Cara Cek Saldo Jaminan Hari Tua (JHT) Jamsostek/BPJS Ketenagakerjaan

Sebagian dari masyarakat mungkin masih bertanya-tanya, apa perbedaan Jamsostek dan Badan Penyelenggaraan Jaminan Sosial (BPJS) ? Ternyata, kedua hal itu sama saja. Perubahan tersebut diatur dalam Undang-undang No. 24 Tahun 2011 tentang BPJS. UU tersebut mengamanatkan Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Jaminan Sosial Tenaga Kerja (Jamsostek) dan Asuransi Kesehatan Indonesia (ASKES) untuk bertransformasi menjadi badan hukum publik BPJS yang berada langsung di bawah naungan Presiden. Keduanya juga berganti nama, ASKES menjadi dan Jamsostek menjadi BPJS .

Cara, cek, saldo, Jamsostek, BPJS, Ketenagakerjaan, Kesehatan, via, melalui, lewat, SMS, langkah, pemerintah, asuransi, pekerja, manfaat, mudah, kantor, online, website, resmi, ATM, bank, BNI, nasabah, syarat, premi, jaminan, pensiun, perlindungan, bekerja, JKK, JHT, JKM, iuran, pembayaran, hari, tua

Konsultasi perencanaan dana

BPJS Ketenagakerjaan (dulu Jamsostek) merupakan bentuk lain dari asuransi kesehatan nasional selain BPJS Kesehatan. BPJS Ketenagakerjaan wajib dimiliki oleh seluruh tenaga kerja yang berada di Indonesia dan setiap perusahaan pun wajib mendaftarkan karyawannya sebagai peserta asuransi. Kewajiban ini sudah diatur dalam Undang-Undang tentang proteksi jaminan ketenagakerjaan.

Sesuai dengan ketentuan yang diatur dalam UU Ketenagakerjaan, semua elemen yang ada di Indonesia harus menggunakan BPJS Kesehatan dan Ketenagakerjaan untuk melindungi dari risiko terkait kesehatan, jaminan hari tua, dan segala manfaat yang tergantung dalam BPJS tersebut.

Serupa dengan cara kerja asuransi kesehatan, BPJS Ketenagakerjaan bekerja berdasarkan premi yang dibayarkan pekerja dan pemberi kerja yang dikelola untuk berbagai investasi. Hasil dari investasi tersebut akan dikembalikan lagi kepada peserta BPJS seperti halnya sebuah tabungan atau investasi.

Sebagai contoh, program JHT (Jaminan Hari Tua) dalam BPJS Ketenagakerjaan. Dalam program JHT, iuran tersebut dibayarkan langsung oleh perusahaan dengan memotong penghasilan pekerja dengan perhitungan 3,7% ditanggung perusahaan dan 2% ditanggung pekerja. Atau jika ditotal sebesar 5,7% dari upah. Untuk program lainnya seperti JKK (Jaminan Kecelakaan Kerja), JKM (Jaminan Kematian), Jaminan Pensiun, dan Bukan Penerima Upah, untuk lebih lengkapnya dapat dilihat di www.bpjsketenagakerjaan.go.id.

Baca juga  Update Harga Menginap di Nihi Sumba (Dahulu Nihiwatu Resort), Hotel Terbaik Dunia

Nah, selama membayar iuran BPJS Ketenagakerjaan, Anda mungkin ingin mengetahui berapa saldo yang telah terkumpul. Beruntung pemerintah menyediakan cara yang tergolong mudah untuk cek saldo BPJS Ketenagakerjaan.

Selama ini pekerja hanya mengandalkan print out yang dikirimkan oleh pihak BPJS Ketenagakerjaan setiap setahun sekali untuk mengecek saldo BPJS Ketenagakerjaannya. Namun sebenarnya pihak BPJS Ketenagakerjaan juga memberikan kemudahan kepada pesertanya untuk cek saldo BPJS Ketenagakerjaan melalui beberapa cara yang lainnya. Dapat melalui online/internet dan SMS, menggunakan perangkat komputer maupun mobile/ponsel melalui yang disediakan BPJS Ketenagakerjaan.

Cara Cek Saldo JHT (Jaminan Hari Tua) Jamsostek/BPJS Ketenagakerjaan

Cara, cek, saldo, Jamsostek, BPJS, Ketenagakerjaan, Kesehatan, via, melalui, lewat, SMS, langkah, pemerintah, asuransi, pekerja, manfaat, mudah, kantor, online, website, resmi, ATM, bank, BNI, nasabah, syarat, premi, jaminan, pensiun, perlindungan, bekerja, JKK, JHT, JKM, iuran, pembayaran, hari, tua

Tampilan laman pengecekan saldo JHT BPJS

Pemerintah mewajibkan seluruh perusahaan, untuk mengikutsertakan karyawannya dalam program JHT BPJS Ketenagakerjaan. Program JHT BPJS Ketenagakerjaan ini memberikan manfaat uang tunai hasil akumulasi iuran dan hasil pengembangannya yang akan dibayarkan sekaligus jika peserta mencapai usia pensiun (56 tahun), meninggal dunia atau cacat total tetap.

Setiap bulannya, pendapatan Anda akan dipotong sesuai dengan ketentuan yang berlaku, sekitar 2%. Sisanya 3,7% akan dibayarkan oleh perusahaan. Jadi total besarnya iuran BPJS Ketenagakerjaan adalah 5,70%. Iuran tersebut dikumpulkan dan dikelola oleh BPJS Ketenagakerjaan dalam investasi. Jadi jangan khawatir, uang Anda di BPJS Ketenagakerjaan akan bertumbuh.

Baca juga  Update Harga Villa di Batu Weekdays dan Weekend

Biasanya BPJS akan memberikan laporan tertulis mengenai rincian saldo JHT Anda. Selain itu, ada beberapa cara lain untuk mengecek saldo Anda, yakni:

  • Mengecek Saldo JHT melalui SMS
  • Mengecek Saldo JHT melalui Aplikasi Smartphone
  • Mengecek Saldo JHT melalui ATM
  • Mengecek Saldo JHT melalui Website (Online)
  • Mengecek Saldo JHT di Kantor BPJS Ketenagakerjaan

Cek Saldo di Kantor BPJS Ketenagakerjaan

Cara paling klasik untuk cek saldo BPJS Ketenagakerjaan dengan mengunjungi kantor BPJS Ketenagakerjaan terdekat. Anda bisa menemui petugas BPJS dan tanyakan saldo dan juga menyebutkan nomor akun Anda atau menunjukkan kartu BPJS Anda. Petugas BPJS akan mengecek akun dan mencetak saldo yang ada dalam akun Anda. Selain dengan melakukan cara klasik tersebut, tak perlu berkunjung ke kantor BPJS Ketenagakerjaan, Anda juga bisa mengeceknya via SMS dan lainnya.

Cek Saldo via SMS

Cara yang lebih praktis daripada mengunjungi kantor BPJS Ketenagakerjaan yaitu melalui SMS. Sebelum bisa menggunakan SMS untuk cek saldo BPJS Ketenagakerjaan, Anda harus mendaftar terlebih dahulu untuk mendapatkan nomor ID. Ketik: REG#NoJamsostek/BPJS#Tanggal lahir#Nama Ibu Kandung kirim ke 2757.

cara, cek, saldo, jht, via, sms, jaminan, hari, tua, perbedaan, nominal, iuran, summary, tahun, 2017, 2018, perusahaan, total, bulanan, format, mudah, registrasi, operator, mengganti, pin, nomor, smartphone, kirim, ke, online, login, email

Halaman registrasi akun di bpjsketenagakerjaan.co.id

Cara, cek, saldo, Jamsostek, BPJS, Ketenagakerjaan, Kesehatan, via, melalui, lewat, SMS, langkah, pemerintah, asuransi, pekerja, manfaat, mudah, kantor, online, website, resmi, ATM, bank, BNI, nasabah, syarat, premi, jaminan, pensiun, perlindungan, bekerja, JKK, JHT, JKM, iuran, pembayaran, hari, tua

saldo JHT Jamsostek/BPJS Ketenagakerjaan (sumber: terserahanda.com)

Anda akan mendapat sms balasan yang isinya Anda telah terdaftar dalam cek SALDO. Anda juga akan diberitahukan cara mengecek saldo JHT melalui SMS. Jika Anda sudah terdaftar, Anda tinggal mengirimkan pesan dengan format ketik: SALDO#ID_Anda kirim ke 08111009696

Baca juga  Terbaru, Tarif Upah Tukang Bangunan (Harian dan Borongan)

Cek Saldo via Aplikasi BPJSTK Mobile

Tahukah Anda, bahwa BPJS Ketenagakerjaan memiliki aplikasi bernama BPJSTK Mobile yang dapat di download melalui smartphone berbasis Android, Apple (iOS) dan Blackberry. Aplikasi ini dapat didownload dan diinstal gratis di smartphone. Nah setelah mendownloadnya, Anda perlu melakukan registrasi awal terlebih dahulu untuk mendapatkan PIN. Pada saat registrasi awal, Anda akan dimintai data seperti: Nomor KPJ, Nomor E-KTP, tanggal lahir, dan nama. Setelah itu baru Anda dapat mengecek saldo JHT Anda

Cek Saldo via Online

Selain dengan kedua cara tersebut, yakni mendatangi kantor dan melalui SMS, untuk mengetahui besaran saldo BPJS Ketenagakerjaan juga bisa dilakukan secara online dengan mengunjungi website resmi di www.bpjsketenagakerjaan.go.id. Atau langsung masuk ke menu es.bpjsketenagakerjaan.go.id/#tenagakerja.

Cek saldo via ATM BNI

Mengecek jumlah saldo JHT BPJS Ketenagakerjaan juga bisa dilakukan melalui ATM BNI. Namun, cek saldo lewat ATM BNI hanya dikhususkan bagi nasabah Bank BNI, yaitu dengan cara mendatangi ATM BNI untuk melakukan pengecekan saldo BPJS Ketenagakerjaan. Bank BNI telah bekerja sama dengan pihak yang terkait untuk memberikan pelayanan yang lebih mudah untuk dilakukan bagi pengguna BNI. Secara real time nasabah bank BNI dapat melakukan pengecekan kapanpun. Namun, yang patut diketahui, Anda hanya dapat mengecek jumlah saldo Anda. Sayangnya, untuk pengambilan saldo yang Anda miliki, tidak dapat dilakukan langsung di ATM BNI.

loading...
author
Mengetahui harga-harga, dan mengikuti dinamikanya adalah proses mengasah kecerdasan finansial. Be Smart!

Leave a reply "Cara Cek Saldo Jaminan Hari Tua (JHT) Jamsostek/BPJS Ketenagakerjaan"