Daftar Harga dan Jenis Minyak Zaitun Untuk Memasak

Selama ini, zaitun asli sering disebut memiliki banyak khasiat kecantikan dan bagi tubuh. Namun, ternyata minyak tersebut dapat digunakan untuk memasak. Minyak zaitun dinilai baik bagi jantung karena mengandung kolesterol baik. Dalam memasak, lebih stabil dilakukan pada suhu menengah. Jika menggunakan api di atas 350 derajat, minyak mudah pecah.

Minyak tersebut juga bisa membantu menurunkan kadar kolesterol jahat dan trigliserida tanpa menurunkan kadar kolesterol baik. Tetapi, minyak zaitun tidak disarankan untuk menggoreng, karena tidak tahan panas.

Memasak Menggunakan Minyak Zaitun - (Sumber: food.detik.com)

Memasak Menggunakan Minyak Zaitun - (Sumber: food.detik.com)

Tetapi, ada merek minyak zaitun yang diklaim dapat digunakan untuk menggoreng, yaitu Bertolli. Merek ini mengklaim sebagai pilihan terbaik untuk memanggang, menggoreng, dan membakar.

Minyak zaitun Bertolli Classico dan Extra Light adalah pilihan tepat untuk digunakan pada teknik memasak panas. Ini dikarenakan kedua minyak zaitun tersebut telah dimurnikan setelah pemerasan dan keduanya tepat untuk teknik minyak panas.

minyak zaitun untuk memasak (Bertolli) dibedakan berdasarkan , yaitu 250ml dan 500ml. Anda dapat membelinya di Alfamart, maupun toko-toko lain. Untuk mengetahui harganya, dapat dilihat pada tabel di bawah ini.

Harga Minyak Zaitun Merek Bertolli di Alfamart

Merek Minyak ZaitunUkuranHarga (Rp)
Bertolli Extra Light Olive Oil250ml38.500
Bertolli Extra Virgin Olive Oil500ml77.600
Bertolli Olive Oil Classico1L139.700
Bertolli Classico Olive Oil2L259.000
Bertolli Extra Light Tasting Olive Oil2L259.000

Selain Bertolli, ada beberapa merek minyak zaitun yang biasanya digunakan untuk memasak. tersebut dapat dilihat pada tabel di bawah ini.

Baca juga  Info Terbaru Syarat & Biaya Pengajuan Visa, Serta Harga Tiket ke Amerika

Merek dan Harga Minyak Zaitun Untuk Memasak

Merek Minyak ZaitunUkuranHarga (Rp)
Borges Extra Virgin Olive Oil250ml40.000-44.000
Borges Extra Virgin Olive Oil125ml22.500-24.500
RS Olive Oil Pomace250ml62.999
Filippo Berio Extra Light Olive Oil250ml60.000-80.000

Minyak zaitun memang terkenal berkualitas, baik di dunia kesehatan maupun kecantikan. Minyak tersebut memang mengandung antioksidan yang banyak dibandingkan dengan jenis minyak lain. Minyak tersebut juga memiliki komponen biaktif yang ampuh menangkal kanker dan penyakit lainnya.

Minyak Zaitun - (Sumber: intisari.grid.id)

Minyak Zaitun - (Sumber: intisari.grid.id)

Tetapi untuk hal memasak, penelitian menyebutkan minyak zaitun ternyata tidak begitu baik untuk digunakan.Jika dipanaskan, nutrisi di dalamnya justru menghilang.

Minyak jenis tersebut sebaiknya tidak digunakan untuk menggoreng dengan teknik deep fried (menggoreng dengan minyak banyak dan panas). Sekalipun dianggap paling sehat, tetapi minyak zaitun memiliki burning point lebih rendah dibanding minyak goreng lainnya.

Jadi, ketika terus menerus dipanaskan akan mudah terbakar dan mengubah rantai molekul di dalamnya. Hal ini yang membuat minyak tidak lagi aman untuk kesehatan. Selain itu, minyak jenis ini mempunyai sifat cepat terbakar yang akan membuat makanan menjadi cepat gosong, padahal bagian dalamnya belum matang.

Baca juga  Manfaat, Komposisi, dan Harga CDR (Calcium D-Redoxon)

Tetapi, Anda masih bisa menggunakan minyak zaitun untuk memasak, hanya saja perlu diperhatikan caranya. Cara yang cenderung aman yaitu dengan memastikan suhunya tidak terlalu tinggi. Atau cara lain dengan memberi minyak sedikit demi sedikit selama proses memasak sehingga kondisinya tidak terlalu panas.

Cara lain menikmati minyak zaitun adalah dengan menyiramkannya pada salad. Sebab, tanpa proses apapun, nutrisi minyak tersebut tetap terjaga dan memberi pada tubuh.

loading...

Leave a reply "Daftar Harga dan Jenis Minyak Zaitun Untuk Memasak"