Daftar Harga Gitar Listrik Gibson

No comment593 views

Gitar adalah salah satu jenis alat yang penting dalam dunia . Selain keyboard atau piano, gitar menjadi instrumen yang paling sering digunakan oleh seorang dalam mencari nada yang tepat sebelum menciptakan sebuah karya lagu. Di pasaran, telah banyak produsen alat musik yang memproduksi beragam jenis gitar dengan harga yang bervariasi, dari harga paling murah hingga harga yang mahal.

Ilustrasi: pemain gitar wanita

Tak sedikit pemain musik yang menekuni instrumen gitar, hal tersebut karena gitar adalah jenis alat musik yang paling digandrungi. Ketersediannya pun cukup beragam. Para musisi tersebut tinggal memilih jenis gitar yang sesuai dengan gaya dan kebutuhan mereka.

Secara umum, gitar dapat dibagi menjadi tiga jenis, yakni gitar akustik, gitar (atau listrik), dan gitar semi-akustik. Dari ketiga jenis tersebut, gitar akustik merupakan jenis yang disukai banyak orang karena rata-rata harga jualnya cukup murah. Bahan pembuatan gitar ini adalah triplek dan kayu, sedangkan bentuknya memiliki sebuah tabung besar sehingga tanpa pengeras suara, gitar ini tetap mampu mengeluarkan suara yang keras jika dimainkan.

Gitar akustik sendiri memiliki dua macam yang berbeda, yaitu yang mempunyai steel-base string dan yang klasik. Perbedaan yang paling mencolok di antara kedua jenis tersebut adalah badan dari gitar klasik yang cenderung lebih lebar dengan relatif sama, namun gitar akustik bisa dibuat dengan berbagai macam .

Untuk suaranya sendiri, gitar akustik bisa digunakan untuk berbagai jenis genre musik seperti jazz, pop, rock, dan lainnya. Sedangkan gitar klasik terbatas hanya untuk jenis musik klasik. Pada cara pemakaian pun juga berbeda, apabila gitar klasik dapat dimainkan dengan jari-jari tangan, gitar akustik harus menggunakan plectrum karena senarnya yang terbuat dari baja. Bila Anda seorang pemula yang ingin mempelajari gitar, banyak yang menyarankan untuk menggunakan jenis gitar akustik ini.

Baca juga  Harga Kuas Cat Air (Semua Tipe dan Merek)

Sementara itu, gitar listrik adalah gitar yang pertama kali diperkenalkan pada tahun 1930-an. gitar ini bergantung pada penguat yang secara elektronik mampu memanipulasi bunyi gitar. Pada permulaan penggunaannya, gitar elektrik menggunakan badan berlubang (hollow body). Namun kemudian, penggunaan badan padat (solid body) dirasa lebih sesuai. Gitar elektrik terkenal luas sebagai instrumen utama pada berbagai genre musik seperti blues, country, reggae, jazz, metal, rock, dan berbagai bentuk musik pop.

Gitar elektrik membutuhkan amplifier yang bertujuan untuk mendapatkan kekencangan suara seperti yang diinginkan. Jika dibandingkan dengan gitar akustik, senar pada gitar elektrik yang cenderung lebih tipis dan bobotnya lebih berat dibanding gitar akustik. Suara yang dihasilkan pun juga lebih kasar dan kencang, tidak seperti gitar akustik yang menghasilkan suara lebih lembut.

Ilustrasi: salah satu varian gitar Gibson

Beberapa gitar listrik memang dijual dengan harga selangit, karena selain memiliki mumpuni, juga karena gitar tersebut sudah terkemuka. Sebut saja Fender, Ibanez, maupun Gibson. Terkenalnya gitar ini, salah satunya disebabkan karena telah digunakan oleh para gitaris top dunia.

Baca juga  Info Harga Ular Baby Ball Python

Namun bagi Anda yang masih menginginkan instrumen ini tetapi memiliki dana terbatas, tak perlu khawatir. Pasalnya, banyak varian gitar yang dijual dengan harga cukup murah, tetapi memiliki spesifikasi layak dan bisa diandalkan.

Adapun jenis gitar semi-akustik, yang sesuai namanya adalah gitar yang bisa dimainkan sebagai gitar akustik maupun gitar listrik. Gitar ini biasanya memiliki harga jual yang tergolong mahal dan umumnya digunakan oleh para pemusik yang sudah profesional.

Pada gitar ini terdapat hollow sound box besar yang terletak di tengah untuk memproduksi suara yang nyaring sehingga Anda tidak memerlukan amplifier saat bermain di ruangan yang kecil. Sound box pada gitar semi-akustik terbuat dari metal sehingga kualitas suara yang dikeluarkan tidak sama dengan gitar akustik.

Selain ketiga jenis gitar tersebut, jika dikerucutkan masih banyak lagi jenis gitar yang ada di pasaran, di antaranya adalah gitar dua belas senar, gitar archtop, gitar baja, gitar resonator, gitar bass, gitar double neck, gitar flamenco, hingga ukulele.

Gitar Listrik Gibson

Seperti yang sudah dipaparkan di atas, gitar listrik adalah sejenis gitar yang menggunakan beberapa pickup untuk mengubah bunyi atau getaran dari string gitar menjadi arus listrik yang akan dikuatkan kembali dengan menggunakan seperangkat amplifier dan loudspeaker. Jika dimainkan tanpa menggunakan penguat tersebut akan menghasilkan suara yang relatif lemah. Berbeda dengan gitar akustik yang bisa dimainkan tanpa alat bantu pengeras suara karena gitar akustik memiliki suara yang cukup keras saat dimainkan. Selain itu, gitar elektrik memiliki beberapa efek suara pada saat dimainkan.

Baca juga  Harga Kadal Panana, Spesies Unik dengan Lidah Biru

Beberapa gitar listrik memang dijual dengan harga selangit, karena selain memiliki spesifikasi mumpuni, juga karena merk gitar tersebut sudah terkemuka. Sebut saja Fender, Ibanez, maupun Gibson. Terkenalnya merek gitar ini, salah satunya disebabkan telah digunakan oleh para gitaris top dunia.

Bob Marley, pemakai gitar Gibson (sumber: allthatinteresting.com)

Gibson merupakan salah satu merek gitar yang sudah sangat melegenda dan terbukti kualitasnya. Sebut saja seperti musisi Bob Marley dan gitaris Slash juga menggunakan gitar ini sebagai pendukung penampilannya. Banyak orang yang tertarik untuk menggunakan gitar ini, karena memang gitar ini memiliki yang sangat klasik sehingga menjadi daya tarik bagi musisi legendaris dan tentunya untuk Anda. Bahkan dengan bangganya seorang musisi ternama di dunia memamerkan koleksi gitarnya yang lebih dominan sudah pasti adalah merek Gibson.

Harga Gitar Listrik Gibson

Nah, jika Anda tertarik untuk memiliki gitar listrik buatan Gibson ini, sebagai referensi berikut kami sajikan daftar harganya:

Nama Harga
Gibson LPM15VSSN1Rp16.000.000
Gibson LPM15BLSN1Rp16.000.000
Gibson LP 2015 DSRTBRp17.200.000
Gibson SG Cherry Red Rp19.500.000
Gibson SG Ebony Rp19.900.000
Gibson 2014 SG AWRp21.500.000
Gibson 2014 SG Fireburst Rp21.600.000
Gibson ES335 Faded Cherry Rp32.500.000
Gibson Memphis BB King Lucille Rp47.000.000
Gibson Cust E Black Beauty Rp52.500.000

Daftar harga tersebut kami rangkum dari sejumlah toko online populer. Untuk mengetahui harga yang lebih akurat, silakan datang ke toko musik offline terdekat, maupun toko musik online.

loading...
author
Mengetahui harga-harga, dan mengikuti dinamikanya adalah proses mengasah kecerdasan finansial. Be Smart!

Leave a reply "Daftar Harga Gitar Listrik Gibson"