Info Terbaru Harga Garam Epsom/Inggris di Pasaran

Mungkin masih banyak di antara kita yang belum mengenal jenis garam Epsom. Padahal jenis garam yang memiliki nama lain garam Inggris ini memiliki manfaat yang baik untuk kesehatan dan kecantikan, hingga untuk kesuburan tanaman. Sudah dijual bebas di pasaran, harga garam Epsom relatif terjangkau.

Garam Epsom atau Epsom salt sendiri dibuat dari mineral alamiah yang terkandung di dalam air, atau yang lebih dikenal sebagai magnesium sulfat. Nama Epsom diambil dari sebuah nama kota di Inggris, ketika komposisi garam tersebut pertama kali di-distilasi dari air.

Bacaan Lainnya
Harga Garam Epsom - adropintheoceanshop.com
Harga Garam Epsom – adropintheoceanshop.com

Manfaat Garam Epsom

Garam ini mengandung magnesium dan sulfur, yang bermanfaat bagi kesehatan tubuh seperti kontrol otot, impuls listrik, dan untuk menghilangkan racun. Namun, garam ini bukan untuk dimakan karena berbeda dengan garam dapur, meskipun secara kasat mata, bentuk garam Epsom terlihat tidak berbeda dari garam yang biasa dikonsumsi untuk memasak.

Untuk perawatan tubuh sehari-hari, garam Epsom kerap dimanfaatkan untuk membuat rambut menjadi halus dan mengembang, meringankan stres dan membuat tubuh menjadi rileks, mengurangi rasa sakit dan kram otot, hingga dapat digunakan sebagai pembersih wajah. Garam yang dikenal karena khasiatnya untuk pereda nyeri ini, juga kerap ditemukan di sejumlah tempat spa karena diketahui memiliki beberapa sifat penyembuhan ketika diserap ke dalam kulit.

Magnesium adalah syarat penting bagi hampir semua kegiatan sel-sel tubuh. Magnesium konsentrasi tinggi yang dikandung oleh garam Epsom merupakan magnesium murni. Jadi berendam dalam air garam Epsom memungkinkan kulit menyerap magnesium. Magnesium juga menyerap atau “menarik” racun dari tubuh, jadi kemungkinan besar untuk beberapa saat setelah kita rendam ini kita akan “bercahaya” karena keringat.

Meskipun demikian, kita harus tetap membungkus diri dengan handuk. Kemungkinan besar kita merasa seakan-akan berada di yang sangat lembap. Kehangatan tersebut sangatlah penting – bukan saja meningkatkan efek magnesium tetapi juga mencegah kita dari kedinginan. rendam garam Epsom akan memperbaiki peredaran darah dan mempercepat pembuangan racun. Mandi garam Epsom seperti ini juga sangat merelakskan dan menghangatkan, membantu meredakan nyeri sendi dan otot. Jika dilakukan sebelum tidur, akan membantu kita tidur nyenyak.[1]

Selain manfaatnya yang baik di dunia medis dan kecantikan, ternyata garam Epsom juga berkhasiat untuk tanaman. Untuk menjaga tanaman seperti melon atau mentimun dari serangan rakun, bisa dengan cara menaburkan garam Epsom di sekitar lahan tanaman. Rakun ini disebut-sebut tidak menyukai aroma garam Epsom.

Apabila Anda tidak ingin menggunakan pupuk kimia untuk pertumbuhan tanaman, Anda juga bisa memanfaatkan garam Inggris. Karena, komponennya akan bercampur dengan tanah dan meningkatkan asupan yang berguna dari tanah untuk pertumbuhan berkualitas tinggi pada tanaman.

Jika tanaman kekurangan magnesium, daun-daunnya akan berubah warna menjadi kuning. Mengingat garam Epsom kaya akan kandungan magnesium, garam ini sangat dibutuhkan untuk membuat daun agar tetap hijau. Caranya adalah dengan menaburkan garam Epsom ke tanaman secara rutin.

Garam Epsom/Inggris di Pasaran – www.gardeningknowhow.com

Daftar Harga Garam Epsom

Merek Garam Epsom Harga
Garam Inggris Cap Gajah sachet 30 g Rp4.800
Garam Inggris Food Grade 1 kg Rp18.000
Garam Epsom Biru 600 gr Rp20.000
Magnesium Sulfat/Garam Inggris Pak Tani 1 kg Rp21.000
Garam Inggris Food Grade 500 gram Rp35.000
House of Organik Epsom Salt 350 gr Rp32.250
Garam Inggris Non Food Grade 1 kg Rp35.000
Garam Epsom Bittersalz 1 kilogram Rp37.000
Esentiel Epsom Salt 375 gr Rp190.000
Garam Epsom Bittersalz 25 kg Rp385.000

Informasi harga garam Epsom di atas kami ambil dari berbagai macam sumber pada tahun 2022. Sebagai bahan perbandingan, pada 2019 harga garam Epsom berkisar Rp10.500 hingga Rp41.000. Kemudian, pada 2020 harga garam Epsom dijual antara Rp12.500 hingga Rp43.000.

Jika dibandingkan dengan tahun 2020, harga beberapa produk garam Epsom mengalami perubahan pada 2021 dan 2022. Misalnya, garam Epsom Bittersalz 1 kg yang hanya Rp34 ribu tahun 2020, sedikit naik jadi Rp35 ribu di tahun 2021, naik lagi menjadi Rp37 ribu tahun 2022. Ada juga produk yang turun harga, seperti Garam Epsom Biru 600 gr dari Rp43 ribu di tahun 2020 menjadi Rp18 ribuan saja di tahun 2021, sedikit naik menjadi Rp20 ribu tahun 2022.

Saat ini, beberapa produk dan merek garam Inggris bisa dengan mudah dibeli di sejumlah toko obat (atau apotek). Beberapa toko alat-alat kecantikan, baik maupun offline, juga tak sedikit yang telah menjual garam Epsom.

[Almas]

[1] Scrivner, J. 2006. Cantik, Sehat, dan Bugar dengan Detox. Terjemahan oleh: Susi P. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama, hlm 103.

Pos terkait