Update Prosedur dan Biaya Administrasi Tambah Daya Listrik PLN

Makin banyaknya keperluan masyarakat, maka kebutuhan akan listrik juga semakin naik. Karena itu, tidak heran jika kemudian tidak sedikit masyarakat yang melakukan penambahan listrik di rumah mereka. sendiri sudah melayani kebutuhan ini, dengan bervariasi, tergantung besaran daya yang akan ditambahkan oleh masing-masing pelanggan. 

Lalu, bagaimana cara mengajukan permohonan tambah daya listrik PLN? Bagi Anda yang hendak menaikkan daya listrik, bisa mengajukan ke permohonan langsung ke kantor PLN terdekat, kantor PLN setempat, call center PLN 123, atau form permohonan perubahan daya via online di situs resmi PLN. Khusus untuk pelanggan meteran lama pascabayar (sistem tagihan), hanya bisa dilayani di kantor PLN setempat.

Biaya, administrasi, tambah, daya, listrik, 2018, online, permohonan, 900, 1300, 2200,3500, 4400, 5500, PLN, cara,

Pengaturan meteran listrik (solopos.com)

Untuk memudahkan sebaiknya telepon dulu ke Unit PLN terdekat ke bagian pelayanan pelanggan. Kumpulkan yang diperlukan, seperti fotokopi rekening listrik terakhir, fotokopi KTP pemohon, serta denah lokasi atau rumah. Siapkan yang dibutuhkan, misalnya Penyambungan (BP), sebesar selisih kenaikan daya kali yang berlaku, Uang Jaminan Pelanggan (UJL), dikompensasikan dengan UJL yang telah dibayar (sesuai standar PLN), dan Materai. Lakukan pembayaran di loket pembayaran Unit PLN terdekat.

Biaya Tambah Daya Listrik

Dari Daya LamaKe Daya BaruBP Normal
450 VA900 VARp421.650
1300 VARp796.450
2200 VARp1.639.750
3500 VARp2.955.450
4400 VARp3.827.550
5500 VARp4.893.450
900 VA1300 VARp374.800
2200 VARp1.218.100
3500 VARp2.519.400
4400 VARp3.391.500
5500 VARp4.457.400
1300 VA2200 VARp843.300
3500 VARp2.131.800
4400 VARp3.003.900
5500 VARp4.069.800
2200 VA3500 VARp1.259.700
4400 VARp2.131.800
5500 VARp3.197.000
3500 VA4400 VARp872.100
5500 VARp1.938.000
4400 VA5500 VARp1.065.900

Rincian biaya administrasi tambah daya listrik bersifat dinamis (naik/turun), namun tidak terlalu signifikan perubahan harganya. Biaya tercantum di atas hanya berlaku untuk tambah daya pelanggan prabayar (token). Untuk informasi yang lebih akurat, tentu bisa didapatkan melalui kantor PLN setempat, call center PLN 123, atau form permohonan perubahan daya PLN online.

Biaya lain yang perlu dikeluarkan bila hendak tambah daya PLN adalah penggantian mesin MCB atau Miniature Circuit Breaker. Alat ini berfungsi untuk membatasi arus listrik hingga level tertentu, yaitu kapasitas arus listrik yang diperkenankan untuk masuk dalam jaringan kabel di sebuah area. MCB berfungsi sebagai pembatas arus listrik. Harga MCB bervariasi tergantung merek dan kualitas, mulai puluhan ribu rupiah hingga ratusan ribu rupiah per unit.

Selain tarif normal, PLN juga beberapa kali mengadakan promo diskon untuk masyarakat yang ingin menambah daya listrik mereka. Di tahun 2018 kemarin misalnya, perusahaan tersebut memberikan diskon hingga 50 persen kepada pelanggan yang ingin menambah daya listrik sampai tanggal 31 Oktober 2018, bertepatan dengan Hari Pelanggan Nasional yang jatuh pada tanggal 4 September.

Biaya, administrasi, tambah, daya, listrik, 2018, online, permohonan, 900, 1300, 2200,3500, 4400, 5500, PLN, cara,

Meteran listrik PLN (okezone.com)

Sebelumnya, PLN telah memberikan potongan harga hingga 73 persen bagi pelanggan yang ingin menambah daya di unit yang menyelenggarakan Asian Games 2018. Diskon hingga 73 persen ini berlaku untuk semua golongan tarif tegangan rendah yang memohon dan membayar mulai tanggal 17 Agustus hingga 23 September 2018. Namun, waktu penyambungan mengikuti ketentuan tingkat mutu pelayanan yang berlaku.

Kemudian, pada tahun 2019, PLN memberikan potongan harga hingga 50 persen bagi pelanggan yang hendak menambah daya listrik mereka. Bahkan perusahaan memberikan diskon hingga 100 persen bagi rumah ibadah yang akan menambah daya listrik. Promo potongan harga ini hanya berlaku untuk pelanggan listrik kapasitas 220 VA hingga 197 kVA hingga bulan Juni 2019.

Prosedur Tambah Daya Listrik 

Jika pelanggan ingin mengajukan penambahan daya listrik di rumah atau gedung kantor mereka, bisa langsung mendatangi kantor cabang PLN di dekat domisili. Nah, untuk memudahkan pelanggan dalam mengurus penambahan daya listrik ini, ada beberapa hal yang perlu diketahui. 

  • Sebaiknya pelanggan menelepon terlebih dahulu ke Unit PLN terdekat ke bagian pelayanan pelanggan.
  • Kumpulkan dokumen yang diperlukan, di antaranya fotokopi rekening listrik terakhir, fotokopi KTP pemohon (jika pemohon tidak sama dengan nama pelanggan, maka untuk menghindari adanya konflik di kemudian hari, sebaiknya ada surat kuasa atau surat perjanjian sewa atau surat keterangan lainnya), dan denah lokasi bangunan atau rumah.
  • Menyiapkan biaya yang dibutuhkan, seperti biaya penyambungan (BP) sebesar selisih kenaikan daya kali tarif yang berlaku, uang jaminan pelanggan (UJL) yang dikompensasikan dengan UJL yang telah dibayar (sesuai standar PLN), dan materai.
  • Lakukan pembayaran di loket pembayaran Unit PLN terdekat.
  • Selain datang langsung ke kantor cabang, PLN juga memberikan kemudahan bagi pelanggan yang ingin menambah daya listrik untuk melakukan pengajuan via jalur online. Untuk melakukan pengajuan tambah daya listrik lewat sistem digital ini, ada beberapa hal yang harus dilakukan.
  • Buka situs resmi milik PLN (pln.co.id) dan klik pada bagian “Perubahan Daya”.
  • Setelah itu, isi semua kolom ID Pelanggan atau ID , klik “Cari” dan tunggu sampai data pelanggan atau data kita terpampang.
  • Kemudian, klik tab “Penambahan Daya”, dan isi identitas Anda sesuai kolom yang ada. Jika identitas Anda sama dengan data pelanggan yang terpampang pada database PLN, Anda tinggal melakukan centang pada pilihan copy data pelanggan.
  • Isi perubahan daya yang Anda inginkan, bisa menambah ataupun mengurangi daya.
  • Setelah itu, akan muncul nominal biaya atau tarif yang harus Anda bayarkan untuk penambahan daya. Kalau Anda memilih melakukan pengurangan daya, maka tidak akan dipungut biaya.
  • Kalau sebelumnya Anda masih memakai meteran listrik lama dan sistem pembayaran pascabayar, maka atas kebijakan PLN, meteran akan diganti dengan meteran baru dan sistem pembayaran menjadi prabayar. Untuk hal ini, kadang terjadi penolakan para pelanggan PLN, karena mereka menganggap sistem prabayar membuat biaya listrik lebih mahal.
  • Setelah proses ini selesai, Anda akan memperoleh email dari PLN berisi permohonan perubahan daya yang sudah Anda lakukan. Dalam email, Anda akan diminta melakukan konfirmasi dengan meng-klik link yang ada.
  • Dari link tersebut, Anda akan dibawa kembali ke situs PLN dan diberikan kode bayar beserta jumlah uang yang harus Anda bayar. Kode bayar tersebut juga akan dikirimkan lewat email ke Anda.
  • Pembayaran biaya bisa dilakukan di tempat-tempat yang telah ditunjuk PLN, seperti bank tertentu, kios PPOB, atau Kantor Pos Indonesia, tergantung mana yang lebih dekat dari rumah Anda.
  • Bila Anda memilih melakukan pembayaran di Kantor Pos, Anda bisa bilang ke pegawai pos ingin membayar tambah daya PLN, kemudian pegawai pos akan meminta Anda untuk menyebutkan kode bayar.
  • Setelah kode bayar dimasukkan (input) oleh pegawai, akan terpampang nama pelanggan, ID pelanggan, dan jumlah yang harus dibayar. Kantor Pos akan membebankan biaya administrasi. Jadi, yang harus Anda bayar adalah biaya dari PLN ditambah biaya administrasi dari Kantor Pos. 

Proses dari mulai membayar tagihan sampai PLN datang untuk menaikkan daya listrik adalah 10 hari kerja. Dalam situs resminya, dijanjikan bahwa proses penambahan daya ini akan berlangsung 7 hari kerja, tetapi mungkin bisa lebih lama jika lokasi rumah Anda berada di pelosok atau sulit terjangkau oleh PLN.

(Panca)

Baca juga  Harga Granit 60x60 per Dus di Pasaran
loading...
author
Mengetahui harga-harga, dan mengikuti dinamikanya adalah proses mengasah kecerdasan finansial. Be Smart!

Leave a reply "Update Prosedur dan Biaya Administrasi Tambah Daya Listrik PLN"