Daftar 10 Kampus (Perguruan Tinggi) Termahal di Indonesia

Melanjutkan studi ke perguruan tinggi masih menjadi impian bagi sebagian orang. Pasalnya, dengan melanjutkan studi ke atau institut, peluang untuk berkarier sesuai dengan bidang yang diminati menjadi lebih terbuka, meski juga bukan jaminan. Di samping itu, dengan berkuliah, juga menjadikan status sosial seseorang di mata masyarakat semakin naik.

Umumnya, masyarakat di Indonesia mencari perguruan tinggi, yang tidak hanya berkualitas, tetapi juga mematok biaya yang murah dan terjangkau. Namun, bagi mereka dengan bujet berlebih, tidak apa-apa jika kemudian harus melanjutkan studi ke yang mahal. Pasalnya, selain karena prestise, dengan biaya kuliah mahal umumnya juga menyediakan yang tinggi, termasuk .

Nah, bagi Anda yang membutuhkan mengenai perguruan tinggi yang termasuk mahal di Indonesia, berikut kami sajikan daftarnya untuk Anda.

President University

Kampus swasta ini berlokasi di Jababeka Education Park di kawasan industri Jabababeka, Bekasi. President University merupakan salah satu perguruan tinggi swasta di Indonesia yang menerapkan kurikulum internasional. Dengan standar tersebut, tidak mengherankan jika kemudian universitas ini mematok biaya kuliah yang mahal.

Di tahun ajaran 2016/ lalu, President University mematok biaya kuliah sebesar Rp300 juta untuk 10 semester, atau Rp30 jutaan per semester. Ini masih belum dengan biaya administrasi dan biaya jaket almamater sebesar Rp2 juta, serta biaya pendaftaran mulai Rp150.000 hingga Rp500.000.

President University - jhanghiz.wordpress.com

President University - jhanghiz.wordpress.com

Swiss German University

Swiss German University atau SGU berlokasi di bilangan Serpong, Tangerang. Menurut informasi terbaru, universitas ini belum memiliki lahan atau gedung perkuliahan sendiri, alias masih menyewa. Namun, mengenai biaya kuliah, Anda mungkin akan geleng-geleng kepala. Sebagai kampus internasional pertama di Indonesia, SGU menarik biaya kuliah mulai Rp32 juta untuk uang pembangunan dan biaya per semester mulai Rp27,5 juta.

Swiss German University (SGU) - nasional.news.viva.co.id

Swiss German University (SGU) - nasional.news.viva.co.id

Universitas Ciputra

Universitas Ciputra (biasa disingkat UC) merupakan sala satu perguruan tinggi swasta di Indonesia yang berlokasi di Surabaya, tepatnya di UC Town Citraland, Jalan Citraland Utama Road, Made, Sambikerep, Surabaya. Perguruan tinggi ini pertama kali didirikan pada tahun 2006 dan dikembangkan oleh Ciputra Group.

Biaya kuliah di Universitas Ciputra meliputi biaya DPP (dana pembangunan dan pengembangan), biaya SPP (sumbangan pembinaan dan pendidikan), biaya SKS, biaya O-Week dan jas almamater, dan juga biaya lain-lain. DPP di kampus ini mulai Rp11,75 juta, SPP per semester mulai Rp7,7 juta, biaya SKS Rp350 ribu hingga Rp500 ribu, dan biaya O-Week sebesar Rp2,5 juta.

Universitas Ciputra - share.its.ac.id

Universitas Ciputra - share.its.ac.id

Universitas Pelita Harapan

Universitas Pelita Harapan berdiri sejak tahun 1996 dan dikenal sebagai salah satu kampus yang menjadi rujukan banyak selebritas Indonesia. Untuk biaya kuliah, UPH mematok mulai Rp9 juta hingga Rp15 juta per semester, dengan total biaya yang dikeluarkan untuk meraih titel Sarjana antara Rp130 juta hingga Rp200 juta. Meski mahal, namun sebanding dengan fasilitas yang disediakan mulai pusat olahraga hingga pusat perbelanjaan.

Universitas Pelita Harapan - kuliahmurahjakarta.blogspot.com

Universitas Pelita Harapan - kuliahmurahjakarta.blogspot.com

Universitas Trisakti

Universitas Trisakti merupakan satu-satunya perguruan tinggi swasta di Indonesia yang didirikan oleh Pemerintah Republik Indonesia pada tanggal 29 November 1965. Perguruan tinggi ini terletak di Jalan Kyai Tapa, Grogol, yang merupakan sebuah kawasan padat perkotaan di daerah Jakarta Barat.

Dalam menentukan besaran biaya kuliah yang harus dibayarkan baru, Universitas Trisakti menerapkan sistem pemeringkatan. Peringkat ini bisa dilihat dari surat panggilan yang berisi peringkat calon , lengkap dengan rincian biaya yang harus dibayarkan. Untuk tahun 2017/2018, biaya kuliah di Universitas Trisakti hingga lulus mulai Rp128 juta hingga Rp600 juta, tergantung program studi yang ditempuh.

Universitas Trisakti - www.newsth.com

Universitas Trisakti - www.newsth.com

Universitas Bina Nusantara (BINUS)

Universitas Bina Nusantara, atau yang dikenal dengan Universitas BINUS atau BINUS University, merupakan salah satu universitas swasta ternama di Indonesia yang berlokasi di Jakarta. Awalnya, perguruan tinggi ini hanya sebuah institusi komputer berbentuk Modern Computer Course dan kemudian berkembang pesat menjadi sebuah hingga menjadi universitas seperti sekarang.

Berbicara masalah biaya kuliah, BINUS bisa dibilang salah satu kampus swasta termahal di Indonesia. Di BINUS University Bekasi, biaya kuliah tahun ajaran 2017/2018 untuk program S1 Business Information Technology sebesar Rp151 juta, sedangkan program S1 Business Management sekitar Rp132 jutaan.

Universitas Bina Nusantara - id.wikipedia.org

Universitas Bina Nusantara - id.wikipedia.org

Universitas Tarumanegara

Kampus yang berada di Grogol, Jakarta Barat (tetangga Universitas Trisakti) ini juga mematok biaya kuliah yang cukup mahal. Pada tahun ajaran 2010/2011 lalu, kampus ini menarik biaya kuliah mulai Rp7 juta hingga Rp10 juta per semester. Jadi, untuk meraih gelar Sarjana di institusi ini, mahasiswa minimal mengeluarkan kocek Rp65 jutaan.

Universitas Katolik Indonesia Atmajaya

Universitas Katolik Indonesia Atmajaya berlokasi di Jalan Jenderal Sudirman No. 51, Karet Semanggi, Jakarta. Kampus yang berdiri sejak tahun 1960 ini bisa dikatakan sebagai salah satu kampus mahal, meski ada juga program studi yang ditarik dengan biaya cukup murah. Untuk bisa melanjutkan studi ke perguruan tinggi ini, mahasiswa harus merogoh kocek mulai Rp3 juta hingga Rp10 juta per semester.

Tanri Abeng University

Universitas Tanri Abeng atau Tanri Abeng University (disingkat TAU) merupakan salah satu perguruan tingi swasta di Indonesia yang didirikan oleh pengusaha dan mantan Menteri Pendayagunaan BUMN pada Kabinet Pembangunan VII dan Kabinet Reformasi Pembangunan, Tanri Abeng. Kampus perguruan tinggi ini berlokasi di Ulujami, Pesanggrahan, Jakarta Selatan.

Biaya kuliah di kampus ini dibedakan berdasarkan program reguler dan program internasional. Untuk program reguler, biaya kuliah yang dibayarkan per semester mencapai Rp9 juta. Sementara, biaya kuliah untuk program internasional bisa menembus Rp18 juta per semester.

Baca juga  Update Terbaru Rincian Biaya Tes TOEFL & Kursus Bahasa Inggris di UGM (Universitas Gadjahmada) 2017

Universitas Al Azhar Indonesia

Universitas Al Azhar Indonesia (UAI) merupakan salah satu perguruan tinggi swasta di Indonesia yang memfokuskan diri pada pendidikan berbasis agama Islam. Kampus Al Azhar resmi dibuka sejak tahun 2000 silam dan mempunyai 6 fakultas dengan 16 program studi yang aktif, serta 14 di antaranya telah terakreditasi. Kampus Al Azhar Indonesia sendiri berada di Kompleks Masjid Agung Al Azhar, Jakarta.

Biaya kuliah di Universitas Al Azhar Indonesia terdiri dari biaya pengembangan pendidikan, BOP, biaya SKS, biaya her registrasi jika harus mengulang, biaya administrasi, dan biaya praktikum. Biaya Pengembangan Pendidikan mulai Rp4,25 juta, BOP mulai Rp3 juta, biaya per SKS mulai Rp235 ribu hingga Rp260 ribu, dan biaya her-registrasi Rp350 ribu hingga Rp440 ribu.

loading...
author
Anak band yang gak suka nonton boyband. Sudah lama lulus dari S-1 di kampus PTN ternama. Pernah dipaksa baca berita infotainmen tiap hari sampai akhirnya memutuskan lebih suka info teknologi yang lebih sedikit gosip.

Leave a reply "Daftar 10 Kampus (Perguruan Tinggi) Termahal di Indonesia"