Info Terbaru Harga Anjing Beagle (Berbagai Jenis & Usia)

Anjing merupakan salah satu yang sering dijadikan binatang peliharaan oleh manusia, selain kucing. Ada banyak ras atau jenis anjing yang bisa Anda jadikan peliharaan, salah satunya anjing beagle yang memiliki ukuran cukup kecil. Di pasaran dalam negeri, anjing jenis ini sekarang dijual di kisaran ratusan ribu hingga jutaan rupiah, tergantung jenis dan umurnya.

Harga Anjing Beagle - freepik: @nikitabuida
Anjing Beagle – freepik: @nikitabuida

Dilansir dari Wikipedia, beagle, atau sering dikenal sebagai anjing pemburu, adalah ras anjing terkecil dari keluarga anjing pemburu yang aslinya berasal dari Inggris. Dalam sejarahnya, anjing ini sering dimanfaatkan dalam berburu kelinci karena memiliki penciuman yang tajam walaupun ia tidak bergerak dengan terlalu cepat.

Bacaan Lainnya

Anjing ras ini biasanya akan menjadi pilihan utama untuk memburu beberapa yang memiliki aroma khas dan ukuran cukup kecil. Bahkan, banyak pemburu menganggap bahwa anjing ras Beagle sangat lincah untuk memburu hewan berukuran kecil. Jenis anjing tersebut biasanya menargetkan beberapa hewan seperti rusa, rubah, dan hewan berukuran kecil lainnya. Hal yang harus Anda pertimbangkan adalah anjing Beagle memiliki indera penciuman yang cukup tajam, sehingga para pemburu akan memudahkan pencarian hewan lainnya.

Walaupun memiliki ukuran cukup kecil dibandingkan ras lainnya, anjing beagle dianggap memiliki naluri pemburu yang baik. Hal inilah yang membuat anjing ras seperti ini mendapatkan perlindungan terbaik dari kelompok penyayang anjing atau pemburu lainnya. Bahkan, beberapa kelompok masyarakat juga menerapkan regulasi yang sangat ketat tentang pemeliharaan dari anjing ras Beagle.

Karakter Anjing Beagle

Sebagai bagian dari ras pemburu, anjing ini memiliki rahang yang sangat kuat dan penempatan gigi atas bawah yang cukup selaras. Seluruh bagian gigi tentunya memengaruhi bentuk rahangnya. Ciri fisik lain yang dapat diamati adalah ukuran mata yang cukup besar. Pada umumnya, mata anjing ras Beagle berwarna cokelat, dan hal ini menjadi salah satu kelebihan yang dimiliki. Bagian mata anjing ini akan membesar saat hewan ini meminta makanan.

Karakter anjing beagle sebenarnya hampir sama dengan ras lainnya. Tingkat kecerdasan anjing ini dianggap baik dengan perbandingan ukuran fisik secara keseluruhan. Namun, ukuran tubuh yang cukup kecil malah membuat anjing ras beagle sangat digemari di seluruh dunia. Bahkan, dengan kecerdasan dengan bentuk fisik yang tidak terlalu besar dianggap menjadi kelebihan dari anjing ras ini.

Trah anjing beagle memiliki penampilan yang cukup mirip dengan anjing Foxhound kecil. Beagle memiliki telinga floppy (terkulai) yang besar. Warna matanya biasanya terdiri atas cokelat tua, coklat muda, dan cokelat. Ekor Beagle panjang, kokoh, dan kuat. Anjing ini biasanya memiliki tubuh berotot kecil dengan dada yang mendalam.

Kebiasaan lain, anjing itu selalu mengendus-endus ke tanah. Apalagi saat diajak ke suatu lokasi baru, moncongnya tidak henti mencium. Pantas bila anjing asal itu mendapat julukan sniffing ground. Ekor adalah salah satu ciri khasnya. Biasanya, ekor anjing mengarah ke bawah atau ke luar. Ekor beagle cenderung ke atas bila sedang mengendus. Uniknya, ekor itu tegak menyerupai antena dan dikibas-kibaskan ke kanan-kiri seakan-akan mencari sinyal arah suatu benda.

Anjing beagle induk dan anakan (sumber: tapeedikodu.ee)

Beagle tidak saja bertampang imut, tetapi selalu ingin berbuat yang menyenangkan majikannya. Bahkan, anjing ini bersahabat dengan anak-anak sebab bukan tipe anjing penyerang. Intelegensinya pun setara herder.[1]

Beberapa orang menganggap bahwa anjing ras Beagle memiliki kecerdasan emosi cukup tinggi dibandingkan anjing ras lainnya. Anjing ini dapat menunjukkan amarah berlebihan apabila mendapatkan gangguan dari lingkungan sekitar. Saat anjing ini sedang bermain atau sedang istirahat dalam waktu cukup lama, sebaiknya Anda tidak mengganggunya.

Karakter lain dari jenis anjing tersebut adalah tingkah laku yang cukup aktif. Anjing ini cenderung hiperaktif saat berada di lingkungan tertentu. Disarankan bagi Anda yang ingin memeliharanya supaya menerapkan sikap dan tingkah laku yang cenderung sangat baik di hadapan anjing Beagle. Jenis anjing tersebut juga memiliki kebiasaan meniru beberapa tingkah laku pemilik dalam waktu cukup lama. Tingkah laku yang cenderung sangat aktif membuat Anda harus memberikan tempat luas untuk berinteraksi bagi anjing Beagle. Sebaiknya tidak menempatkan anjing ras ini pada kandang yang memiliki ukuran terlalu sempit.

Dilansir dari Halodoc, umumnya Beagle terdiri dari varietas yang tingginya di bawah 33 cm dan yang tingginya antara 33-38 cm. Kedua varietas itu mempunyai kaki kokoh dan beragam warna. Berikut jenis-jenis anjing Beagle yang tak kalah menarik diketahui.

Jenis-jenis Anjing Beagle

  • Beagle Reguler: berukuran 33-38 cm dan dikenal dengan indera penciumannya yang baik. Anjing ini sering dilatih untuk menjadi anjing pemburu.
  • Pocket Beagle: ukurannya di bawah 13 inci (33 cm). Anjing ini cukup kecil, oleh sebab itu dinamai pocket beagle.
  • Puggle, Poodles, dan Pekingese: walaupun bukan ras resmi Beagle, tetapi ada campuran antara Beagle ras murni dan anjing ras lain, seperti Poodle, Pug, dan anjing Peking, sehingga menghasilkan anak anjing hibrida.
  • American Eagle: kombinasi perkawinan silang antara Beagle dan American Eskimo. Tubuhnya seperti anjing eskimo Amerika, namun kepalanya memiliki ciri khas Beagle. Uniknya, beberapa pejantan terkadang mempunyai bulu tebal di sekitar leher yang terlihat seperti mantel.
  • Sharp Eagle: persilangan Beagle dan Shar-Pei. Bulunya tebal seperti mantel yang berwarna hitam dan cokelat.
  • Labbe: juga dikenal sebagai Beagador dan Labeagle, yang merupakan persilangan antara Beagle dan Labrador. Anjing ini cenderung terlihat seperti Labrador, tetapi ukurannya lebih kecil.
  • Bogle: hasil persilangan dari Beagle dan Boxer. Anjing ini mempunyai tubuh yang kuat, berotot, dan atletis.

Jika Anda berminat menjadikan anjing Beagle sebagai peliharaan, caranya cukup mudah. Anda cukup membeli anjing ini di hewan atau bahkan di situs jual beli online. Pasalnya, sudah banyak pemilik atau pedagang yang menjual anjing jenis ini. Berikut kami sajikan informasi terbaru mengenai kisaran anjing Beagle di pasaran dalam negeri.

Anjing Beagle

Anjing ras Beagle (ibnesinasolutions.com)
Jenis Anjing Beagle Lokasi Penjualan Harga (Rp)
Anjing Beagle Jantan 2 tahun Semarang 1.750.000
Anjing Beagle Jantan DOB 17 Agustus 2021 Jakarta Utara 1.799.000
Anjing Beagle Puppy 2 bulan Jakarta Timur 1.950.000
Anjing Beagle jantan umur 6 bulan Jakarta Utara 2.000.000
Anjing Beagle Jantan Stamboom Denpasar 2.250.000
Anjing Beagle Betina 10 bln Bandung 2.500.000
Anjing Beagle Betina DOB 24 Desember 2021 (2 bulan) stambum Bandung 4.000.000
Anjing Beagle umur 7 bulan Jakarta Pusat 4.500.000
Anak Anjing Beagle impor champion Malaysia stambum Jakarta Barat 5.500.000

Apabila diamati, penjualan anjing jenis beagle di pasaran mengalami beberapa perubahan di pasaran. Sebagai contoh, mix beagle anakan yang tahun 2020 ditawarkan seharga Rp699 ribu, tahun 2021 berada pada kisaran Rp800 ribuan. Kemudian, harga anjing beagle puppy 2 bulan yang tahun lalu dipatok Rp1,5 jutaan, pada 2022 naik jadi Rp1,9 jutaan. Sedangkan harga untuk jenis beagle lainnya terpantau relatif stabil di pasaran.

Daftar anjing Beagle di atas kami rangkum dari berbagai sumber, termasuk situs jual beli online. Harga tersebut dapat mengalami perubahan sewaktu-waktu dan berbeda-beda di setiap wilayah tergantung kebijakan pihak penjual. Saat ini, Anda juga dapat menggunakan jasa pacak apabila anjing beagle yang dimiliki siap kawin dengan biaya mulai Rp1 jutaan.

Meskipun dapat menjadi hewan peliharaan yang menyenangkan, anjing Beagle membutuhkan banyak latihan dan perawatan, mengingat ini adalah jenis yang dasarnya anjing pemburu. Sebelum Anda mengadopsi atau memelihara anak anjing Beagle, pastikan terlebih dahulu Anda dapat menangani tingkat energinya yang tinggi. Untuk merawat anak anjing Beagle dengan baik, Anda perlu berkomitmen untuk memberikan latihan, perhatian, dan stimulasi mental yang ia perlukan sebagai tambahan untuk perawatan dasar yang setiap anak anjing butuhkan.

[Update: Dian]

 

[1] Budiana, NS. 2008. Anjing Trah Kecil. Jakarta: Penebar Swadaya, hlm 14.

Pos terkait