Update Cara Menghitung Biaya Membangun Rumah

No comment 8600 views

Saat ini, memang sudah banyak pengembang atau yang menawarkan hunian nyaman dan berkelas dengan yang bersaing. Namun, jika Anda mengidamkan impian yang sesuai dengan selera Anda, Anda mungkin akan lebih memilih membangun Anda sendiri, sehingga desain dan arsitektur sesuai dengan apa yang Anda inginkan.

Membangun Rumah - www.cermati.com

Membangun Rumah - www.cermati.com

Ketika membangun sebuah rumah, hal pertama yang harus dipikirkan adalah mengenai rumah, termasuk apakah terletak di yang bising atau tidak. Jika Anda menginginkan kemudahan akses ke berbagai sudut, Anda bisa mencari di tengah kota. Namun, jika Anda lebih mengidamkan rumah yang nyaman dan sepi, pinggiran kota bisa menjadi alternatif menarik.

Selain lokasi, hal penting lain yang harus direncanakan secara matang ketika hendak membangun rumah adalah . Menghitung membangun rumah sebenarnya bukanlah perkara yang sulit. Hal utama yang harus Anda ketahui adalah harga bahan-bahan saat ini. Pasalnya, harga bahan selalu bergerak fluktuatif dan tidak menentu. Selain itu, pembangunan rumah juga ditentukan oleh luas tanah dan desain rumah yang akan dibangun. Anda juga harus menentukan besarnya lahan yang akan dibangun, di samping ongkos tukang atau tenaga ahli.

Secara umum, ada dua cara yang bisa digunakan untuk menghitung rencana biaya (RAB) membangun rumah secara mandiri, yaitu menghitung biaya bangun rumah per meter persegi dan menghitung biaya bangun rumah dengan harga satuan. Berikut rincian singkat dari masing-masing cara tersebut.

Biaya Bangun Rumah per M2

Perhitungan dengan metode ini bisa memberikan hasil yang berbeda, tergantung bahan yang digunakan, harga bahan di lokasi setempat, biaya upah atau ongkos tukang di masing-masing daerah, biaya transportasi, dan lain sebagainya. Untuk menghitung RAB dengan metode ini caranya cukup mudah, yaitu siapkan gambar denah rumah, hitung luas bangunan sesuai dengan rencana denah, dan cari biaya per meter yang diperlukan.

Baca juga  Info Tanah Kavling Perumahan Harga Rp60 Jutaan di Batu dan Malang

Misal, rumah yang dibangun berdasarkan denah memiliki lebar 6 meter dan panjang 6 meter. Kemudian, Anda cari luasnya, maka didapat luas rumah adalah 6 m2 x 6 m2 = 36 m2. Selanjutnya, cari informasi harga bahan bangunan di sekitar lokasi tersebut. Setelah mendapatkan informasi data luas bangunan dan data harga per m2, maka Anda bisa menghitung berapa biaya yang diperlukan. Misalnya, dengan harga bahan bangunan Rp2.500.000 per m2, maka biaya untuk membangun rumah adalah 36 m2 x Rp2.500.000 = Rp90.000.000.

Biaya Bangun Rumah dengan Sistem Harga Satuan

Langkah pertama yang harus dilakukan adalah menghitung volume atau banyaknya pekerjaan yang dihitung berdasarkan satuan tertentu, misalnya pekerjaan fondasi, pekerjaan dinding, pekerjaan beton, pekerjaan lantai, dsb. Kemudian, menghitung harga satuan yang terdiri dari harga bahan dan material, harga upah tenaga kerja, serta angka koefisien SNI. Setelah itu, Anda bisa membuat RAB dengan mengalikan volume dengan harga satuan, seperti contoh berikut.

Uraian Pekerjaan Volume Harga Satuan Jumlah
Pembersihan Lapangan 340 m2 Rp6.750 Rp2.295.000
Pemasangan Bouplank 56 m2 - -
Pengadaan Air Kerja 1 Ls Rp4.500.000 Rp4.500.000
Pembuatan Gedung Semen 20 m2 Rp384.725,40 Rp7.694.508
Dst.
loading...
author
Anak band yang gak suka nonton boyband. Sudah lama lulus dari S-1 di kampus PTN ternama. Pernah dipaksa baca berita infotainmen tiap hari sampai akhirnya memutuskan lebih suka info teknologi yang lebih sedikit gosip.

Leave a reply "Update Cara Menghitung Biaya Membangun Rumah"