Info Terbaru Rincian & Cara Hitung Biaya Membangun Rumah

Saat ini, memang sudah banyak pengembang atau developer yang menawarkan hunian nyaman dan berkelas dengan yang bersaing. Namun, jika Anda mengidamkan impian yang sesuai dengan selera Anda, Anda mungkin akan lebih memilih membangun Anda sendiri, sehingga desain dan arsitektur sesuai dengan apa yang Anda inginkan.

Ketika membangun sebuah rumah, hal pertama yang harus dipikirkan adalah mengenai lokasi rumah, termasuk apakah terletak di lokasi yang bising atau tidak. Jika Anda menginginkan kemudahan akses ke berbagai sudut, Anda bisa mencari lokasi di tengah kota. Namun, jika Anda lebih mengidamkan rumah yang nyaman dan sepi, pinggiran kota bisa menjadi alternatif menarik.

Membangun Rumah - www.cermati.com

Membangun Rumah - www.cermati.com

Selain lokasi, hal penting lain yang harus direncanakan secara matang ketika hendak membangun rumah adalah biaya. Menghitung biaya membangun rumah sebenarnya bukanlah perkara yang sulit. Hal utama yang harus Anda ketahui adalah harga bahan-bahan saat ini. Pasalnya, harga bahan selalu bergerak fluktuatif dan tidak menentu. Selain itu, biaya pembangunan rumah juga ditentukan oleh luas dan desain rumah yang akan dibangun. Anda juga harus menentukan besarnya lahan yang akan dibangun, di samping tukang atau tenaga ahli.

Luas Tanah dan Bangunan

Lahan atau tanah merupakan hal yang mutlak yang harus ada ketika Anda membangun sebuah rumah. Jika Anda ingin membangun rumah 21/60 misalnya, artinya Anda membutuhkan tanah seluas 60 meter persegi. Apabila harga tanah di lokasi incaran yang diinginkan sekitar Rp800 ribu per meter persegi, maka biaya yang diperlukan untuk membeli tanah adalah Rp800 ribu x 60 = Rp48 juta.

Sementara, untuk biaya bangunan, umumnya juga dihitung dengan meter persegi. Biasanya, harga bangun dari awal dimulai berada di kisaran Rp3,5 juta per meter persegi, namun, itu tergantung dengan material yang akan digunakan. Nah, dengan mengetahui luas tanah dan bangunan ini, maka Anda akan lebih mudah mengetahui anggaran yang diperlukan.

Biaya Bahan Bangunan

Bahan bangunan atau material adalah hal pokok ketika membangun sebuah rumah. Ada beberapa material yang perlu dipersiapkan, di antaranya semen, batu kali, pasir, gamping, besi atau baja, batu kerikil, batu bata merah, rangka atap, genteng, , kusen, pintu dan jendela, hingga perlengkapan mandi. Biaya untuk komponen ini bervariasi, tergantung harga pasaran bahan bangunan tersebut.

Biaya Tenaga Kerja/Tukang

Tukang diperlukan untuk menggarap rumah Anda. Secara umum, ada dua sistem yang bisa diterapkan untuk membayar upah tukang, yaitu upah harian dan upah borongan. Menurut data di lapangan, upah harian tenaga kerja untuk membangun rumah berada di kisaran Rp100 ribu sampai Rp150 ribu, sedangkan upah borongan dihitung berdasarkan meter persegi.

Biaya Lain-Lain

Biaya lain-lain ini bisa termasuk biaya desain (jika Anda menggunakan jasa desainer atau arsitek untuk merancang rumah Anda), biaya membangun taman, menambahkan ornamen, dan sejenisnya. Biaya ini perlu dipersiapkan di dalam anggaran, dan umumnya berada di kisaran 10 persen dari keseluruhan total anggaran biaya membangun rumah.

Biaya Membangun Rumah - www.today.com

Biaya Membangun Rumah - www.today.com

Contoh Biaya Bangun Rumah

KomponenBiaya
Biaya Tukang + MandorĀ Rp1.169.500 per hari
Harga Tanah 36/75Rp3.090.000/m2 x 75 m2 = Rp231.750.000
Biaya BangunanĀ 36 m2 x Rp2.000.000 = Rp72.000.000
Biaya Bahan BangunanRp3.250.000 per meter
Biaya Lain-Lain10% dari total anggaran

Tabel perhitungan biaya membangun rumah di atas adalah perkiraan kasar. Biaya untuk membangun rumah sangat bervariasi, tergantung luas tanah, luas bangunan, harga tanah dan harga bangunan di lokasi rumah akan dibangun, jumlah pekerja atau tukang, hingga fluktuasi harga bahan atau material bangunan.

(Panca)

Baca juga  Info Terbaru Harga Cat Tembok Waterproof (All Merek) di Pasaran
loading...
author
Sudah lama lulus dari S-1 di kampus PTN ternama. Penyuka musik dan sedikit audiophile.

Leave a reply "Info Terbaru Rincian & Cara Hitung Biaya Membangun Rumah"