Update Harga Longboard (Semua Merk)

No comment5044 views

Berbicara tentang olahraga darat menggunakan papan beroda, pasti yang pertama kali ada di pikiran adalah longboard. Sekilas, olahraga ini memang mirip dengan skateboard, hanya saja papan yang digunakan lebih dan berat. Papan longboard ini dijual di toko olahraga dengan harga yang sesuai dengan mereknya.

Para pemain skateboard sering dibilang keren karena termasuk olahraga ekstrem. Kedua, saat memainkan skateboard, para pemainnya punya atraksi-atraksi yang luar biasa, tentu dengan latihan dan yang terus mereka pelajari. Selain itu, yang bikin mereka terlihat okeadalah gaya berpakaiannya yang casual dan simple.

Para pemain longboard (sumber: pubinfo.id)

Para pemain longboard (sumber: pubinfo.id)

Nah, ternyata saat ini tidak hanya ada skateboard. Ada juga yang namanya longboard. Secara kasat mata, kedua permainan ini memang sama karena keduanya sama-sama menggunakan papan beroda untuk berseluncur. Namun, jika ditelusuri secara lebih detail, ada beberapa hal yang membedakan antara kedua permainan tersebut.

Longboarding pertama dibuat oleh peselancar Hawai pada tahun 1940-an hingga 1950-an sebagai alternatif untuk menaiki sebuah ombak. Peluncur awalnya membangun papan berbahaya dan improvisasi dari papan kayu dan sepatu roda dalam praktik yang dikenal dengan Trotoar. Longboarding diproduksi pertama kali secara komersial pada tahun 1959 saat Makaha, Jacks, dan Hobie menjadi distributor pertama longboarding profesional. Papan panjang ini awalnya tergolong biasa karena masih menampilkan roda logam. Namun, seiring berjalannya waktu, longboarding memiliki roda yang lebih baik agar menjaga keamanannya lebih baik lagi. 

Longboarding menjadi kegiatan yang populer di akhir 1950-an dan awal 1960-an, tetapi popularitasnya sebagian besar telah menurun pada tahun 1965. Kemudian, pada tahun 1972, pamor longboarding kembali lagi ketika Frank Nasworthy dan Cadillac Wheel Company memperkenalkan roda uret longgar. Keunggulan yang didapat dengan menggantikan rodanya ialah kekuatan atau bahkan kecepatan dari longboarding semakin bertambah. Ini yang papan seluncur satu ini kembali digandrungi.

Perbedaan Skateboard dan Longboard

  • Selain lebih lebar dan lebih berat, papan longboard ternyata lebih panjang dari papan skateboard. Umumnya panjang papan longboard sekitar 32 hingga 60 inci, sedangkan skateboard lebih kecil, berukuran 28 sampai 32 inci. Panjang papan ini memengaruhi keseimbangan badan saat memainkannya.
  • Kalau biasanya skateboard dilakukan di tempat-tempat khusus skateboarding atau taman kota, longboarding biasanya dilakukan di jalanan-jalanan menurun perbukitan atau lembah.
  • Para pemain skateboard menggunakan teknik-teknik lompatan dan skill yang cukup tinggi untuk aksinya. Sekarang, seiring perkembangan zaman, skateboard pun sudah banyak macam freestyle-nya. Sementara, longboard lebih mengutamakan kecepatan dalam menyusuri turunan/-jalan menurun. Namun, tidak asal meluncur turun, longboard punya beberapa teknik dan gaya yang bervariasi seperti cruising, sliding, carving, braking, dan juga land padding.

Pada dasarnya, longboard adalah perpaduan dari olahraga surfing dan skateboard. Karena hal itu, longboard bisa dikatakan solusi bagi para surfer yang jauh dari daerah pantai. Bisa melakukan surfing di daratan tentu menjadi hal yang mengasyikkan. Nah, saat ini, peralatan longboard memang masih sulit ditemui ketimbang skateboard. Namun, di Jakarta. Ternyata sudah banyak komunitas longboard. 

Ilustrasi: Perempuan Bermain Longboard (credit: play.decathlon.co.uk)

Ilustrasi: Perempuan Longboard (credit: play.decathlon.co.uk)

Gaya Riding Longboard

  • Transportasi. Longboard bisa dijadikan sebagai sarana transportasi dalam menuju tempat tujuan. Daripada harus bermacet-macet, meluncur bareng longboard di jalanan yang padat tentu bakal sangat menyenangkan. Karena bentuknya, longboard bisa diajak melewati sisi-sisi sempit. Tantangan berupa lubang atau jalanan bergelombang bisa dijadikan sebagai sarana mengembangkan kreativitas dalam bermain longboard.
  • Downhill dan Freeride. Ini adalah cara bermain secara ekstrem dengan longboard. Tentunya diperlukan jalanan di pegunungan dengan sudut kemiringan yang bisa membuat roda-roda papan longboard melaju sangat kencang. Setiap tikungan adalah tantangan. Namun, perhatikan keselamatan dengan memperhatikan lalu lintas di jalanan tersebut.
  • Cruising dan Carving. Bagi pemula, coba cara untuk menikmati longboard dengan lebih fun. Tinggal pilih jalanan dengan sudut kemiringan yang tak terlalu tajam sehingga bisa meluncur dengan santai dan pelan, sambil belajar mengendalikan longboard dengan lebih baik. Cruising dan carving juga bisa menjadi alternatif untuk olahraga jogging atau bersepeda.
  • Freestyle dan Dancing. Freestyle dan dancing membutuhkan kreativitas tinggi dari para rider. Maksudnya bukan menari di atas papan, namun melakukan trik-trik dan manuver keren untuk dipadukan saat ber-longboard. Beberapa gaya yang bisa disebut sebagai trik freestyle adalah shuvit, kick flip, cross step, atau tiger claw.

Bagi Anda yang tertarik menekuni kegiatan atau olahraga ini, saat ini telah banyak toko online atau offline yang menjual longboard lengkap dengan aksesoris dan kelengkapan lainnya. Harganya beragam, sesuai dengan merek yang dipilih. Sebagai referensi, berikut kami tampilkan daftar harga longboard yang ada di pasaran.

Ilustrasi: Berbagai Model Longboard (credit: locorider)

Ilustrasi: Berbagai Model Longboard (credit: locorider)

Harga Longboard

Tipe/Merk LongboardHarga
Oxelo Beginner Root Longboard Rp1.960.000
Oxelo Drop140 Longboard Rp1.750.750
Landyachtz Dinghy Sunset CompleteRp1..000
Landyachtz Tugboat Beach Patrol CompleteRp2.427.049
Landyachtz Tugboat Bigfoot CompleteRp2.427.049
Bustin Dime Yellow CompleteRp1.850.934
Penny 36 Longboard Osean MistRp2.860.000
Z-Flex Longboard Dragon Drop ThroughRp3.450.000
Sector 9 RockerRp2.998.848
Penny 36 Longboard Blackout Rp2.860.000
Oxelo Longboard Classic Decathlon Rp1.296.000 
Longboard Landyachtz Axe Bear Rp3.700.000
Bustin Complex CompleteRp1.650.000
Kebbek Rave CompleteRp2.284.961
Bustin Yoface 35 CompleteRp2.534.323
Bustin Yoface 39 CompleteRp2.677.142
Bustin Robot V2 36Rp1.542.302
Bustin Maestro 38 CompleteRp2.684.283
Bustin Boombox Pro Thermocarbon CompleteRp3.778.734
Loaded Poke Complete With CarversRp4.270.288
Arbor Axis 37 Solstice Longboard Rp2.855.665
Bikight 250w LongboardRp3.776.000
Swagtron Electric Longboard Rp2.284.961
Blitzart Tornado Electronic 38”Rp3.362.748

Informasi harga longboard di atas kami rangkum dari berbagai sumber, termasuk toko perlengkapan olahraga dan situs jual beli online. Jika dibandingkan tahun 2020 kemarin, harga longboard saat ini ada yang naik dan ada yang turun. Sebagai contoh, Oxelo Beginner Root Longboard yang semula harganya Rp1,4 juta, naik menjadi Rp1,9 jutaan. Sebaliknya, Landyachtz Dinghy Sunset Complete yang awalnya dibanderol Rp1,9 jutaan, turun menjadi Rp1,25 juta. Untuk memperoleh informasi lebih lengkap, Anda bisa datang langsung ke toko peralatan olahraga terdekat.

[Update: Almas]

Baca juga  Harga Ikan Palmas Orna (Ukuran 17 cm, 25 cm, 30 cm)
author
Mengetahui harga-harga, dan mengikuti dinamikanya adalah proses mengasah kecerdasan finansial. Be Smart!

Leave a reply "Update Harga Longboard (Semua Merk)"