Keunggulan, Cara Menanam, dan Harga Bibit Durian Montong

Durian montong hingga saat ini masih menjadi primadona di kalangan pencinta durian. Buah berduri dengan ukuran jumbo tersebut terkenal karena rasanya yang legit, dengan daging buah yang lebih banyak dibanding jenis durian lainnya. Meskipun harga bibit dan buahnya terbilang mahal, tetapi hal ini tidak menjadi masalah bagi penggemarnya.

Keunggulan Durian Montong dan Manfaatnya

Buah durian montong (sumber: zine.my)
Buah durian montong (sumber: zine.my)

Durian sendiri merupakan salah satu tumbuhan tropis asal Asia Tenggara dan telah populer sebagai raja buah atau biasa disebut dengan King of Fruit. Meskipun sudah tersebar secara luas hingga ke pelosok negeri, buah durian paling banyak ditemukan di Pulau Kalimantan. Memang, di pulau tersebut ada banyak petani durian, bahkan tak sedikit penduduk yang memiliki pohon durian di rumahnya.[1]

Bacaan Lainnya

Dari sekian banyak jenis durian yang ada, durian montong menjadi salah satu varian yang populer. Ini merupakan jenis durian unggulan yang berasal dari Negeri Gajah Putih dan sudah tersebar hingga ke Nusantara. Durian tersebut memiliki aroma buah yang tidak terlalu menyengat seperti durian lainnya. Inilah alasan banyak orang lebih suka durian montong. Selain itu, durian montong memiliki daging buah yang lebih tebal dengan biji yang cenderung kecil dan tipis.

Banyaknya daging buah yang bisa dimakan, tentu membuat orang merasa puas ketika mengonsumsinya. Selain daging yang tebal, durian montong memiliki ciri khas pada tekstur daging buahnya. Dibanding dengan durian lainnya, daging buah durian montong cenderung lebih empuk dan sedikit creamy. Meskipun terbilang creamy, buah durian montong terasa manis dan tidak berlemak.

Keunggulan lain durian montong terletak pada kandungannya. Durian ini memiliki kandungan nutrisi yang tergolong lengkap. Dalam satu gigitan durian montong, Anda sudah mendapatkan vitamin C, vitamin B1, thiamin, riboflavin, dan niacin yang membantu meningkatkan daya tahan serta memenuhi kebutuhan vitamin harian Anda.

Selain itu, buah durian montong juga mengandung berbagai macam mineral, seperti besi, kalsium, magnesium, sodium, seng, dan fosfor. Kandungan mineral tersebut memiliki manfaat yang baik untuk menjaga kesehatan tulang, menambah energi tubuh, serta membantu tumbuh kembang anak dalam masa pertumbuhan.

Secara uji laboratorium, buah durian montong juga mengandung karbohidrat, asam kafeat, antosianin, quercetin, serat, protein, polyphenol, phytosterol, tryptophan, phytonutrient, kalori, dan gula alami, yang semuanya memiliki manfaat masing-masing bagi kesehatan tubuh.

Phytonutrient dan phytosterol berperan sebagai antioksidan yang bermanfaat untuk mematikan sel kanker, meningkatkan sistem imun, dan meminimalkan pertumbuhan tumor. Sementara, kandungan tryptophan pada durian montong berkhasiat untuk meningkatkan produksi hormon serotonin dan dopamin, atau lebih dikenal dengan hormon kebahagiaan. Tak heran durian montong dapat dijadikan sebagai mood booster Anda ketika sedang galau atau bad mood.

Selain mendapatkan durian montong dengan cara membelinya di pasaran, Anda juga bisa menanam pohonnya di rumah. Dengan menanam pohon durian montong sendiri, bisa menjadi salah satu peluang bisnis yang menjanjikan. Apalagi cara menanam bibit durian montong tidak sulit dengan hasil yang melimpah.

Cara Menanam Durian Montong

Bibit durian montong (sumber: blanja.com)
Bibit durian montong (sumber: blanja.com)
  • Sebelum menanam durian montong, Anda harus membeli bibitnya terlebih dahulu. Sebaiknya beli bibit durian montong yang siap tanam untuk mempermudah proses penanaman.
  • Pilihlah bibit durian montong dengan akar dan batang yang kuat. Ciri bibit durian montong siap tanam, yaitu memiliki daun minimal 4 hingga 7 helai dengan ketinggian lebih dari 10 cm.
  • Siapkan lahan tanam yang cukup luas, karena durian montong memiliki ukuran pohon yang besar dengan dahan yang tumbuh ke samping.
  • Gemburkan lahan tanam dan campur dengan organik. Anda bisa memakai pupuk kompos atau pupuk kandang. Jangan lupa untuk mengukur pH tanah. pH yang baik untuk menanam durian montong, yaitu sekitar 5,5 hingga 6. Jika tanah memiliki kadar asam terlalu tinggi, Anda bisa menaburkan tani atau dolomit terlebih dahulu.
  • Buat lubang tanam sedalam 5 hingga 7 cm dan tanam bibit durian Anda. Setelah menanam, jangan lupa untuk melakukan perawatan, seperti pembersihan lahan, pemupukan ulang, penyiraman tanaman, hingga mengikat buah durian muda untuk mempermudah proses pemanenan.

Harga Bibit Durian Montong

Saat ini, tidak sulit menemukan bibit durian montong, bahkan Anda bisa membelinya secara online. Untuk bibit durian montong siap tanam, harganya sekitar Rp50 ribuan hingga Rp75 ribuan, tergantung usia serta ketinggian bibit. Semakin tua usia bibit, biasanya harganya akan semakin mahal. Jika ingin lebih , Anda bisa membeli bibit durian montong siap semai, yaitu mulai Rp35 ribuan hingga Rp50 ribuan. Harga bibit tersebut tentu tidak terikat dan dapat berubah sewaktu-waktu.

[1] Yuniastuti, Endang, dkk. 2018. Karakterisasi Durian (Durio zibethinus) Ngrambe di Jawa Timur Indonesia. Caraka Tani Journal of Sustainable Agriculture, Vol. 33(2): 136-145.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *