Update Harga Mesin Kopi Nuova Simonelli (Baru dan Bekas)

Kopi merupakan minuman yang banyak dikonsumsi oleh masyarakat di seluruh dunia. Di Tanah Air kita sendiri, minum kopi sudah menjadi tradisi yang dilakukan di pagi hari oleh sebagian besar orang. Menyeduh kopi instan mungkin akan memudahkan Anda jika sangat sibuk di pagi hari. Namun, kenikmatan kopi instan dengan kopi yang diproses dari biji kopi akan berbeda. Untuk menikmati kopi dari biji kopi murni, Anda dapat memakai mesin penggiling khusus. Ada banyak mesin seperti ini, termasuk Nuova Simonelli yang harganya memang tidak bisa dibilang murah.

Mesin kopi Nuova Simonelli Oscar 2 (sumber: caffefantastico.com)
Mesin kopi Nuova Simonelli Oscar 2 (sumber: caffefantastico.com)

Bukan cuma untuk melepas dahaga, minum kopi kerap dilakukan untuk menemani aktivitas kehidupan masyarakat, seperti rapat, pertemuan bisnis, reuni, kencan, dan lain-lain.[1] Pasalnya, tidak hanya rasanya yang menghipnotis, kopi disukai lantaran dikatakan punya banyak manfaat untuk tubuh. Kopi diklaim dapat berguna sebagai zat antioksidan, merangsang kinerja otak, dan sebagai zat anti-kanker. Kandungan antioksidan dalam kopi bahkan konon lebih banyak dibandingkan zat antioksidan yang terdapat pada teh dan cokelat.[2]

Bacaan Lainnya

Bagi mereka yang mengaku sebagai pencinta kopi sejati, mungkin sangat anti meminum secara instan dengan kemasan sachet. Karena itu, mereka kebanyakan memilih menikmati kopi yang digiling dan dihaluskan di dalam grinder karena diklaim punya rasa yang lebih autentik sehingga menghadirkan kenikmatan tersendiri.

Paduan antara biji kopi terbaik serta teknik penggilingan dan penyeduhan yang sempurna akan menjadikan segelas kopi dengan rasa yang sempurna. Untuk mencapai tujuan ini, juga mesti didukung oleh mesin penggiling kopi yang baik, bukan? Untuk menggiling biji kopi, kita membutuhkan mesin yang tepat. Ini supaya biji kopi tergiling sempurna sesuai keinginan kita, apakah ingin hasil gilingan yang kasar, sedikit halus, atau sangat halus. Semua bisa ditentukan dari mesin yang dipakai untuk menggiling kopi.

Tips Memilih Mesin Penggiling Kopi

  • Sesuaikan jenis mesin dengan selera. Selera orang terhadap kopi berbeda-beda. Ada yang lebih suka bubuk kopinya halus dan ada juga yang lebih memilih kasar. Namun, ada pula yang ingin bubuk kopinya medium saja tingkat kehalusannya. Semua ini bisa ditentukan dari mesin penggiling kopinya. Mesin giling untuk biji kopi memang secara umum hadir dalam dua varian berbeda. Ada mesin yang memakai pisau dan satunya lagi memakai burr. Untuk mesin yang memakai pisau, harganya akan lebih murah dan Anda akan sedikit sulit kala ingin mengatur level kehalusan bubuk kopinya.
  • Cari kapasitas mesin yang sesuai dengan kebutuhan. Saat akan membeli mesin giling kopi, ada baiknya jika Anda menyesuaikan kapasitas mesin dengan kebutuhan. Jika untuk kebutuhan rumahan saja, maka Anda bisa membeli mesin giling kopi yang kapasitasnya cukup untuk Anda sekeluarga saja. Sesuaikan kapasitas mesin dengan jumlah orang yang minum kopi di rumah. Sementara, jika untuk kebutuhan kafe, sesuaikan dan pilih kapasitas yang lebih besar.
  • Pilih merk yang terpercaya. Memilih mesin kopi memang sedikit tricky, jika tak sesuai, kita akan rugi membelinya. Sebaiknya, Anda mempertimbangkan untuk membeli merek yang sudah terpercaya. Merek yang bagus akan menjaga nama baik mesin yang mereka produksi. Dengan demikian, Anda tak perlu ragu akan kualitas jika merek mesin gilingnya sudah terpercaya.
  • Selain itu, pertimbangan lainnya adalah Anda bisa memilih mesin giling kopi yang lebih mudah perawatannya. Usahakan pembelian dilengkapi user manual guide dan juga pembersihannya. Ini supaya mesin giling Anda lebih terawat dan tahan lama.

Dari sekian mesin penggiling yang telah beredar, salah satu yang diklaim punya kualitas premium adalah Nuova Simonelli. Ini adalah salah satu merek mesin pembuat kopi terkenal yang berasal dari Italia. Brand yang satu ini sudah memproduksi sejumlah mesin kopi yang bisa dimanfaatkan sesuai kebutuhan, apakah untuk kebutuhan rumahan atau di kafe. Berikut beberapa tipe mesin kopi keluaran Nuova Simonelli yang diklaim berkualitas baik.

Mesin kopi Nouva Simonelli (sumber: astromesin.com)
Mesin kopi Nouva Simonelli (sumber: astromesin.com)

Varian Mesin Kopi Nuova Simonelli

  • Nuova Simonelli MDX Doser. Mesin giling kopi ini merupakan produk yang banyak dicari. Selain dikenal akan kualitasnya, produk juga hadir untuk melengkapi kebutuhan masyarakat akan mesin giling kopi yang praktis dan menghasilkan hasil maksimal. Mesin ini memiliki fitur yang bisa dioperasikan dengan mudah. Produk ini memiliki layar LCD dengan panel kontrol yang mudah dan intuitif. Mesin ini berkapasitas 2 pon dan memiliki berat 13 kilogram.
  • Nuova Simonelli Aurelia Semi-Auto Espresso Machine 3 Group. Menurut catatan beberapa blogger barista dunia, Nuova Simonelli Aurelia Semi-Auto Espresso Machine 3 Group menjadi mesin seduh kopi . Sayangnya, harga produk ini memang cukup menguras kantong.
  • Nuova Simonelli Appia II. Ini adalah mesin espresso komersial dengan produktivitas tinggi dan kinerja tinggi yang menegaskan semua fitur yang diapresiasi oleh lebih dari seratus ribu barista di seluruh dunia. Tim Nuova Simonelli, yang menerapkan hasil yang dilakukan dengan dukungan berbagai profesional, telah menciptakan Appia II sebagai mesin yang lebih kaya, lebih nyaman untuk para barista, bahkan dengan yang lebih sederhana sekalipun. Sederhana dan inovatif, itulah yang menonjol dari Appia II ini. Selain itu, ideal untuk ruangan manapun.
  • Nuova Simonelli Oscar 2, diklaim memiliki semua komponen yang diperlukan untuk membuat espresso yang sempurna. Mesin minuman ini dibuat dari pengecoran kuningan yang menawarkan bahan tahan panas dan korosi terbaik di industri. Para insinyur di Nuova membangun produk ini untuk memungkinkan jalur penukar panas dari boiler untuk secara pasif bersirkulasi ul.

Jika Anda tertarik memiliki mesin kopi buatan Nuova Simonelli, tidak sulit mendapatkan produk tersebut. Anda bisa membelinya di berbagai toko perlengkapan barista dan perabotan rumah. Bahkan mesin kopi asal Negeri Pizza ini juga sudah dijual secara online via e-commerce top Tanah Air. Berikut kami sajikan informasi terbaru kisaran harga mesin kopi Nuova Simonelli.

Mesin Kopi Nuova Simonelli (Instagram @nuovasimonelli_us)
Mesin Kopi Nuova Simonelli (Instagram @nuovasimonelli_us)

Harga Nuova Simonelli

Tipe Nuova Simonelli Harga
Nuova Simonelli MDJ On Demand Rp20.500.000
Nuova Simonelli Oscar 2 Rp21.750.000 – Rp26.650.000
Nuova Simonelli Musica Lux Rp36.000.000
Nuova Simonelli New Appia S 1G Rp52.000.000
Nuova Simonelli New Appia S 2G Rp69.000.000 – Rp75.000.000
Nuova Simonelli New Appia V 2G Rp79.000.000 – Rp84.500.000
Nuova Simonelli Appia 3 Rp82.786.000
Nuova Simonelli New Appia V Compact 2G + Easy Cream Rp84.500.000
Nuova Simonelli Aurelia S 2G Rp91.000.000
Nuova Simonelli New Appia V 1 Rp97.340.000
Nuova Simonelli Aurelia V 2G Rp98.000.000 – Rp127.400.000
Nuova Simonelli Aurelia Semi-Auto Espresso Machine 3 Group Rp175.000.000

Harga mesin kopi merk Nuova Simonelli di atas kami rangkum dari berbagai sumber, termasuk toko mesin kopi dan juga situs jual beli online. Jika dibandingkan penawaran sebelumnya, harganya ada yang turun dan ada yang naik. Nuova Simonelli MDJ On Demand misalnya, awalnya dijual Rp26,25 juta dan sekarang turun menjadi Rp20,5 jutaan. Sementara itu, harga Nuova Simonelli New Appia V 1 yang semula Rp62 juta, saat ini naik menjadi Rp97 jutaan.

Harga Nuova Simonelli Bekas

Jika produk baru Anda rasa harganya masih sangat mahal, tidak perlu risau. Pasalnya, sudah ada banyak toko yang menawarkan mesin kopi Nuova Simonelli dalam kondisi bekas. harga Nuova Simonelli Appia 2 second misalnya, sekarang berada di kisaran Rp39 juta sampai Rp49,5 jutaan. Sementara itu, harga Nuova Simonelli Oscar 2 bekas berkisar Rp19 jutaan. (Panca)

[1] Suisa, Kelvianto dan Veronica Febrilia. 2014. Gaya Hidup Minum Kopi Konsumen di The Coffee Bean & Tea Leaf Plasa Tunjungan Surabaya. Jurnal Hospitality dan Manajemen Jasa Universitas Petra, Vol. 2(2): 326-343.

[2] Ramalakshmi, K., dkk. 2008. Antioxidant Potential of Low-Grade Coffee Beans. Food Research International, Vol. 41: 96-103.

Pos terkait