Info Terbaru Harga Ikan Sarden Kaleng di Indomaret dan Alfamart

Jika dibandingkan dengan tuna dan salmon, sarden memang masih kalah populer. Namun, manfaat sarden tidak kalah jauh dari dua tersebut. Bahkan, kandungan sarden hampir menyamai keduanya. Jika Anda berminat mengonsumsi makanan ini, sekarang telah tersedia sarden kaleng di berbagai minimarket, seperti Indomaret dan Alfamart, dengan relatif terjangkau.

Manfaat Ikan Sarden

Ikan sarden kalengan (sumber: latimes.com)

Ikan sarden kalengan (sumber: latimes.com)

Ikan sarden merupakan ikan yang memiliki kandungan yang sangat baik untuk kesehatan. Dengan mengonsumsi ikan sarden secara rutin, diklaim bisa menjaga kesehatan . Kandungan omega 3 sangat berguna sekali dalam memerangi kolesterol jahat dan trigliserida yang merupakan pemicu utama dari serangan .

Rutin ikan sarden juga akan menjaga kesehatan darah serta aliran darah. Ikan sarden dianggap sangat ampuh untuk mencegah penggumpalan darah juga pengerasan arteri. Selain itu, ikan sarden juga akan membuat mata Anda lebih sehat, karena dikatakan bisa mengurangi risiko terkena masalah makula pada usia senja.

Tak hanya itu, ikan sarden juga kaya akan kandungan kalsium dan fosfor, sangat berguna dalam memperkuat tulang. Selain kalsium, ikan sarden juga termasuk ikan yang kaya protein, kandungan ini sangat berguna dalam regenerasi kulit. Nah, jika ini terus terjaga, maka kulit Anda akan lebih terjaga kesehatannya. Ikan sarden juga bisa memiliki kandungan lemak yang sehat, kandungan inilah yang akan memperlambat penyerapan gula ke dalam darah sehingga Anda akan terhindar dari risiko penyakit diabetes.

Cara Mengolah Ikan Sarden

Ada banyak cara untuk mengolah jenis ikan sarden, salah satunya dalam bentuk sarden kalengan. Sarden kalengan merupakan salah satu jenis makanan kalengan yang menjadi andalan banyak orang, karena dianggap sangat praktis. Buka kaleng, hangatkan sebentar, dan ikan mungil dengan sausnya siap disantap. Kalau perlu, dengan sedikit tambahan bawang merah dan bawang putih, jadilah sajian yang istimewa.

Olahan ikan yang satu ini memang kerap kali dijadikan solusi bagi sebagian orang yang malas memasak ikan segar. Selain rasanya yang enak dan gurih, kemudahan pengolahan yang ditawarkan membuat sarden kalengan semakin akrab saja di kalangan masyarakat. Bermacam olahan juga bisa dibuat dari olahan ikan yang dikemas dalam wadah kaleng ini. 

Pengalengan ikan sendiri adalah salah satu teknik pengolahan dengan cara memanaskan ikan dalam wadah kaleng yang ditutup rapat untuk menonaktifkan enzim, membunuh mikroorganisme, dan mengubah ikan dalam bentuk mentah menjadi yang siap disajikan. Meski demikian, dikatakan memiliki kandungan nilai gizi yang sedikit menurun karena proses denaturasi protein akibat proses pemanasan bila dibandingkan dengan ikan segar, namun masih lebih tinggi bila dibandingkan sumber protein nabati seperti tahu dan tempe.

Harga, sarden, di, indomaret, alfamart, supermarket, merek, merk, ABC, Botan, Gaga, Del Monte, kemasan, ukuran, jenis, ikan, olahan, proses, tuna, salmon, sardine

Olahan sarden (rockingmama.id)

Metode pengawetan dengan cara pengalengan ditemukan oleh Nicholas Appert, seorang ilmuwan Peancis. Pengalengan makanan merupakan suatu cara pengawetan bahan-bahan makanan yang dikemas secara hermetis dan kemudian disterilkan. Pengemasan secara hermetis dapat diartikan bahwa penutupannya sangat rapat, sehingga tidak dapat ditembus oleh udara, air, kerusakan akibat oksidasi, ataupun perubahan citarasa. Di dalam pengalengan makanan, bahan pangan dikemas secara hermetis (hermetic) dalam suatu wadah, baik kaleng, gelas, atau

Secara teknis, ada beberapa cara yang menggunakan prinsip mikrobiologis, yaitu mengurangi jumlah seminimal mungkin mikroorganisme pembusuk, mengurangi kontaminasi mikroorganisme, serta menciptakan suasana lingkungan yang tidak disukai oleh mikroorganisme dengan cara pemanasan dan radiasi. 

Pemusnahan mikroorganisme dengan pemanasan pada pengalengan ikan pada prinsipnya menyebabkan denaturasi protein, serta menonaktifkan enzim yang membantu proses metabolisme. Penerapan panas dapat bermacam-macam, tergantung dari jenis mikroorganismenya, fase mikroorganisme, dan kondisi lingkungan spora bakteri. Semakin rendah suhu yang diberikan, semakin banyak waktu yang diperlukan untuk pemanasan. Pada pengalengan, yang perlu diwaspadai adalah bakteri anaerob seperti Closteridium botullinum yang tahan terhadap suhu tinggi.

Berbagai merk sarden dari Indonesia sudah tersedia di supermarket dan minimarket. Juga, ada beragam pilihan bumbu ikan dalam kemasan kalengan ini. Di antaranya yang populer adalah saus tomat dan saus cabai. Salah satu kelebihan ikan sarden kalengan adalah tulang ikannya yang empuk sehingga tak sulit saat menyantapnya.

Selain pilihan bumbu yang beragam, kemasan ikan sarden kalengan juga bervariasi, mulai dari kemasan kaleng 155 gram hingga kemasan lebih besar yakni 425 gram. Harganya relatif murah, dijamin tidak membuat kantong Anda jebol. Sebagai referensi, berikut informasi terbaru harga ikan sarden kalengan di minimarket.

Harga Sarden Kalengan

Aneka produk ikan sarden kalengan (sumber: thecoraltriangle.com)

Aneka produk ikan sarden kalengan (sumber: thecoraltriangle.com)

Merk Sarden KalenganHarga IndomaretHarga Alfamart
Home Sardine 155 gr-Rp6.500
Fiesta Sarden Saus 155 grRp7.100-
Gaga Sardines Chili & Tomato 155 grRp8.000-
Pronas Sardines In Tomato Sauces 155 grRp8.300-
Maya Sardine In Tomato Sauce 155 grRp8.500Rp8.400
ABC Sardines Tomat 155 grRp8.600-
ABC Sardines Chili 155 grRp9.000-
ABC Sardines Saus Ekstra Pedas 155 gr-Rp9.200
Botan Sardines Premium In Tomato Sauce 155 grRp9.900-
King’s Fisher Sarden Goreng Balado 155 grRp11.200Rp10.300
Maya Sardine In Tomato Sauce 425 grRp19.900Rp19.500
King’s Fisher Sarden Tomato Sauce 425 gr-Rp20.500
Gaga Sardines Tomat & Chili 425 grRp20.700-
ABC Sardines Chili 425 grRp21.500Rp20.900
ABS Sardines Extra Pedas 425 grRp21.500Rp20.900
ABC Sardines Tomat 425 grRp21.700Rp20.900
Botan Sardines Premium In Tomato Sauce 425 grRp22.000-
King’s Fisher Sarden Goreng Balado 425 grRp27.500-

Harga ikan sarden kalengan di atas kami rangkum dari situs resmi masing-masing minimarket. Perlu diingat bahwa harga ikan sarden kalengan tersebut tidak mengikat dan dapat berubah sewaktu-waktu. Pada tahun sebelumnya, harga produk ini berkisar Rp8 ribu sampai Rp24 ribuan, tergantung merk dan kemasan yang ditawarkan. 

[Update: Panca]

Baca juga  Update Harga Tiket Bioskop Cinemaxx Malang Town Square (Matos)
loading...
author
Mengetahui harga-harga, dan mengikuti dinamikanya adalah proses mengasah kecerdasan finansial. Be Smart!
  1. author

    Gren6 bulan ago

    Dari semua itu hanya 3 produk yang pernah ku coba, itupun cuman ikan sarden.. ikan makarel belum pernah sama sekali.. sekali2 kek nya pengen nyoba juga itu

    Reply

Leave a reply "Info Terbaru Harga Ikan Sarden Kaleng di Indomaret dan Alfamart"