Ciri, Keunggulan, dan Harga Kuda Sumbawa

No comment1617 views

Jika Anda menyempatkan berkunjung ke Sumbawa, maka hewan akan menjadi primadona yang melekat di benak Anda. Pasalnya, selain memiliki postur yang gagah dan kuat, ini juga dikenal dapat memproduksi susu yang diklaim kaya manfaat jika dikonsumsi oleh manusia. Karena itu, tidak mengherankan jika kemudian harga kuda Sumbawa tergolong cukup mahal.

Kuda dan penunggangnya

Dikutip dari Wikipedia, kuda (atau Equus caballus atau Equus ferus caballus) adalah salah satu dari sepuluh spesies modern mamalia dari genus Equus. Hewan ini telah lama menjadi salah satu yang penting secara ekonomis dan historis, dan telah memegang peranan penting dalam pengangkutan orang dan barang selama ribuan tahun.

Kuda dapat ditunggangi oleh manusia dengan menggunakan sadel dan dapat pula digunakan untuk menarik sesuatu, seperti beroda atau bajak. Pada beberapa daerah, kuda juga digunakan sebagai sumber makanan. Walaupun peternakan kuda diperkirakan telah dimulai sejak tahun 4500 SM, bukti-bukti penggunaan kuda untuk keperluan manusia baru ditemukan terjadi sejak 2000 SM.

Jenis-jenis Kuda

Kuda di peternakan

Ada banyak jenis kuda di luar sana, dan berikut beberapa di antaranya yang dikutip dari Tribun News.

  • Kuda Akhal Teke, diklaim sebagai kuda ras tertua di dunia. Kuda yang dilabeli kuda tercantik di dunia konon telah ada sejak 3000-an tahun yang lalu, di sebuah padang pasir berbatu yang dikelilingi pegunungan di kawasan Karakung, Turkmenistan. Ras kuda Akhal Teke dikenal memiliki kecepatan yang tinggi, , tangkas, serta punya rambut yang halus dan terawat.
  • Black Forest Horse, memiliki nama lain Black Forest Cold Blood, sisi menarik dari jenis ini adalah memiliki bulu yang panjang dan unik di bagian leher dan ekor. Kuda Black Forest sendiri berasal dari Tanah Arya, Jerman.
  • Kuda Falabella, merupakan kuda mungil yang berasal dari Argentina. Postur tubuh kuda ini sangat kecil dibandingkan dengan jenis kuda lainnya sehingga sering disebut sebagai jenis kuda terkecil di dunia. Selain kecil, tubuhnya juga pendek, hanya sekitar 80 cm.
  • Kuda Fjord, merupakan kuda cantik yang berasal dari Norwegia, dengan tubuh berukuran sedang namun memiliki tenaga yang cukup kuat. Kuda ini sendiri memiliki warna dun atau cokelat keabu-abuan, serta memiliki khas bulu di leher bagian atasnya.
  • Kuda Shire, memiliki bulu yang sangat lebat dan panjang, yang tidak hanya terdapat pada kepala dan ekor, tetapi juga pada bagian kaki. Kuda Shire ini memiliki tampilan yang anggun serta postur yang besar dan tinggi. Masyarakat di Inggris hingga saat ini masih sering memanfaatkan kuda ini dalam proses angkut benda berat.
  • Kuda Poni, adalah jenis kuda berukuran kecil dengan tinggi dari tanah sampai ke punggung hanya 142 cm. Meski punya ukuran kecil, kuda ini memiliki penglihatan dan pendengaran yang tajam dan bersifat mandiri.
  • Kuda Marwari, dikenal sebagai kuda bangsa India dan punya daya tahan tubuh yang baik. Kuda ini hanya membutuhkan sedikit makanan untuk melakukan perjalanan yang cukup jauh. Biasanya, kuda Marwari digunakan untuk pengerjaan bertani dan dikenal memiliki telinga unik berbentuk kurva yang masuk ke dalam.
  • Kuda Thoroughbred, dikenal juga sebagai kuda karena memang digunakan dalam balapan kuda. Secara internasional, kuda yang berasal dari Inggris ini dikenal dengan nama Thoroughbred Horse, dan merupakan persilangan antara jenis kuda betina Inggris, kuda jantan dari Turki, dan kuda jantan dari Arab.
  • Kuda Friesian, berasal dari Belanda dan memiliki ciri-ciri seperti postur tubuh yang besar, berwarna hitam, serta memiliki bulu yang lebat dan panjang di bagian kepala dan ekor. Kuda ini dikenal tangguh dan energik.
  • Mustang, merupakan salah satu jenis kuda tangguh dari Amerika. Karena kebanyakan hidup di alam liar, maka Mustang lebih dikenal dengan Mustang si kuda liar.

Ciri Kuda Sumbawa

Kuda Sumbawa di alam liar (youtube: Aris Priyandoko)

Selain luar negeri, Indonesia juga memiliki salah satu kuda yang khas, yaitu kuda Sumbawa. Dikutip dari situs milik Direktorat Perbibitan dan Produksi Ternak, kuda Sumbawa dikatakan sebagai salah satu rumpun kuda lokal Indonesia yang mempunyai sebaran asli geografis di Pulau Sumbawa, Provinsi Nusa Tenggara Barat, dan telah ditetapkan melalui Keputusan Menteri Pertanian Nomor 2917/Kpts/OT.140/6/2011 tanggal 17 Juni 2011. Kuda ini sendiri memiliki ciri-ciri seperti:

  • Warna tubuh dominan warna terang sampai gelap.
  • Bentuk tubuh kompak dan relatif kecil dengan punggung rata, sedangkan pada tipe pacu, punggung agak cekung.
  • Hidung dan mulut relatif besar.
  • Ekor panjang dan berbulu lebat.
  • Persendian kaki baik, bentuk kuku kecil, dan kaki belakang lebih tinggi.
  • Tinggi pundak jantan 120,80 cm dan betina 113,25 cm.
  • Panjang badan jantan 120,40 cm dan betina 111,25 cm.
  • Memiliki daya tahan penyakit dan daya adaptasi yang cukup baik.

Melihat karakteristik kuda Sumbawa ini, maka tak heran jika masyarakat setempat memanfaatkan satwa ini sebagai kuda pacu. Selain itu, susu dari kuda Sumbawa ini juga diklaim memiliki kandungan nutrisi dan obat. Beberapa manfaat yang dapat diperoleh dari meminum susu kuda Sumbawa adalah menyembuhkan bronchitis, paru-paru basah, tifus, menurunkan kolesterol, hipertensi, serta dapat menghambat pertumbuhan Mycobacterium tuberculosis. Susu kuda Sumbawa yang di pasaran dikenal dengan nama “susu kuda liar” mempunyai aktivitas anti-mikroba yang paling baik saat diujikan.

Harga Kuda Sumbawa

Memiliki kualitas yang cukup mumpuni sebagai kuda pacu serta susu yang bermanfaat, harga kuda Sumbawa memang relatif mahal, meski tidak semahal kuda dari luar negeri. Di pasaran ekspor, kuda asli Indonesia ini dipasarkan dengan harga sekitar Rp35.000.000 sampai Rp50.000.000 per ekor. Sementara, jika Anda mau memelihara anakan kuda Sumbawa, di situs jual beli online dijual dengan harga sekitar Rp4 jutaan per ekor.

Baca juga  Update Harga Turbin Ventilator Cyclone (Aluminum & Stainless Steel)
loading...
author
Sudah lama lulus dari S-1 di kampus PTN ternama. Penyuka musik dan sedikit audiophile.

Leave a reply "Ciri, Keunggulan, dan Harga Kuda Sumbawa"