Daftar Harga Kayu Balsa dalam Berbagai Ukuran

No comment17708 views

Kayu balsa atau kayu yang memiliki nama ilmiah Ochroma Pyramidale/ Ochroma Bicolor ini adalah tumbuhan asli dari daerah Amerika Selatan. Ekuador merupakan utama penghasil kayu balsa. Di Indonesia pohon balsa banyak ditemui di Jawa, Sulawesi, dan Papua Nugini.

Kayu Balsa - login.aliexpress.com

Kayu Balsa - login.aliexpress.com

Jenis kayu balsa wood ini memiliki tampilan berwarna putih kemerahan dengan serat yang . Tak seperti kayu jati, kayu balsa justru termasuk kayu dengan yang ringan dan lunak. Meski sangat ringan, ternyata kayu balsa memiliki kekuatan dan tingkat elastisitas yang tinggi. Tak ayal jika kayu balsa banyak dicari oleh penggiat aeromodeling.

Alasan utama kayu balsa disukai penggemar aeromodelling karena kayu balsa ini dapat dibentuk dengan mudah hanya dengan memakai -alat sederhana seperti cutter, sanding paper, serta lem untuk merekatkan tiap bagiannya.

Selain digunakan untuk aeromodelling, kayu balsa juga banyak dimanfaatkan para untuk membuat miniatur maket bangunan. Bahkan kayu balsa pun bisa digunakan sebagai bahan baku kerajinan tangan yang unik dan menarik.

Baca juga  Cara Menanam dan Harga Cabe Carolina Reaper Terbaru

Bila Anda pernah ke daerah Pantai Kuta Bali, maka Anda pun tentu sudah familiar dengan surf board atau papan selancar. Nah, di sana papan selancar sudah banyak yang menggunakan kayu balsa selain foam dan polyurethane.

Pasalnya, kekuatan kayu balsa ini memang tak bisa dianggap remeh. Kayu balsa dengan ketebalan 12 mm ternyata setara dengan kekuatan baja 3 mm. Balsa jenis core composite tersebut dimanfaatkan untuk industri perkapalan, kendaraan berat ringan, dan masih banyak lagi.

Pohon balsa bisa tumbuh mencapai diameter antara 25-45 cm hanya dalam kurun waktu 3-5 tahun. Lantaran prospeknya yang cukup baik, kini sudah banyak masyarakat yang mulai membudidayakan pohon balsa untuk kemudian dijual kayunya.

Harga kayu balsa di pasaran pun cukup murah. Biasanya kayu balsa dijual dalam bentuk balsa sheet, balsa strip, atau balsa stick dengan harga mulai dari Rp 12 ribuan tergantung ukurannya. Berikut daftar harga kayu balsa terbaru saat ini.

Baca juga  Harga Traktor Sawah Kubota (Semua Tipe)
Ukuran Kayu Balsa (Panjang x Lebar x Tebal)Harga
100 cm x 10 cm x 1,5 mmRp 12 ribu
100 cm x 10 cm x 2 mmRp 13 ribu
100 cm x 10 cm x 3 mmRp 15 ribu
100 cm x 10 cm x 4 mmRp 16 ribu
100 cm x 10 cm x 5 mmRp 18 ribu
100 cm x 10 cm x 6 mmRp 19 ribu
100 cm x 10 cm x 7 mmRp 20 ribu
100 cm x 10 cm x 8 mmRp 21 ribu
100 cm x 10 cm x 9 mmRp 22 ribu
100 cm x 10 cm x 10 mmRp 24 ribu
author
Pengamat produk dan harga komoditas. Saat ini tinggal di Kota Malang.

Leave a reply "Daftar Harga Kayu Balsa dalam Berbagai Ukuran"