Daftar Harga Bunga Krisan Tanaman dan Bunga Potong Terbaru di Pasaran

Bunga krisan alias seruni merupakan sejenis tumbuhan berbunga yang kerap ditanam di atau dikembangkan dalam jumlah besar untuk kemudian dijual menjadi dekorasi karangan bunga. Tanaman yang memiliki nama ilmiah Chrysanthemum atau biasa disebut krisantemum ini memiliki kelopak bunga yang indah dan sepintas mirip dengan bunga aster. Harga berbagai jenis bunga krisan di pasaran bervariasi tergantung pilihan Anda.

Bunga krisan aneka warna (sumber: interflora.com)
Bunga krisan aneka warna (sumber: interflora.com)

Selain kelopak bunganya yang indah, bunga krisan juga memiliki variasi warna-warna yang menarik mulai dari putih, kuning, merah, ungu, pink, hingga kombinasi antara warna putih dan ungu, putih orange, dan masih banyak lagi. Menariknya, bunga krisan bahkan menjadi bunga nasional di Jepang dan kerap disebut sebagai kiku.

Bacaan Lainnya

Tanaman krisan juga bisa menjadi tanaman musiman, apabila siklus hidupnya sampai pada bunga dan menjadi tanaman tahunan apabila selama hidupnya bisa dipanen berkali-kali. Jenis dan varietas dari bunga krisan yang ada di Indonesia umumnya adalah hibrida dari Jepang, Belanda, dan Amerika Serikat. Jenis bunga krisan yang bisa tumbuh di Indonesia di antaranya adalah krisan lokal yang telah beradaptasi dengan iklim tropis Indonesia. Cirinya adalah hidup di hari netral dengan siklus hidup antara tujuh hingga dua belas bulan.

Tak hanya itu, karena aromanya yang wangi, bunga krisan juga sering dijadikan campuran teh agar terasa lebih wangi dan nikmat. Bahkan teh krisan juga disebut-sebut dapat mengobati panas dalam. Sebagai salah satu bunga hias, banyak orang yang menyukai krisan dan hampir tak pernah melewatkan bunga krisan untuk karangan buket bunga. Pasalnya, bunga ini terlihat indah meski hanya setangkai saja dan saat dikombinasikan dengan bunga-bungaan yang lain.

Di pasar bunga, banyak orang menjual tumbuhan krisan dalam pot, ada juga yang menjual masih dalam wujud bibit, dan ada yang sudah menjualnya dalam kondisi sudah dipotong dan siap untuk dirangkai. Berikut ini daftar harga bunga krisan di pasaran pada 2022.

Daftar Harga Tanaman & Bunga Krisan Potong

Jenis Bunga Krisan Harga
Tanaman krisan pompon pink Rp35.000
Tanaman krisan aster mix ungu dan putih Rp35.000
Tanaman krisan mix merah dan kuning Rp35.000
Tanaman krisan aster putih Rp35.000
Tanaman krisan aster kuning Rp35.000
Tanaman krisan orange Rp35.000
Tanaman krisan ungu Rp39.000
Tanaman krisan aster pink Rp40.000
Tanaman krisan aster orange Rp40.000
Teh bunga krisan baby pouch Rp50.000
Tanaman krisan white ivory Rp65.000
Tanaman krisan yellow angelina Rp60.000
Teh bunga krisan kering Rp55.000
Benih/biji bunga krisan putih Rp59.000
Bibit bunga krisan Rp60.000
Bunga potong krisan dan aster Rp120.000
Bunga potong pompom krisan hijau Rp140.000
Bunga potong krisan aster yellow remix Rp140.000

Tanaman krisan terpantau mengalami perubahan harga dari tahun ke tahun. Mengawali kepopulerannya pada 2019, tanaman krisan dijual mulai harga Rp15 ribu untuk semua warna. Harga benih tanamannya juga relatif terjangkau mulai Rp44.900 dan teh bunga krisan baby pouch seharga Rp47 ribuan.

Bunga krisan aneka warna (sumber: easternfloral.com)

Namun harga tersebut mengalami kenaikan pada 2020. Tanaman krisan di pasaran naik dari harga Rp15 ribu menjadi Rp26 ribu. Lalu, untuk benihnya yang semula dijual Rp44.900 naik menjadi Rp59 ribu. Sedangkan untuk teh bunga krisan baby pouch juga mengalami kenaikan harga dari Rp47 ribu menjadi Rp50 ribu tapi untuk teh bunga yang kering harganya Rp50 ribu.

Memasuki 2021, beberapa varian tanaman krisan terpantau mengalami kenaikan harga kembali jika dibandingkan 2020 lalu. Misalnya, tanaman krisan pompom pink yang awalnya dijual seharga Rp26 ribu menjadi Rp30 ribu. Begitu pula dengan tanaman krisan aster kuning yang ikut naik dari Rp26 ribu, ditawarkan seharga Rp35 ribu. Sedangkan tanaman krisan ungu mengalami kenaikan harga sebesar Rp13 ribu dari harga awal Rp26 ribu jadi Rp39 ribu.

Pada 2022, harga bunga potong krisan masih relatif stabil. Namun, harga tanaman krisan ada yang beberapa mengalami kenaikan. Misalnya, krisan white ivory naik dari Rp51 ribu jadi Rp65 ribu, dan krisan yellow Angelina naik dari Rp52 ribu menjadi Rp60 ribu.

Jenis bunga krisan yang paling banyak digemari, di antaranya adalah Chrysanthemum carinatum, Chrysanthemum maximum, Chrysanthemum segetum, Chrysanthemum inodorum, dan berbagai jenis krisan yang bercabang. Dengan harga yang terbilang murah, tidak mengherankan jika bunga krisan banyak disukai terutama oleh pecinta bunga. Mereka juga kerap menanamnya sendiri di halaman rumah untuk dijadikan tanaman hias karena perawatannya yang cukup mudah.

[Update: Dian]

Pos terkait