Cara & Biaya Transfer Uang Lewat Bank dan ATM BRI

Seiring kemajuan teknologi, saat ini mengirimkan uang untuk saudara, kerabat, atau teman di kejauhan memang semakin mudah. Jika Anda merupakan bank, seperti BRI, BCA, , BNI, dan lain-lain, selain datang langsung ke kantor cabang bank yang bersangkutan, Anda pun bisa melakukan dana melalui mesin ATM. Caranya sangat praktis serta tidak membutuhkan banyak waktu dan .

Illustrasi: Tarik Tunai Melalui ATM BRI (credit: Tribunnews)

Ilustrasi: pengguna ATM BRI (credit: tribunnews)

Lembaga keuangan, baik itu bank maupun bukan bank, memang memiliki peran yang sangat penting dalam aktivitas perekonomian. Peran strategis lembaga keuangan tersebut sebagai wahana yang mampu menghimpun dan menyalurkan dana masyarakat secara efektif dan efisien ke arah peningkatan taraf hidup rakyat.[1]

Ada banyak fungsi yang dapat dilakukan oleh lembaga keuangan. Salah satu yang vital adalah sebagai media perantara mentransfer dana-dana (loanable funds) dari penabung atau unit surplus (lenders) kepada peminjam (borrowers) atau unit defisit.[2] Selain itu, juga memungkinkan nasabah untuk mengirimkan uang kepada kerabat atau rekan kerja mereka, baik dengan nomor yang maupun tidak.

Pengiriman uang sendiri memiliki sejumlah fungsi, antara lain sebagai alat untuk menyelenggarakan pemerataan dan memperlancar peredaran uang di masyarakat, membantu memperlancar proses perdagangan (karena pembayaran dapat dilakukan dari jarak jauh), serta memperlancar dan memenuhi kebutuhan akan dana.[3]

Sejumlah bank pun semakin getol meluncurkan inovasi untuk mempermudah nasabah dan masyarakat untuk dalam mentransfer dana. Seiring dengan kemajuan smartphone, saat ini telah muncul produk mobile banking, yang memungkinkan nasabah melakukan segala kegiatan keuangan kapan saja dan di mana saja, karena fasilitas ini berbentuk aplikasi yang selalu melekat pada smartphone pengguna.[4] Selain transfer dana, mobile banking juga memungkinkan nasabah untuk melihat informasi tabungan, isi ulang pulsa, melakukan pembayaran tagihan, hingga membeli tiket perjalanan.

Baca juga  Biaya dan Syarat Buka Rekening TabunganKu BCA

BRI misalnya, sudah merilis aplikasi mobile banking yang dikatakan punya beragam keunggulan. Produk ini disebutkan mudah dipakai karena transaksi dapat dilakukan langsung dengan memilih menu tanpa perlu mengingat format SMS, dilengkapi PIN sehingga lebih aman, serta cepat karena berbasis pada SMS tanpa didahului proses login aplikasi.[5]

Meski sudah ada aplikasi mobile banking, tetapi tidak semua nasabah mempunyai ponsel yang canggih dan tidak semuanya melek teknologi. Karena itu, mentransfer dana dengan mendatangi langsung kantor cabang bank masih sering dilakukan. Selain itu, sebagian besar nasabah juga masih senang mengirimkan uang melalui mesin ATM karena tergolong punya metode yang praktis.

Cara Transfer Lewat

  • Datang ke kantor cabang BRI terdekat dari lokasi Anda.
  • Ambil nomor antrean, biasanya tersedia di dekat pintu masuk.
  • Ambil formulir atau slip warna biru (slip penyetoran).
  • Isi data diri, seperti nama pengirim dan alamat.
  • Tuliskan nomor rekening yang dituju.
  • Tuliskan pula nama penerima yang dituju.
  • Kemudian, pilih jenis yang akan dikirim (misalnya rupiah).
  • Isi nominal uang yang akan ditransfer (tuliskan pula terbilang rupiah).
  • Setelah itu, tanda tangan di kolom penyetor/pengirim dan isikan nama terang.
  • Anda bisa duduk mengantre hingga teller atau petugas BRI memanggil nomor antrean Anda.
  • Setelah teller memanggil nomor antrean Anda, Anda dipersilakan maju dan menyerahkan formulir yang telah diisi lengkap dan uang yang akan ditransfer.
  • Tunggu sebentar hingga teller memberikan formulir fotokopi.
  • Setelah mendapatkan formulir fotokopi, Anda dipersilakan pulang.

Cara Transfer Lewat ATM BRI

  • Langkah pertama transfer uang lewat ATM BRI ialah Anda harus memasukan kartu ATM pada slot yang tersedia. Pastikan saat Anda memasukan kartu pada mesin tersebut, kartu tidak terbalik. Kemudian, tunggu sesaat hingga menu pada layar muncul.

  • Selanjutnya, Anda akan diminta untuk memilih bahasa yang akan Anda gunakan. Terdapat dua jenis pilihan bahasa, yaitu bahasa Indonesia dan juga bahasa Inggris. Tunggu sesaat hingga memunculkan menu pilihan ‘Lanjutkan’. Setelah itu, klik pilihan ‘Lanjutkan’ yang ada pada bagian pojok bawah layar.
Baca juga  Info Terbaru Masa Berlaku dan Saldo Minimal ATM Mandiri TabunganKu

  • Setelah Anda klik pilihan ‘Lanjutkan’, Anda akan diminta untuk menuliskan nomor PIN atau kata sandi. Pastikan untuk menutupinya saat Anda menuliskan PIN dengan tangan lainnya agar tidak terbaca nasabah lain yang mungkin sedang mengantre di belakang karena ini adalah nomor rahasia. Nomor PIN yang harus Anda isikan sendiri terdiri dari 6 digit.

  • Setelah selesai menuliskan nomor PIN atau kata sandi, Anda tunggu beberapa saat hingga muncul pilihan menu di layar mesin ATM. Setelah menu muncul, Anda hanya perlu untuk meng-klik pilihan ‘Transfer’.

  • Setelah itu, pada layar mesin ATM, akan menampilkan pilihan tujuan transfer yang Anda inginkan. Anda bisa meng-klik pada pilihan tujuan ‘Transfer BRI’ jika memang mengirim dana ke sesama BRI atau ‘Bank Lain’ kalau ingin mengirim dana ke beda bank. Jika mentransfer ke bank lain, Anda diharuskan memasukan kode bank tujuan. Apabila Anda tidak hafal dengan kode bank tujuan, Anda bisa melihatnya dengan memilih pilihan daftar kode bank.

  • Kemudian, masukan nomor rekening tujuan transfer dana. Periksa sekali lagi untuk memastikan Anda telah memasukkan nomor rekening yang benar.

  • Setelah Anda memasukan nomor rekening tujuan dengan benar, selanjutnya Anda hanya perlu menuliskan jumlah nominal uang yang akan Anda transfer. Jika jumlahnya sudah sesuai, kemudian pilih menu ‘Benar’.

  • Tunggu beberapa saat hingga mesin ATM menampilkan konfirmasi pembayaran atas nama si penerima dan juga nominal uang yang akan ditransfer. Jika seluruh informasi telah benar, Anda bisa melanjutkan proses transaksi dengan memilih ‘Ya’ pada layar.

  • Setelah memilih ‘Ya’ pada layar, Anda hanya perlu menunggu sesaat hingga proses transfer dilakukan. Setelah itu, tunggu hingga bukti transfer atau struk keluar dari mesin ATM. Jika sudah selesai, jangan lupa untuk mengeluarkan kartu ATM dengan memilih pilihan tidak ingin melakukan transaksi pada layar atau bisa klik tombol ‘Cancel’ pada customer keypad.
Baca juga  Cara dan Biaya Transfer Dollar ke Rekening Rupiah BCA

Untuk melakukan pengiriman dana dari BRI, baik melalui teller maupun ATM, nasabah akan dikenakan sejumlah biaya, terutama jika mentransfer dana ke rekening bank lain. Biaya tersebut langsung dipotong dari rekening si pengirim. Jadi, pastikan saldo Anda mencukupi apabila Anda hendak mengirimkan uang ke rekening bank lain.

Biaya Transfer BRI

MetodeBiaya
KliringCustomer : Rp5.000 per transaksi
Non Customer : Rp5.000 per transaksi
RTGSCustomer : Rp30.000
Non Customer : Rp35.000
BI – SSRp33.300 per transaksi
ATM ArtajasaRp7.500 (bank lain)
ATM PrimaRp7.500 (bank lain)
ATM LinkRp7.500 (bank lain)
Mobile BankingRp250 per transaksi (sesama BRI)
Rp6.500 per transaksi (bank lain)

Biaya transfer uang BRI di atas kami rangkum dari berbagai sumber, termasuk situs resmi BRI dan referensi yang lain. Umumnya, jika Anda mengirimkan dana antar-sesama rekening BRI, Anda tidak akan dikenakan biaya alias gratis (terutama via ATM). Namun, kebijakan tarif ini bisa berubah sewaktu-waktu, tergantung pihak BRI. Untuk memperoleh informasi lebih lengkap, Anda bisa datang langsung ke kantor cabang BRI terdekat di sekitar domisili Anda.

[1] Wiwoho, Jamal. 2014. Peran Lembaga Keuangan Bank dan Lembaga Keuangan Bukan Bank dalam Memberikan Distribusi Keadilan Bagi Masyarakat. MMH, Jilid 43(1): 87-97.

[2] Ibid.

[3] Kasmir. 1998. Bank dan Lembaga Keuangan Lainnya. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada, hlm. 121.

[4] Kuriaty, Harlina. 2018. Pelayanan Nasabah BRI Cabang Buntok Menggunakan Aplikasi Mobile Banking pada Tahun 2017. Anterior Jurnal, Vol. 17(2): 100-107.

[5] Ibid.

author
Sudah lama lulus dari S-1 di kampus PTN ternama. Penyuka musik dan sedikit audiophile.

Leave a reply "Cara & Biaya Transfer Uang Lewat Bank dan ATM BRI"