Info Terbaru Harga Kayu Nangka (Berbagai Ukuran)

No comment8816 views

Nangka atau Artocarpus heterophyllus merupakan sebuah pohon yang memiliki buah dan buahnya kerap dijadikan olahan yang sangat lezat oleh orang-orang di Indonesia. Selain daging buahnya yang manis dan wangi, ternyata pohon atau dari tumbuhan nangka juga bisa dimanfaatkan untuk bahan furniture layaknya jati, sengon, atau sebagainya. Di pasaran sendiri, nangka mulai ratusan ribu rupiah, tergantung ukurannya.

Balok kayu nangka (sumber: jualo.com)

Balok kayu nangka (sumber: jualo.com)

Pohon nangka biasanya memiliki ukuran sedang dengan tinggi yang bisa mencapai 20 hingga 30 meter. Bentuk batangnya bulat silindris dengan diameter sekitar 1 meter, kemudian tajuknya padat dan lebat, melebar dan membulat jika berada di tempat terbuka. Apabila pohon nangka berada di tempat dengan lahan yang cocok, maka nangka bisa berbuah sepanjang tahun.

Awalnya, banyak yang percaya jika pohon nangka berasal dari kawasan India, tepatnya wilayah Ghats bagian barat. Namun, saat ini tanaman nangka telah tersebar di luas di sejumlah tropis, terutama kawasan Asia Tenggara, termasuk Indonesia. Di Yogyakarta, kayu nangka kerap dipakai sebagai bahan baku untuk industri mebel. Karena itu, kini semakin sulit untuk mencari pohon nangka di Yogyakarta karena banyaknya orang yang menebang pohon-pohon nangka dalam jumlah besar.

Banyak orang beralih ke kayu nangka lantaran kayu jati saat ini harganya sudah terlalu mahal dan tak bisa dijangkau oleh banyak kalangan. Dulu, kayu nangka sudah biasa digunakan sebagai untuk membangun joglo. Selain kuat, ternyata kayu nangka pun memiliki manfaat yang membuatnya sangat bersaing dengan kayu-kayu mahal lain seperti jati.

Batang kayu nangka sudah menjadi salah satu resep tradisional yang berkhasiat untuk mengurangi penyebaran penyakit pes yang disebabkan oleh tikus. Selain tak mungkin digerogoti oleh tikus, pemakaian kayu nangka sebagai bahan bangunan rumah pun dapat menghindarkan rumah dari serangan serangga atau rayap. Tak hanya sebagai material untuk rumah saja, sejak dahulu kayu nangka bahkan telah dimanfaatkan untuk membangun kandang di Pulau Jawa.

Harga kayu nangka di pasaran pun cukup terjangkau, biasanya tergantung ukuran, yang tersedia dengan panjang mulai dari 100 cm dan diameter 7 cm. Ukuran yang paling kecil sekarang ditawarkan dengan harga mulai dari Rp300 ribuan, sedangkan yang panjangnya mencapai lebih dari 2 meter dengan diameter lebih dari 20 cm, harganya berkisar Rp1,5 jutaan. Berikut rincian daftar harga terbaru kayu nangka di pasaran saat ini.

Harga Kayu Nangka

Daftar, harga, kayu, nangka, berbagai, ukuran, di, pasaran, meter, kubik, jenis, rincian, diameter,

Kayu nangka (erbrus.ru)

PanjangDiameterHarga
100 cm – 190 cm7 cm – 9 cmRp363.000
10 cm – 15 cmRp469.000
16 cm – 19 cmRp592.000
Lebih dari 20 cmRp766.000
Lebih dari 200 cm10 cm – 15 cmRp600.000
16 cm – 19 cmRp828.000
Lebih dari 20 cmRp1.580.000

Selain itu, ada juga penjual yang menawarkan kayu nangka dalam bentuk papan dan balok. Untuk kayu nangka berbentuk papan, dijual dengan harga Rp2.500.000 dengan panjang 2 hingga 2,5 meter. Sementara, banderol kayu nangka berbentuk balok sekarang mulai Rp2.100.000 untuk ukuran panjang 1 hingga 1,5 meter serta Rp2.300.000 untuk ukuran panjang 2 hingga 2,25 meter.

[Update: Panca]

Baca juga  Info Harga Terbaru Beras Maknyus Ukuran 5 Kg
loading...
author
Pengamat produk dan harga komoditas. Saat ini tinggal di Kota Malang.

Leave a reply "Info Terbaru Harga Kayu Nangka (Berbagai Ukuran)"