Harga Combine Yanmar Terbaru (Semua Tipe)

Yanmar telah lama dikenal sebagai merk produk alat pertanian unggulan. Tidak cuma membuat traktor, solis traktor, traktor tangan, atau tanam padi, brand yang sudah eksis sejak tahun 1912 silam tersebut juga memiliki produk mesin panen padi atau kerap disebut combine harvester. Hadir setidaknya dalam lima tipe, harga combine harvester Yanmar memang tidak bisa dikatakan murah, rata-rata ratusan juta rupiah per unit.

Combine Yanmar (sumber: yanmar.com)
Combine Yanmar (sumber: yanmar.com)

Apa Itu Combine Harvester?

Dikutip dari Wikipedia, combine harvester adalah memanen tanaman serealia. Mesin ini, seperti namanya, merupakan kombinasi dari tiga operasi yang berbeda, yaitu menuai, merontokkan, dan menampi, yang dijadikan satu rangkaian operasi. Di antara serealia yang dipanen antara lain gandum, oat, rye, barley, jagung, kedelai, dan flax.

Bacaan Lainnya

Combine harvester adalah panen padi yang serba komplet dan canggih dalam pengoperasiannya, dapat bekerja cepat pada area sawah yang luas. Waktu yang dibutuhkan untuk memanen padi menggunakan mesin ini pun relatif singkat, lantaran combine harvester sudah dilengkapi dengan alat pemotong, perontok, dan mengarungkan padi dalam suatu proses kinerja saja.[1]

Secara garis besar, combine harvester dapat dibedakan menjadi dua jenis, yakni head-feed type combine harvester dan standard type combine harvester. Untuk tipe yang pertama, combine jenis ini dikembangkan di Jepang, tersedia dalam tipe dorong maupun tipe kemudi. Sementara itu, untuk standard type combine harvester, ini dikembangkan di AS dan Eropa serta dipergunakan terutama untuk memanen gandum.

Penggunaan panen terutama ditujukan untuk meningkatkan produktivitas panen padi sawah.[2] Sebagai bentuk teknologi yang melibatkan dan manusia, kinerja mesin panen padi ini sangat ditentukan seberapa optimal interaksi antara keduanya. Interaksi optimal antara manusia dan mesin dapat tercapai jika ada integrasi data antropometri dengan desain teknis.

Varian Combine Yanmar

Di pasaran dalam negeri, sudah ada banyak perusahaan yang meluncurkan panen padi, dan salah satu yang cukup terkenal adalah Yanmar. Dikutip dari situs resminya, Yanmar saat ini setidaknya telah melemparkan lima tipe combine harvester untuk konsumen dalam negeri, yakni Yanmar YH150, Yanmar AW70V, Yanmar YH700, Yanmar AW82V, dan Yanmar YH850.

Varian combine Yanmar (sumber: yanmar.com)

Untuk varian Yanmar YH150, dikatakan sebagai salah satu pertanian dengan kecepatan tinggi, lebih efisien, dan memastikan panen berlimpah bahkan dengan kondisi batang panen yang roboh/rebah. Produk ini dapat dipakai untuk memanen sekaligus merontokkan padi di lahan sawah, dilengkapi saringan gabah yang didesain tahan lama dan mudah dilepas, sehingga awet dan mudah saat pembersihan dan perawatan.

Sementara itu, untuk Yanmar AW70V, merupakan salah satu model yang paling populer di pasaran dalam negeri. Dengan kapasitas tangki bahan bakar yang besar (90 liter), serta pemakaian bahan bakar sebanyak 60 liter per jam (12,6 liter/hektar), dapat bekerja lebih lama tanpa harus berhenti untuk isi ulang bahan bakar. Jadi, waktu untuk panen lebih efisien dan hasil yang didapat menjadi lebih banyak.

Untuk konsumen yang ingin mengembangkan bisnis pertanian mereka, ada Yanmar YH700, yang sudah dibekali mesin Yanmar TNV generasi terbaru dengan FDS dan kemudi bundar. Transmisi menggunakan teknologi terbaru bernama FDS, diklaim lebih tangguh pada lahan dalam. Operator dapat melakukan kontrol pada berbagai tingkat penyetelan. Roda yang panjang dan lebar juga membuat mesin lebih tangguh pada lahan dalam.

Ada pula Yanmar AW82V, sebuah combine dengan kapasitas tangki bahan bakar yang besar (90 liter), serta pemakaian bahan bakar sebanyak 10 liter per jam (14m3 liter/hektar), sehingga mesin dapat bekerja lebih lama tanpa harus berhenti untuk isi ulang bahan bakar. Jadi, waktu untuk panen lebih efisien dan hasil yang didapat menjadi lebih banyak.

Terakhir adalah Yanmar YH850, mengusung daya mesin yang besar, ditambah kemampuan pemanenan pada padi rebah dan padi tinggi, membuat pemanenan lebih cepat dan meningkatkan luas panen Anda. Mesin Yanmar terbaru 4TNV98(T) yang terintegrasi dengan teknologi terbaru, menghasilkan tenaga yang besar walaupun bekerja sepanjang hari, dengan konsumsi bahan bakar yang rendah.

Harga Combine Yanmar

Combine Yanmar (sumber: yanmar.com)
Tipe Combine Yanmar Harga
Yanmar YH150 Rp140.000.000
Yanmar AW70V Rp450.000.000 – Rp518.000.000
Yanmar YH700 Rp520.000.000
Yanmar YH850 Rp560.000.000 – Rp581.400.000
Yanmar AW82V Rp566.000.000

Informasi harga combine Yanmar di atas kami rangkum dari berbagai sumber, termasuk sejumlah dealer Yanmar di beberapa kota dan situs jual beli online. Perlu Anda catat bahwa harga combine Yanmar tersebut tidak mengikat dan dapat berubah sewaktu-waktu. Selain itu, harga di masing-masing toko bisa saja berbeda meskipun produk yang ditawarkan sama.

[1] Akatiga, Yayasan. 2015. Combine Harvester: Teknologi Tidak Tepat Guna. Menilai Keberadaan Teknologi Combine Harvester dalam Konteks Pertanian Padi di Indonesia.

[2] Suyisto, Rahmat, Bambang Purwantana, Guntarti Tatik Mulyati. 2021. Analisis Ergonomika Penggunaan Mini Rice Combine Harvester. Agritech, Vol. 41(2): 201-210.

Pos terkait