Update Syarat dan Biaya Buka Rekening BCA via Online

Seiring dengan perkembangan dunia digital yang kian pesat, semakin banyak pula bank yang melakukan inovasi dengan membuka berbagai layanan berbasis online. Bank Central Asia atau BCA misalnya, saat ini sudah menyediakan opsi pembukaan rekening baru dengan sistem online untuk berbagai tabungan mereka, seperti Tahapan BCA, Tahapan Xpresi, Tapres, dan BCA Dollar, dengan syarat mudah dan biaya murah.

Ilustrasi: mengakses laman online BCA/KlikBCA
Ilustrasi: mengakses laman online BCA/KlikBCA

Sekilas Tentang BCA

Bagi masyarakat di Indonesia, nama BCA mungkin sudah tidak asing lagi. Ini adalah salah satu bank swasta yang bisa dibilang paling besar di Tanah Air. Sudah eksis sejak tahun 1957 silam, hingga kini BCA menjadi salah satu rujukan utama masyarakat untuk menyimpan dana atau menabung hingga melakukan transaksi keuangan lainnya.

Bacaan Lainnya

Dilansir dari berbagai sumber, BCA sendiri didirikan pada tanggal 21 Februari 1957 oleh Sudono Salim dan berkantor pusat di Jakarta. Kemudian, pada tahun 1977, BCA melakukan merger dengan dua bank, salah satunya Bank Gemari yang dimiliki Kesejahteraan Angkatan Bersenjata Republik Indonesia (ABRI). Merger tersebut membuat BCA bisa menjadi bank devisa.

Pada tahun 1990-an, BCA mengembangkan alternatif jaringan layanan melalui ATM (Anjungan Tunai Mandiri atau Automated Teller Machine). Pada tahun 1991, BCA mulai menempatkan 50 unit ATM di berbagai tempat di Jakarta. Pengembangan jaringan dan fitur ATM dilakukan secara intensif. BCA bekerja sama dengan institusi terkemuka, antara lain PT Telkom, untuk pembayaran tagihan telepon melalui ATM BCA. BCA juga bekerja sama dengan Citibank agar nasabah BCA pemegang Citibank dapat melakukan pembayaran tagihan melalui ATM BCA.

Kemudian, memasuki milenium ketiga, BCA memperkuat dan mengembangkan dan layanan mereka, terutama perbankan elektronik dengan memperkenalkan Debit BCA, Tunai BCA, internet banking KlikBCA, mobile banking m-BCA, EDCBIZZ, dan lain-lain. BCA juga mendirikan fasilitas Disaster Recovery Center di Singapura.

Tak hanya itu, BCA meningkatkan kompetensi di bidang penyaluran kredit, termasuk melalui ekspansi ke bidang pembiayaan mobil, melalui anak perusahaannya, BCA Finance. Lalu, pada tahun 2007, BCA menjadi pelopor dalam menawarkan kredit kepemilikan rumah dengan suku bunga tetap. BCA meluncurkan kartu prabayar, Flazz Card, serta mulai menawarkan layanan Banking untuk terus membangun keunggulan di bidang perbankan transaksi.

Ilustrasi: tabungan BCA (sumber: bca.co.id)

Layanan Pembukaan Rekening BCA Online 

Dengan perkembangan dunia digital yang kian pesat, BCA pun melakukan inovasi perbankan untuk lebih memudahkan nasabah dan masyarakat umum. Pada bulan Februari 2017 lalu, bank ini resmi menghadirkan layanan pembukaan rekening tabungan secara online. Jadi, cukup dengan mengisi formulir melalui ponsel, calon nasabah sudah bisa membuka rekening tabungan mereka tanpa perlu datang langsung ke kantor cabang BCA.

Setelah mengisi formulir secara online, calon nasabah memang tetap akan diminta datang ke kantor cabang BCA terdekat, tetapi hanya perlu membawa nomor referensi dan dokumen pendukung yang diperlukan. Menariknya, BCA juga menyediakan fitur reservasi yang memungkinkan masyarakat untuk memilih waktu transaksi dan kantor cabang terdekat. Dengan melakukan reservasi ini, calon nasabah akan mendapatkan nomor antrean khusus sehingga transaksi di cabang akan menjadi lebih cepat.

Syarat Buka Rekening BCA Online

  • Calon nasabah adalah perorangan, WNI atau WNA, yang telah memiliki kartu identitas diri.
  • Mengisi dan menandatangani formulir permohonan pembukaan rekening.
  • Melengkapi dokumen yang diperlukan.

Lalu, bagaimana cara calon nasabah agar dapat membuka rekening tabungan di BCA secara online? Pertama-tama, calon nasabah harus men-download aplikasi BCA Mobile di Google Play Store. Selain itu, nasabah juga perlu memastikan nomor handphone yang nantinya didaftarkan belum pernah digunakan untuk BCA Mobile.

Cara Buka Rekening via BCA Mobile

  • Unduh dan buka aplikasi BCA Mobile.
  • Pilih opsi Buka Rekening yang terdapat pada halaman depan aplikasi tersebut.
  • Siapkan beberapa dokumen dalam bentuk softcopy, seperti e-KTP, tanda tangan, NPWP (jika ada), dan data diri.
  • Setelah itu, nasabah bisa memilih jenis tabungan yang sesuai dengan kebutuhan. Saat ini, rekening tabungan yang dapat dibuka secara online adalah Tahapan BCA, Tahapan Xpresi, dan Tahapan Gold.
  • Anda akan diminta melakukan verifikasi nomor HP. Proses tersebut mungkin akan dikenakan biaya untuk SMS.
  • Simpan kode akses karena akan digunakan untuk masuk kembali ke menu Buka Rekening.
  • Lengkapi dokumen dan data diri.
  • Pilih jenis kartu yang akan Anda pakai.
  • Pilih cabang rekening terdaftar.
  • Video verifikasi data.
  • Aktivasi mobile banking.

Pengambilan kartu ATM BCA setelah daftar online bisa dilakukan di kantor cabang BCA dengan membawa e-KTP dan akan dikenakan biaya cetak kartu ATM sesuai jenis kartu yang digunakan. Jadi, calon nasabah tidak harus menyertakan bukti email notifikasi pembukaan rekening secara online.

Selain lewat BCA Mobile, pembukaan rekening BCA secara online juga dapat Anda lakukan melalui fitur KlikBCA. Ini adalah perbankan elektronik yang hadir untuk menawarkan kemudahan transaksi perbankan. Akses layanan perbankan dalam jangkauan satu klik saja melalui internet di komputer atau ponsel cerdas Anda.

KlikBCA sendiri diklaim memiliki beberapa keunggulan, seperti aman dan terlindungi dalam berbagai cara, dapat melakukan transaksi seperti di ATM, kepraktisan dalam bertransaksi, serta bisa dilakukan melalui smartphone. Selain itu, fitur ini juga dapat melakukan pemblokiran kartu ATM apabila kebetulan nasabah kehilangan kartu ATM BCA mereka.

Cara Buka Rekening BCA via Online – review.bukalapak.com

Cara Buka Rekening BCA via KlikBCA

  • Mengisi formulir melalui situs KlikBCA secara lengkap.
  • Setelah formulir diisi dengan lengkap, calon nasabah dapat membawa nomor referensi yang dihasilkan dari aplikasi online untuk melakukan pembukaan rekening di kantor cabang BCA terdekat.
  • Pemohon wajib terlebih dahulu membaca dan memahami informasi simpanan yang ditampilkan pada situs KlikBCA ini sebelum mengajukan permohonan pembukaan rekening di kantor cabang BCA.
  • Pemohon wajib membawa dokumen-dokumen seperti bukti nomor referensi dan formulir yang telah diisi, bukti identitas diri yang masih berlaku (KTP/SIM/Paspor), resi perpanjangan dari instansi terkait (bila kartu identitas dalam proses perpanjangan), surat keterangan domisili (bila alamat pemohon di KTP berbeda dengan daerah kantor cabang BCA atau alamat yang tercantum di dokumen pendukung identitas lain berbeda dengan yang tertera di KTP), serta dokumen pendukung lainnya seperti ketentuan BCA.

Biaya Buka Rekening BCA Online

Jenis Tabungan Biaya (Setoran Awal)
Tahapan Minimum Rp500.000
Tahapan Xpresi Minimum Rp50.000
Tahapan Gold Rp10.000.000

Informasi pembukaan rekening BCA secara online di atas kami rangkum langsung dari situs resmi bank yang bersangkutan, demikian juga dengan biaya yang dibayarkan. Jika dibandingkan ketentuan sebelumnya, besaran biaya pembukaan rekening BCA secara online saat ini masih belum berubah. Sebagai informasi tambahan, nasabah tidak akan dikenakan biaya materai.

(Panca)

Pos terkait