Update Harga Gula Halus Kemasan 250gr, 500gr, dan 1 Kg di Pasaran

Siapa yang tak suka putri salju? Rasanya, hampir semua orang pasti senang mencicipi kering bertabur halus ini, meskipun ketika memakannya, tergolong cukup merepotkan karena akan membuat bibir kita belepotan dengan . Rasanya yang manis dan gurih akan membuat siapa saja tertarik untuk menyantap putri salju hingga beberapa kali. putri salju sendiri memang relatif terjangkau, tak heran jika satu ini hampir selalu ada di tiap momen seperti Lebaran.

Kue Putri Salju (credit: Merdeka)

Kue Putri Salju (credit: Merdeka)

Kue putri salju biasanya dikombinasikan dengan keju, kacang tanah, almond, atau kacang mede. Itulah yang membuat rasanya tidak membosankan saat dikunyah. Bentuknya pun bermacam-macam, umumnya memang berbentuk seperti bulan sabit, namun ada pula yang membentuk kue putri salju menjadi bulat layaknya nastar, atau bentuk-bentuk lain sesuai cetakan yang tersedia. Meski bentuknya variatif, rasanya cenderung sama.

dan cara membuat kue putri salju bisa dikatakan cukup simpel. Anda hanya memerlukan -bahan seperti tepung terigu, tepung maizena, margarin, kuning telur, keju edam parut, keju cheddar parut, garam, dan gula halus atau gula halus mint untuk taburan.

Resep Putri Salju

  • Kocok margarin hingga lembut, masukkan telur dan kocok terus hingga mengembang.
  • Masukkan sedikit demi sedikit tepung terigu dan tepung maizena. Aduk hingga rata.
  • Masukkan keju edam, keju cheddar, dan garam. Aduk hingga menjadi adonan yang bisa dibentuk.
  • Ambil adonan dengan satu sendok teh, bentuk menjadi bulatan, lalu bentuk menjadi bulan sabit.
  • Susun adonan yang telah dicetak di atas loyang yang sudah dioles dengan mentega.
  • Panggang kue dalam oven dengan suhu 170 derajat Celcius selama 15 sampai 20 menit atau hingga matang.
  • Keluarkan kue, dinginkan dalam suhu ruangan.
  • Saat kue sudah dingin, beri taburan gula halus. Susun dalam toples dengan tutup rapat.

Nah, salah satu bahan yang tidak boleh ketinggalan saat membuat kue putri salju adalah gula halus. Tentu kue tersebut akan lebih lezat jika ditaburi dengan gula halus yang lembut  dan manis. Gula halus, atau sering disebut juga gula bubuk atau gula tepung, adalah hasil olahan gula yang sudah ditumbuk secara sangat halus. 

Gula halus/gula bubuk (sumber: inlifehealthcare.com)

Gula halus/gula bubuk (sumber: inlifehealthcare.com)

Gula halus sangat cocok ditaburkan ke aneka kue manis, seperti donat kentang, kue putri salju, hingga aneka kue-kue kering manis lainnya. Biasanya, gula halus dijual di pasaran dalam berbagai ukuran, mulai ukuran 250 gram, 500 gram, hingga per 1 kilogram. Harganya juga beragam, sesuai dengan dan ukurannya. 

Daftar Harga Gula Halus 

Merek Gula Halus Harga 
Gula Halus Repack 250 gram Rp5.000 
Gula Halus Kenari 250 gRp5.000 
Gula Halus Cap Segitiga 250 gram Rp5.500 
Gula Halus Cap Satu Laut 250 gram Rp5.500 
Gula Halus Mega 250 gRp6.000 
Gula Halus Cap Banteng 250 gram Rp6.000 
Gula Halus Feat 250 gram Rp6.000 
Gula Halus Gulus Premium 250 gram Rp6.500 
Gula Halus Cap Enak 250 gr Rp6.500 
Gula Halus Cap Ikan Mas 250 gram Rp6.500 
Gula Halus Claris 250 gram Rp7.500 
Gula Halus Cap Lampu 250 gram Rp7.500 
Gula Halus Gulus 500 grRp9.250
Gula Halus Cap Bambu 500 gram Rp10.000 
Gula Halus Suga 500 grRp10.500 
Gula Halus Cap Merak 500 gRp13.200 
Gula Halus Cap Sarang Tawon 500 gram Rp15.500 
Gula Halus Icing Sugar Fiesta 1 kg Rp29.000 
Gula Halus Ricoman Original 1 kgRp35.000 
Gula Halus Haan Fiesta 1 kgRp38.150 
Gula Halus Ricoman Light Brown 1 kg Rp51.000 
Gula Halus Ricoman Dark Brown 1 kg Rp52.300 

Perlu Anda ketahui harga gula pasir di atas tidak terikat dan dapat berubah sewaktu-waktu. Sebagai perbandingan, pada 2019 lalu, harga gula pasir berkisar Rp4 ribuan hingga Rp51 ribuan, tergantung merek dan kemasannya.

Gula pasir merupakan bahan baku masakan yang terbuat dari sari tebu dan dikristalkan membentuk serbuk-serbuk seperti pasir. Berbeda dengan gula halus, gula pasir mempunyai butiran-butiran yang lebih kasar. Gula pasir memiliki rasa yang manis dan mudah larut dalam air, terutama air panas. Gula ini umumnya berwarna putih kekuningan atau sedikit cokelat, didapatkan dari ekstraksi sari tebu yang dikristalkan, tidak mempunyai aroma, tetapi berbau harum ketika diolah menjadi karamel.

Ada beberapa kalangan yang berpendapat bahwa gula halus dan gula kastor merupakan yang sama. Namun, ada perbedaan yang signifikan di antara dua gula tersebut. Gula kastor atau caster sugar adalah gula pasir yang dihaluskan hingga mencapai ukuran butir yang sangat kecil, sekitar setengah ukuran gula pasir pada umumnya. Gula ini biasanya merupakan impor karena orang Indonesia lebih sering menggunakan gula pasir biasa. 

Caster Sugar (credit: mygreatrecipes)

Caster Sugar (credit: mygreatrecipes)

Gula kastor memiliki warna putih bersih, dengan bentuk yang lebih halus daripada gula pasir. Karena sifatnya yang mudah bercampur, maka gula kastor sering digunakan sebagai bahan campuran untuk pemanis dalam adonan kue, cookies, pastry, dan lain sebagainya. Gula kastor bisa dibuat dengan memasukkan gula pasir ke kantong plastik lalu memukul-mukulnya hingga hancur. Hasil ayakannya dapat menggantikan gula kastor.

Sementara, gula halus, atau icing sugar, merupakan gula yang dihaluskan hingga mencapai tekstur bubuk, dan diproduksi dengan dicampur tepung pati jagung atau tepung terigu. Adanya rasa tepung membuatnya tidak cocok dijadikan sebagai pemanis minuman, melainkan sebagai gula atau pada pembuatan kue.

[Update: Almasshabur]

Baca juga  Update Harga Buku Atlas Anatomi Manusia Sobotta
loading...
author
Mengetahui harga-harga, dan mengikuti dinamikanya adalah proses mengasah kecerdasan finansial. Be Smart!

Leave a reply "Update Harga Gula Halus Kemasan 250gr, 500gr, dan 1 Kg di Pasaran"