Daftar Harga Leopard Gecko Mulai dari yang Paling Murah Sampai Termahal

Binatang peliharaan ternyata tidak melulu berupa anjing, kucing, burung, atau ikan hias. Kini juga banyak penggemar melata alias reptil yang memelihara binatang layaknya tokek. Seperti yang sudah sering Anda dengar, jenis tokek alias gecko ada banyak. Salah satu yang cukup populer dan disukai para pecinta reptil adalah jenis leopard gecko.

Leopard gecko (sumber: lvzoo.org)

Leopard gecko (sumber: lvzoo.org)

Leopard gecko atau hewan yang memiliki nama ilmiah Eublepharis macularius ini dijuluki ‘leopard’ karena memang motif tubuhnya yang seperti leopard atau macan tutul. dasar leopard gecko biasanya kuning dengan bintik-bintik hitam atau cokelat gelap di sekujur tubuhnya. Orang-orang Indonesia biasanya menyebut leopard gecko dengan sebutan tokek tutul atau tokek hias.

Hewan eksotis satu ini berasal dari dataran kering, berbatu, berdebu, dan berhawa panas di wilayah India, Pakistan, Afganistan, dan Iran. Lantaran berasal dari daerah yang semacam itu, leopard gecko pun tumbuh dengan memiliki kelopak mata. Hal itu pula yang menjadikannya sangat unik, sebab tokek lain tak mempunyai kelopak mata seperti leopard gecko. Di Indonesia, leopard gecko cukup disukai sebagai hewan peliharaan karena memiliki warna tubuh yang indah dan dari segi perawatan juga relatif mudah.

Tokek leopard ini kabarnya merupakan salah satu tokek terbesar di antara golongannya. Bayangkan saja, untuk leopard gecko jenis kelamin betina memiliki panjang antara 18-20 cm dengan berat badan antara 50-70 gram, sedangkan yang jantan ukurannya lebih besar dengan panjang antara 20-28 cm dengan berat antara 60-80 gram. Jika pertumbuhannya bagus, leopard gecko bahkan bisa memiliki panjang yang mencapai 30cm. Luar biasa sekali kan?

Bukan hanya dari segi warna saja yang unik, ekor dari leopard gecko pun memiliki bentuk yang menyerupai daun. Kulit hewan ini kasar dan berbintik-bintik dengan warna dasar tubuh kuning pucat atau kuning lemon dan dihiasi bintik-bintik besar tak beraturan warna hitam di sekujur tubuhnya, kecuali bagian bawah dengan bintik yang lebih pucat atau tidak sama sekali dari kepala sampai ekor. Untuk matanya berwarna hitam pekat. Warna dasar tubuh leopard gecko bermacam-macam, ada yang kuning, kuning kecokelatan, coklat muda, oranye, kemerahan, sedangkan bintik-bintiknya biasanya hanya hitam atau cokelat gelap.

Dibandingkan tokek jenis lain, tokek leopard ini umumnya jinak, lembut, tidak agresif, dan tingkahnya cukup menghibur. Karena merupakan hewan nokturnal, leopard gecko biasanya baru aktif di malam hari. Kebiasaan unik dari hewan ini adalah biasanya buang air besar di spot yang sama, sehingga saat dipelihara pun tak terlalu merepotkan saat membersihkannya. Binatang ini juga kabarnya cukup bersih, bahkan dapat menjilat bola mata mereka sendiri.

Ukuran tubuhnya yang besar juga membuat gerak tokek ini cenderung lamban. Satu hal lagi yang harus Anda ingat, tokek ini dapat memutus ekornya sendiri ketika merasa terancam bahaya. Oleh sebab itu, jika hendak memegang leopard gecko, sebaiknya jangan memegang bagian belakang atau area ekornya dan sebaiknya dilakukan secara hati-hati agar hewan ini tidak kaget. Seperti halnya cicak, ekor leopard gecko memang bisa tumbuh lagi. Tetapi biasanya bentuk ekornya nanti akan kalah indah dari ekor yang semula.

Jenis makanan untuk leopard gecko biasanya adalah serangga kecil seperti semut, kecoak, kumbang, belalang, jangkrik, dan larva-larva. Tokek ini pun menyukai cacing. Untuk pengembangbiakannya, tokek biasanya baru produktif secara seksual saat sudah berusia 9 bulan atau saat beratnya mencapai 45 gram. Untuk membiakkan leopard gecko, Anda dapat meletakkan seekor tokek jantan dengan 2-3 tokek betina dan sediakan sepiring kecil kalsium dalam terarium sepanjang tahun. Biarkan para betina menjilatnya sesuai kebutuhan. Berikut ini informasi leopard gecko di .

Daftar Harga Leopard Gecko

Leopard gecko (sumber: seavs.com)

Leopard gecko (sumber: seavs.com)

Jenis Leopard GeckoHarga (Rp)
Leopard Gecko all morph99.000
Leopard Gecko tangerine100.000
Leopard Gecko bell bold stripe lavender120.000
Baby Leopard Gecko sunglow150.000
Leopard Gecko morph radar (bell eclipse)150.000
Leopard Gecko raptor full CT170.000
Leopard Gecko indukan line bell180.000
Leopard Gecko blood emerine200.000
Leopard Gecko Juvenile270.000
Leopard Gecko macksnow radar300.000
Leopard Gecko tangerine enigma ph temper jantan350.000
Leopard Gecko sunglow betina belang350.000
Leopard Gecko bell bold stripe female400.000
Leopard Gecko Tremper Enigma450.000
Leopard Gecko supersnow het eclipse poss525.000
Leopard Gecko super snow eclipse600.000
Leopard Gecko macksnow lemon frost jantan600.000
Leopard Gecko lemon frost750.000
Leopard Gecko jumbo750.000
Leopard Gecko lemon frost bold jungle betina800.000
Leopard Gecko tremper lavender850.000
Leopard Gecko hybino super giant female1.200.000
Leopard Gecko lemon frost hybino white and yellow betina1.500.000
Leopard Gecko snow bell enigma lemon frost1.500.000
Leopard Gecko lemonfrost jantan2.500.000

Informasi harga leopard gecko di atas diperoleh dari berbagai sumber. Perlu Anda ketahui bahwa harga leopard gecko bisa mengalami perubahan sewaktu-waktu tanpa pemberitahuan sebelumnya. Selain itu, harga leopard gecko di setiap tempat bisa saja berbeda-beda, tergantung dari penawaran pihak penjual.

Apabila Anda sedang mencari leopard gecko yang bagus tapi murah, Anda bisa mengunjungi orang-orang yang membudidayakan leopard gecko atau bisa juga membelinya lewat sesama penghobi. Selain itu, Anda juga bisa membeli leopard gecko secara online lewat berbagai situs e-commerce. Tetapi biasanya binatang-binatang semacam ini dikirim melalui ekspedisi khusus. Pilih juga seller yang memang berpengalaman dan memberikan garansi untuk pengiriman hewan reptil seperti leopard gecko. Hal ini penting supaya leopard gecko bisa sampai di tangan Anda dalam kondisi selamat dan masih hidup.

Baca juga  Info Harga Ular Jagung (Corn Snake) di Pasar Hewan
loading...
author
Pengamat produk dan harga komoditas. Saat ini tinggal di Kota Malang.

Leave a reply "Daftar Harga Leopard Gecko Mulai dari yang Paling Murah Sampai Termahal"