Update Cara Mencairkan Saldo Google Play (via Komputer dan Ponsel Android)

Jika Anda pengguna smartphone berbasis Android, pasti sudah tidak asing lagi dengan Google Play Store. Ini adalah lokasi untuk berburu aplikasi serta permainan. Bahkan, Anda bisa membeli film, musik, serial TV, e-book, atau majalah melalui layanan ini. Untuk bisa berbelanja di layanan ini, Anda bisa mengisi saldo atau memotong langsung. Nah, jika kebetulan saldo masih tersisa, ternyata pengguna bisa mencairkan dengan beberapa cara, baik melalui perangkat komputer atau ponsel Android.

Ilustrasi: Aplikasi Google Play Store (credit: Techradar)
Ilustrasi: Aplikasi Google Play Store (credit: Techradar)

Bisa dibilang, perangkat Android merupakan platform yang paling populer di dunia. Diklaim, lebih dari 190 negara di seluruh belahan Bumi menggunakan ponsel cerdas berbasis sistem operasi ini. Banyak pengguna memakai Android untuk mencari aplikasi, permainan, dan konten lainnya. Setiap hari, bahkan lebih dari 1 juta perangkat Android diaktifkan di seluruh dunia.[1]

Bacaan Lainnya

Sekadar info, Android ini sebelumnya merupakan perusahaan bernama Android Inc., yang lantas diakuisisi oleh Google pada pertengahan tahun 2005. Perusahaan asal AS tersebut lalu mengubah nama penyedia aplikasi Android dan Android market menjadi Google Play. Dengan menggunakan sistem open sources, memungkinkan para pengembang untuk menciptakan beragam perangkat lunak menarik yang dapat dinikmati oleh para pengguna, seperti game, aplikasi chatting, dan lain-lain di Google Play.[2]

Pengguna Android sendiri men-download lebih dari 1,5 miliar aplikasi dan game dari Google Play Store setiap bulan. Bagi pengembang aplikasi, Android sangat dimungkinkan untuk mendistribusikan aplikasi yang mereka buat. Pengembang bisa menyebarkan aplikasi mereka secara luas untuk ratusan juta pengguna di berbagai perangkat ponsel, tablet, dan lain-lain.[3]

Baca juga  Info Terbaru Harga Susu Herbalife Shake untuk Member dan di Apotek

Sebenarnya, ada banyak aplikasi atau game gratis yang dapat Anda unduh via Google Play Store. Namun, tidak sedikit yang mengharuskan Anda membayar. Nah, jika Anda kebetulan menginginkan aplikasi atau game berbayar, Anda bisa mengisi saldo Google Play atau memotong secara langsung dari kartu SIM yang Anda gunakan. Opsi lainnya adalah memakai kartu kredit walaupun tidak begitu populer.

Cara Menambah Saldo Google Play

Menurut keterangan resmi Google, saldo Google Play adalah kredit yang dapat digunakan untuk membeli aplikasi, game, dan konten di Google Play. Ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk menambah saldo di Google Play, antara lain menukarkan kartu Google Play, menukarkan kode hadiah digital, serta menggunakan kode promosi.

Sebagai catatan, Anda tidak dapat berbagi atau mentransfer konten antar-akun di Google Play, meskipun kedua akun tersebut milik Anda. Jika memiliki beberapa akun di perangkat, pastikan Anda login ke akun yang ingin digunakan sebelum menyelesaikan pembelian. Jika Anda membeli aplikasi dengan akun yang salah, Anda disarankan menghubungi developer aplikasi. Mereka mungkin dapat mengembalikan dana sehingga Anda dapat membelinya lagi di akun yang ingin digunakan.

Apabila Anda kebetulan mendapati masalah pada aplikasi yang sudah Anda beli, ternyata Anda dapat melakukan klaim pengembalian dana. Anda bisa mendapatkan pengembalian dana secara otomatis jika Anda uninstall aplikasi berbayar segera setelah Anda membelinya pertama kali. Buka aplikasi Google Play, ketuk ikon Menu dan pilih Order History, pilih aplikasi atau game yang ingin dikembalikan, ketuk pada Laporan Masalah dan pilih kendala dari menu yang tersedia. Ikuti petunjuk di layar untuk mendapatkan uang Anda kembali dan menghapus aplikasi atau game.

Baca juga  Biaya Tarik Tunai Kartu Kredit Bank Mandiri Terbaru
Tampilan Google Play Store (sumber: androidpit)
Tampilan Google Play Store (sumber: androidpit)

 

Cara Mengecek Saldo Google Play

Nah, jika Anda ragu apakah dana Anda sudah kembali atau belum, Anda bisa mengecek saldo Google Play Anda. Caranya sangat simpel, Anda cukup membuka ponsel atau tablet Android Anda, lalu buka aplikasi Google Play Store. Setelah itu, ketuk Menu dan pilih Metode Pembayaran. Di sana akan tertera berapa jumlah saldo yang Anda miliki.

Selain dapat dicek, ternyata saldo Google Play Anda juga bisa dicairkan. Anda mungkin memiliki saldo Google Play positif jika Anda menerima uang yang dikirimkan kepada Anda menggunakan saldo Google Play Anda, berhasil menolak transaksi, menerima pengembalian dana untuk barang yang dibeli menggunakan profil pembayaran, atau mendapatkan kredit melalui produk atau layanan Google.

Cara Mencairkan Saldo Google Play via Komputer

  • Login ke Metode Pembayaran.
  • Di bagian “Saldo Google Play”, klik Transfer Saldo.
  • Masukkan jumlah yang ingin ditransfer.
  • Konfirmasi metode pembayaran.
  • Klik Transfer.

Cara Mencairkan Saldo Google Play via Android

  • Buka aplikasi Google Play.
  • Di bagian bawah, tap Pembayaran.
  • Di bagian “Saldo Google Play”, tap Uangkan.
  • Masukkan jumlah yang ingin ditransfer.
  • Konfirmasi metode pembayaran.
  • Tap Transfer.

Informasi cara mencairkan saldo Google Play di atas kami rangkum dari penjelasan resmi pihak Google. Dengan menguangkan saldo Google Play, baik lewat komputer maupun Android, Anda juga bisa menggunakan saldo tersebut untuk membeli atau sebagainya. Sampai saat ini cara mencairkan atau transfer saldo Google Play masih sama seperti tahun lalu.

Baca juga  Cara Pakai dan Update Harga Pewangi Laundry Mawar
Ilustrasi Google Play (sumber: Fluper)
Ilustrasi Google Play (sumber: Fluper)

Cara Memindahkan Saldo Google Play ke DANA

  • Unduh aplikasi Taski Opinion Rewards Converter dari Play Store.
  • Buat akun baru.
  • Lakukan pembelian sejumlah token sesuai nominal saldo Google Play yang ingin Anda convert dengan menggunakan saldo Google Play. Beli token dari Play Credits.
  • Langkah selanjutnya, klik tombol “Convert token” untuk token yang Anda beli.
  • Pilih metode transfer DANA Anda dan masukan nomor Anda.
  • Pilih opsi pembayaran untuk mentransfer play credits.
  • Tunggu 7 hari untuk memproses uang Anda masuk ke rekening.
  • Setelah masuk ke bank, lakukan top up atau isi ulang akun DANA Anda.

Biaya Admin Transfer Saldo Google Play

Pencairan saldo akan berlangsung sekitar 1 x 24 jam dan paling lama sekitar 4 hari kerja. Anda tidak akan dikenakan biaya administrasi meski ditransfer ke bank atau kartu debit. Meski cara tersebut bisa dibilang cukup simpel dan mudah dilakukan, mungkin ada kalanya pengguna menemui kendala. Nah, jika Anda mengalami hal demikian, Anda dapat menghubungi Pusat Bantuan Google langsung lewat perangkat Anda.

[Update: Ditta]

[1] Ependi, Usman dan Nyimas Sopiah. 2015. Pemanfaatan Teknologi Berbasis Android Sebagai Media Belajar Matematika Anak Sekolah Dasar. Jurnal Ilmiah Matrik, Vol. 17(2): 109-122.

[2] Wintolo, Hero dan Anggit Tri Widiastuti. 2015. Pemanfaatan Image to Speech Berbasis Android untuk Pengenalan Warna Bagi Anak Bawah Tiga Tahun (Batita). Jurnal Angkasa, Vol. VII(2).

[3] Ependi, Usman dan Nyimas Sopiah. Op. cit.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

1 Komentar

  1. engga bisa buat negara Indonesia ya? cuman baut USA dan Inggris klo berdasarkan google.support. Klo gitu, kenapa dibuat artikel ini?
    beritahu saya klo saya salah