanaman cengkeh, terutama daun dan bunga cengkeh. Seluruh bagian tanaman cengkeh memang mengandung minyak, namun bagian bunga memiliki kandungan minyak yang paling tinggi. Karena daun dan ranting cengkeh juga menghasilkan minyak, keduanya pun menjadi penghasilan sampingan bagi petani cengkeh yang memanen bunga cengkeh untuk industri rokok.

Minyak cengkeh dikatakan mengandung eugenol sebanyak 78 persen hingga 98 persen. Zat tersebut dihasilkan dari kelenjar minyak yang terdapat pada permukaan bunga cengkeh. Secara umum, daun dan ranting cengkeh mengandung eugenol dengan konsentrasi lebih banyak dibandingkan bunga cengkeh. Pada minyak yang dihasilkan dari daun cengkeh, terdapat 82 persen sampai 88 persen eugenol, sedangkan eugenol minyak cengkeh yang berasal dari bagian ranting mencapai 90 persen sampai 95 persen.

Menurut situs The Secret Yumiverse, minyak cengkeh mampu meredakan sakit gigi. Caranya adalah cukup mengoleskan minyak cengkeh menggunakan kapas atau cotton bud ke area gigi yang terinfeksi. Selain itu, minyak cengkeh juga dapat membantu mengatasi bau mulut, dengan cara berkumur menggunakan air yang telah diberi beberapa tetes minyak cengkeh.

Masih menurut sumber yang sama, untuk masalah kulit, selain masalah jerawat, minyak ini juga mampu mengatasi penyakit kulit seperti kulit kering dan stretch mark. Caranya, cukup tambahkan beberapa tetes minyak cengkeh pada lotion atau pelembap yang Anda gunakan sehari-hari. Pastikan Anda menggunakan minyak pendamping, seperti minyak kelapa atau minyak almond, karena saat mengoleskan minyak cengkeh ke kulit, maka sensasi terbakar atau iritasi bisa terjadi.

Nah, untuk perawatan rambut, minyak cengkeh dapat menjadi kondisioner alami yang bisa membuat rambut kering berubah menjadi lembap dan lebih hitam berkilau. Selain itu, minyak ini juga dapat digunakan untuk mengatasi masalah kerontokan rambut, dengan cara mengoleskan minyak cengkeh secara merata ke kulit kepala sambil dipijat secara perlahan selama sekitar 15 menit.

Harga Minyak Cengkeh

Minyak Cengkeh - www.atsirich.com

Minyak Cengkeh - www.atsirich.com

Saat ini, sudah tersedia beragam merek minyak cengkeh yang dijual di pasaran. Di beberapa situs jual beli online, minyak cengkeh produksi PJ Walikukun kemasan 30 ml saat ini ditawarkan dengan harga sekitar Rp20.000 per botol. Sementara, minyak cengkeh buatan Al-Ghuroba kemasan 25 ml dijual dengan harga sekitar Rp29.000 per botol. Adapun minyak cengkeh cap Gajah produksi PT USFI-Indonesia, dijual mulai Rp26 ribuan per botol untuk kemasan 50 ml.

[Update: Galih]

Baca juga  Info Terbaru Kisaran Biaya Tes CA-125 Untuk Deteksi Dini Kanker Ovarium
loading...
author
Sudah lama lulus dari S-1 di kampus PTN ternama. Penyuka musik dan sedikit audiophile.

Leave a reply "Update Daftar Harga Minyak Cengkeh (Cengkih) di Pasaran"