Daftar Belanja dan Harga Terbaru Isi Seserahan Pernikahan

Sebagian dari Anda pasti sudah tidak asing lagi dengan istilah . Ini adalah hantaran yang diberikan pihak laki-laki kepada pihak perempuan saat menikah, yang dikatakan sebagai simbol bahwa mempelai pria sanggup dan mampu bertanggung jawab mencukup kebutuhan mempelai wanita. Isi atau daftar belanja umumnya berupa barang kebutuhan wanita, meski ada juga yang menyertakan makanan dan buah-buahan.

Prosesi pernikahan adat (sumber: Pinterest)

Prosesi pernikahan adat (sumber: Pinterest)

Sebenarnya, di dalam proses pernikahan, seserahan tidak menjadi hukum wajib. Namun, menurut adat di Jawa, ini adalah salah satu hal esensial dalam prosesi pernikahan. Seserahan bisa dikatakan sebagai simbol kesanggupan dan kemampuan mempelai pria untuk mencukupi dan bertanggung jawab atas kebutuhan mempelai wanita selama mereka terikat dalam ikatan pernikahan.

Umumnya, seserahan dibawa ketika hari H pernikahan, bersamaan dengan mahar pernikahan. Namun, ada juga yang menyerahkan seserahan pada malam sebelum akad nikah, midodareni dalam adat Jawa atau ngeyeuk seureuh dalam tradisi Sunda. Umumnya, seserahan diletakkan dalam kotak atau wadah yang telah dihias dengan desain secantik mungkin.

Lalu, apa isi seserahan? Umumnya, isi seserahan adalah barang-barang yang diperlukan oleh wanita, mencakup pakaian hingga perlengkapan make up seperti bedak, lipstik, parfum, sabun, sampo, body scrub, masker, body lotion, dan lain-lain. Selain itu, juga bisa menyertakan perhiasan logam mulia, perlengkapan salat (untuk mempelai Muslim), makanan , hingga buah-buahan.

Pihak mempelai pria memang boleh memilih sendiri isi seserahan yang bakal diberikan kepada calon pasangannya. Namun, agar lebih cocok dengan keinginan dan kebutuhan, pihak wanita pun diperbolehkan meminta dan memilih langsung benda-benda yang akan dibawa ketika lamaran atau pernikahan. Nah, bagi Anda kaum Adam, berikut daftar belanja isi seserahan yang harus dipersiapkan.

Daftar Belanja Isi Seserahan

Seperangkat Pakaian

Hantaran berupa seperangkat pakaian (instagram: @kamidea.id)

Tidak hanya sekadar busana, pakaian di sini maksudnya adalah lengkap dari ujung kepala sampai dengan ujung kaki, yang meliputi jilbab (jika mempelai wanita berhijab), pakaian dalam, baju kerja, baju pesta, kebaya, kain batik, baju tidur, hingga sandal dan sepatu. Isi seserahan berupa pakaian lengkap ini bisa diartikan agar pengantin pria maupun wanita bisa menjaga rahasia dan kesakralan pernikahan mereka, tidak sembarang mengumbar masalah dan rahasia antara suami dan istri.

Lalu, berapa biaya yang diperlukan untuk isi seserahan pakaian? Biaya tentunya bervariasi, yang tergantung dari harga pakaian itu sendiri. Biasanya, harganya dipatok mulai Rp700 ribuan per paket. Jika Anda ingin pakaian itu bisa pas dan cocok untuk calon pengantin wanita, Anda bisa mengajak pasangan Anda untuk mencari pakaian bersama atau mempersilakan pasangan untuk membeli sendiri (tentunya, dengan dana dari pihak pria).

Seperangkat Perawatan Tubuh dan Make Up

Seperangkat rias untuk mempelai wanita

Setiap perempuan tentunya gemar berdandan, dan karena itulah perlengkapan perawatan tubuh dan make up menjadi salah satu isi seserahan. Seserahan ini mencakup sabun, sampo, body scrub, masker, body lotion, dan semua perangkat perawatan tubuh yang biasa digunakan oleh wanita. Maksud isi seserahan ini adalah mempelai pria menjamin bahwa dia bisa menjaga penampilan istrinya dengan menyediakan seperangkat perawatan tubuh yang memadai.

Di sendiri, sudah banyak merek make up yang menyediakan paket untuk seserahan. Di beberapa situs jual online, paket merek Wardah untuk seserahan dijual di kisaran harga Rp400 ribuan, sedangkan paket Mustika Ratu untuk seserahan ditawarkan dengan harga Rp700 ribuan.

Perlengkapan Ibadah

Seperangkat alat salat untuk pengantin muslim (instagram: @earlyganie)

Ini adalah salah satu isi seserahan yang wajib karena perlengkapan ibadah merupakan simbol agama yang menjadi tumpuan utama dalam membina rumah tangga. Dengan adanya perlengkapan ibadah ini, diharapkan pasangan suami istri dapat membina hubungan rumah tangga mereka dengan selalu berpegang teguh pada nilai-nilai agama.

Tidak sulit mendapatkan perlengkapan ibadah untuk seserahan. Pasalnya, sudah banyak pedagang dan toko yang menjual paket ini, yang mencakup sajadah, mukena, hingga tasbih dan Al Quran. Di pasaran, paket perlengkapan ibadah untuk seserahan ini umumnya dijual dengan harga berkisar Rp285 ribuan sampai Rp600 ribuan.

Perhiasan

 

Hantaran perhiasan untuk kedua mempelai (instagram: @mochimochikoo)

Ini adalah seserahan yang memiliki tujuan agar mempelai wanita selalu berusaha untuk tidak mengecewakan suaminya dan tetap bersinar indah seperti permata, meski berbagai masalah hidup dan bertambahnya usia tidak dapat dihindari. Selain itu, perhiasan juga sering dikatakan sebagai simbol cinta pria dan wanita.

Perhiasan dalam seserahan ini bisa berupa cincin, kalung, liontin, atau bahkan gelang untuk mempelai wanita dengan harga kisaran mulai 1 jutaan hingga puluhan juta rupiah. Jumlah perhiasan bisa ditentukan sesuai dengan kemampuan mempelai pria. Umumnya, perhiasan dalam seserahan ini adalah cincin emas, yang akan dipasangkan di jari manis mempelai wanita ketika sah menjadi suami-istri.

Makanan Tradisional

Aneka jajanan khas tradisional (instagram: @livina_aku)

Dalam tradisi Jawa, makanan tradisional yang biasanya diberikan untuk seserahan terbuat dari beras ketan, antara lain wajik, jenang, kue lapis, ataupun jadah. Makanan tradisional ini sendiri memiliki filosofi akan cinta kedua pasangan yang diharapkan selalu lengket, sebagaimana makanan tersebut yang telah dimasak akan menjadi lengket.

Untuk hantaran makanan ini, jika Anda memiliki anggota keluarga yang bisa memasak, tentu membuat sendiri adalah pilihan yang baik untuk menghemat pengeluaran. Namun, jika kebetulan tenaga tidak mencukupi, Anda bisa memesan katering dengan harga berkisar Rp500 ribuan hingga jutaan rupiah, tergantung jenis dan banyaknya makanan yang dipesan.

Buah-buahan

Seserahan buah-buahan (sumber: thebridedept.com)

Seserahan buah-buahan (sumber: thebridedept.com)

Selain makanan tradisional, pihak mempelai pria juga biasanya akan membawa buah-buahan sebagai salah satu isi seserahan. Buah-buahan ini sendiri bisa dikatakan sebagai simbol harapan agar pasangan yang menikah nantinya bisa menghasilkan buah limpah bagi keluarga maupun orang-orang di sekitar mereka.

Seperti makanan, biaya untuk seserahan buah-buahan sangat bervariasi, tergantung jenis dan banyaknya buah yang akan Anda serahkan. Anda sendiri bisa menyerahkan segala jenis buah, seperti jeruk, apel, anggur, maupun buah naga. Namun, yang harus ada dalam tradisi Jawa adalah pisang raja satu sisir. Di beberapa toko e-commerce, paket buah-buahan ini dijual dengan harga Rp250 ribuan. 

[Update: Almasshabur]

Baca juga  Spesifikasi dan Update Harga Jet Ski Yamaha VX700
loading...
author
Sudah lama lulus dari S-1 di kampus PTN ternama. Penyuka musik dan sedikit audiophile.

Leave a reply "Daftar Belanja dan Harga Terbaru Isi Seserahan Pernikahan"