Cara Penggunaan & Harga MU (Mortar Utama) 480

No comment1329 views

Bagi masyarakat awam yang tidak bersentuhan dengan kegiatan konstruksi atau , mungkin akan asing ketika mendengar tentang semen instan. Di pasaran, semen instan dikenal dengan sebutan mortar, yaitu berupa campuran antara pasir dan semen yang dipakai untuk merekatkan bata, memasang keramik, mengaci, atau memplester.

di, pasaran, semen, instan, dikenal, dengan, sebutan, mortar, campuran, bahan, berbeda, tradisional, konvensional, harga, jenis, berbeda, MU, 480, perekat, keramik, satu, ukuran, 25kg, Weber, perusahaan, warna, merah

(videoblocks.com)

Semen instan disebut juga dengan homogeneous tile. Secara teknis dalam dunia konstruksi, semen instan dikenal dengan istilah Premixed Mortar atau Dry Mortar. Istilah itu memiliki arti adukan yang sudah dicampur sebelumnya, sesuai dengan peruntukannya.

dasar tersebut berupa pasir pilihan, semen, filler, dan aditif yang tercampur secara homogen. Berbeda dengan semen tradisional atau konvensional, proses pembuatan semen instan atau Mortar telah memakai teknologi modern yang terkomputerisasi. Hal tersebut bertujuan agar pencampuran atau mixing antar komponen penyusunnya sesuai , dan kualitasnya terjaga dengan baik.

Bahan yang dipakai dalam pembuatan semen instan Mortar juga berbeda. Jika semen konvensional hanya memakai satu bahan saja, maka semen instan adalah campuran dari semen, pasir silika, zat aditif dan beberapa bahan lain yang bisa dicampur menjadi satu.

Kebiasaan konvensional tersebut sebelum melakukan pekerjaan seperti merekatkan bata atau keramik atau pekerjaan lainnya, biasanya tukang terlebih dahulu mencampurkan semen dan pasir yang terpisah dengan takaran tertentu.

Sementara, premixed mortar atau semen instan sendiri sudah masuk dalam satu kemasan. Produk tinggal dimasukkan ke dalam wadah, lalu diaduk dengan air. Ragam Premixed Mortar sangat banyak dengan ratusan tipe di negara-negara maju yang teknologi konstruksinya sudah maju. Di Indonesia umumnya dipakai untuk segmen ritel sekitar 10 tipe.

Semen instan Mortar Utama (MU) banyak macamnya, ada yang MU 380 untuk perekat bata ringan, MU 301 untuk pasangan bata dan plesteran, MU 100 untuk plester premium, MU 200 untuk acian plesteran dan beton, dan juga MU 480 sebagai perekat keramik.

Dilihat dari sisi , masing-masing jenis MU berbeda antara satu dengan lainnya. Misalnya, untuk MU 480 sebagai perekat keramik di atas keramik seharga Rp 230.000 untuk satu sak 25kg. Anda bisa mendapatkannya di bahan bangunan. Standar acuan produk adalah EN 12004:2001.

MU 480 dapat diaplikasikan di atas berbagai permukaan, antara lain:

  • Permukaan dinding dan keramik, marmer atau granit.
  • Permukaan pasangan bata merah dan bata ringan
  • Permukaan dinding plesteran
  • Permukaan dinding acian
  • Permukaan dinding dan lantai beton
  • Permukaan lantai rabat atau scree
di, pasaran, semen, instan, dikenal, dengan, sebutan, mortar, campuran, bahan, berbeda, tradisional, konvensional, harga, jenis, berbeda, MU, 480, perekat, keramik, satu, ukuran, 25kg, Weber, perusahaan, warna, merah

Pemasangan dinding batu granit (textureimages.net)

Daya sebar dari MU 480 kurang lebih 5 m2 per sak 25 kg, dengan tebal aplikasi sekitar 3mm. Produk tersebut dinilai memiliki beberapa keunggulan, di antaranya:

  • Dapat mengganti keramik lama tanpa membongkarnya.
  • Menghemat upah kerja dan waktu.
  • Mencegah lepas dan terangkatnya pasangan keramik.
  • Kuat menahan beban tekan pada permukaan keramik.

Ada beberapa tahapan yang bisa dilakukan sebelum menggunakan MU 480, yaitu:

Persiapan

  1. Siapkan tempat kerja & permukaan yang akan dipasang keramik. Sebaiknya keramik dipasang pada dasar yang telah cukup stabil & rata (pemakaian bahan adukan akan lebih boros pada dasar permukaan dinding bata yang tidak diplester).
  2. Gunakan MU-600 atau MU-601(Pelapis Kedap Air) bila menginginkan dinding keramik yang lebih kedap air.
  3. Pasang petunjuk-petunjuk yang cukup untuk kerataan, kelurusan & kemudahan pekerjaan pemasangan keramik.
  4. Bersihkan dasar permukaan dari serpihan, kotoran & minyak yang dapat mengurangi daya rekat adukan.

Pengadukan

  1. Tuang air sebanyak 5,5-6,0 liter untuk kantong MU-470  (25kg).
  2. Masukan adukan kering MU-470  ke dalam bak adukan.
  3. Aduk campuran di atas hingga rata.

Cara Penggunaan (aplikasi)

  1. Aplikasi adukan Perekat keramik MU-470 dengan menggunakan roskam bergigi di atas media kerja.
  2. Dapat menggunakan metode ‘back buttering’ di belakang keramik.
  3. Tebal spasi adukan perekat yang dianjurkan adalah  ± 3 mm untuk ukuran keramik maksimum 30x30cm.
di, pasaran, semen, instan, dikenal, dengan, sebutan, mortar, campuran, bahan, berbeda, tradisional, konvensional, harga, jenis, berbeda, MU, 480, perekat, keramik, satu, ukuran, 25kg, Weber, perusahaan, warna, merah

(happho.com)

Supaya Mortar Utama 480 dapat digunakan seterusnya dan berfungsi dengan baik, sebaiknya Anda perlu memperhatikan cara penyimpanan yang benar. Sebaiknya simpan di dalam ruangan dan jaga agar selalu dalam keadaan kering. Hindari penumpukan produk (sak) secara berlebihan. Maksimal 8 tumpuk per palet (tumpukan palet maksimal 2).

Di Indonesia, mortar utama diproduksi oleh beberapa perusahaan. Salah satunya adalah Mortar Utama Weber. Mortar Utama Weber hadir di Indonesia sejak tahun 1996 dan menjadi perusahaan nasional pertama yang memproduksi semen instan siap pakai dengan menggunakan teknologi modern. Produk semen instan tersebut dikenal dengan merk Mortar Utama Weber (MU Weber).

Mortar Utama Weber memproduksi hampir 40 tipe, namun yang berkontribusi tinggi sekitar 90%nya kurang dari 10 tipe. Bagian-bagian besarnya digolongkan kepada produk yang berhubungan dengan dinding, yaitu pemasangan bata, plesteran, dan acian. Lalu produk yang berhubungan dengan lantai seperti peluran/screed, perekat keramik, dan nat keramik. Di luar itu ada produk-produk yang disebut dengan teknikal produk, di antaranya waterproofing yaitu MU 600 DryShield dan produk-produk beton.

Semua produk yang tergabung dalam Mortar Utama Weber memiliki identitas warna masing-masing di packaging. Produk yang berhubungan dengan dinding identik dengan warna hijau, perekat keramik warna merah, untuk pelapis kedap air (MU-600 Dryshield), dan perbaikan beton warnanya ungu. Dengan pemberian warna tersebut, diharapkan akan memudahkan konsumen dalam memilih produk.

Produk-produk dari Weber dapat dilihat secara langsung di toko-toko bahan bangunan, dan toko lainnya. Selain itu, dapat juga melihat produk-produknya di website www.mortarutama.com.

 

Baca juga  Harga Tiket Nonton & Snack di Bioskop CGV Blitz Surabaya
loading...

Leave a reply "Cara Penggunaan & Harga MU (Mortar Utama) 480"